RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 1
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 1
Alokasi waktu : 4 Pertemuan ( 8 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 1
1.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyampaikan pendapat.
3. Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyampaikan pendapat.
1.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat
- Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat.
- Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat
1.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat
- Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat.
- Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat
1.4 Materi Pembelajaran
1.1 Mendengarkan
3.1 Berbicara
– Mengungkapkan pendapat
mis. A: I think this is great.
B: I think so too.
Pertemuan 2
2.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: meminta pendapat.
3. Berbicara
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: meminta pendapat.
2.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta pendapat
- Merespon tindak tutur meminta pendapat.
- Menggunakan tindak tutur meminta pendapat
2.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur meminta pendapat
- Merespon tindak tutur meminta pendapat.
- Menggunakan tindak tutur meminta pendapat
2.4 Materi Pembelajaran
1.1 Mendengarkan
3.1 Berbicara
– Meminta pendapat
mis. A: What do you think about it?
B: I think it’s a good idea.
Pertemuan 3
3.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan puas.
3. Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan puas.
3.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan puas
- Merespon tindak tutur menyatakan puas.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan puas.
3.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan puas
- Merespon tindak tutur menyatakan puas
- Menggunakan tindak tutur menyatakan puas.
3.4 Materi Pembelajaran
1.1 Mendengarkan
3.1 Berbicara
- Menyatakan puas
mis. A: I can’t think of anything better.
B: Thank you for your compliment, Sir.
Pertemuan 4
4.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyatakan tidak puas.
3. Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: : menyatakan tidak puas.
4.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan tidak puas
- Merespon tindak tutur menyatakan tidak puas.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan tidak puas
4.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan tidak puas
- Merespon tindak tutur menyatakan tidak puas.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan tidak puas
4.4 Materi Pembelajaran
1.1 Mendengarkan
3.1 Berbicara
- Menyatakan tidak puas
mis. A: I’m not happy about it.
B: Please give me a second chance, Sir.
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
10’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Berbicara
|
10’
15’
15’
10’ 15’ |
|
Penutup
|
10’
5’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan– Tugas kelompok
Berbicara– Tugas kelompok |
a. Kuis b. Bermain peran
a. Tugas b. Bermain peran |
|
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rpp1/XI/Smt2/Expression 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 2
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 1
Alokasi waktu : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 5
5.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
3. Berbicara
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
5.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menasihati
- Merespon tindak tutur menasihati.
- Menggunakan tindak tutur menasihati
5.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menasihati
- Merespon tindak tutur menasihati.
- Menggunakan tindak tutur menasihati
5.4 Materi Pembelajaran
1. 2 Mendengarkan
3. 2 Berbicara
– menasihati
mis. A: You’d better do it now.
B: I will.
.
Pertemuan 6
Kompetensi Dasar
1 Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : meperingatkan.
3. Berbicara
1.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : meperingatkan.
Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan
- Merespon tindak tutur memperingatkan.
- Menggunakan tindak tutur memperingatkan
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan
- Merespon tindak tutur memperingatkan.
- Menggunakan tindak tutur memperingatkan
Materi Pembelajaran
1.2 Mendengarkan
3.2 Berbicara
- Memperingatkan
mis. A: Don’t forget to bring the food with you.
B: I won’t.
Pertemuan 7
7.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : meluluskan permintaan.
3. Berbicara
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: meluluskan permintaan.
7.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur meluluskan permintaan
- Merespon tindak tutur meluluskan permintaan.
- Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan
7.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur meluluskan permintaan
- Merespon tindak tutur meluluskan permintaan.
- Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan
7.4 Materi Pembelajaran
1. 2 Mendengarkan
3. 2 Berbicara
- Meluluskan permintaan
mis. A: You may go.
B: You’re the best, Dad.
Pertemuan 8
8.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
3. Berbicara
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan jengkel.
8.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan relief
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan relief.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan relief
8.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan relief
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan relief.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan relief
8.4 Materi Pembelajaran
1.2 Mendengarkan
3.2 Berbicara
- Menyatakan perasaan
– Relief
mis. A: I feel so relieved.
B: I can see that.
Pertemuan 9
9.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : pain.
2. Berbicara
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu r: pain.
9.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan pain
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan pain.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pain
9.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan pain
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan pain.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pain
9.4 Materi Pembelajaran
1. 2 Mendengarkan
3. 2 Berbicara
– Pain
mis. A: Ouch! It hurts so much.
B: Oh, you poor thing.
Pertemuan 10
10.1 Kompetensi Dasar
1. Mendengarkan
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : pleasure.
3. Berbicara
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu r: pleasure.
10.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan pleasure
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan pleasure.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pleasure
10.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan pleasure
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan pleasure.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pleasure
10.4 Materi Pembelajaran
Mendengarkan
Berbicara
– Pleasure
mis. A: I’m so pleased.
B: I’m glad you like it.
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
10’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Berbicara
|
10’
15’
15’
10’ 15’ |
|
Penutup
|
10’
5’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan– Tugas kelompok
Berbicara– Tugas kelompok |
|
1. Write down the respond to the dialogue which are listened. 2. Practice the dialogue in front of the class.
3. Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher. 4. Practice the dialogue in front of the class. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rrpp2/XI/Smt2Eexpression
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 3
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 1
Alokasi waktu : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
2. Mendengarkan
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Berbicara
4 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,descriptive dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 11
11.1Kompetensi Dasar
2. Mendengarkan
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4. Berbicara
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
11.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
11.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
11.4Materi Pembelajaran
2.1 Mendengarkan
4.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Pengumuman Lisan
Pertemuan 12
12.1Kompetensi Dasar
2. Mendengarkan
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana iklan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4. Berbicara
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek iklan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
12.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
12.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
12.4Materi Pembelajaran
2.1 Mendengarkan
4.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Iklan Lisan
Pertemuan 13
13.1 Kompetensi Dasar
2. Mendengarkan
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana undangan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4. Berbicara
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek undangan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
13.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
13.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
13.4 Materi Pembelajaran
2.1 Mendengarkan
4.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Undangan Lisan
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
1. Membaca
2. Menulis
|
20’
50’
30’ 20’ 20’ |
|
Penutup
|
15’
5’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
Pertemuan 1
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
MendengarkanTugas kelompok
BerbicaraTugas kelompok |
|
1. Read the text in the right intonation loudly2. Answer the question based on the text.
3. Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rrpp3/XI/Smt2/functional monolog
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 4
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 2. Mendengarkan
4. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
2. Mendengarkan
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk report ,narrative,analyticalexposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
4. Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk report ,narrative,analyticalexposition sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 14 dan 15
14.1Kompetensi Dasar
Mendengarkan
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: report.
Berbicara
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.
14.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- mempublikasikan teks.
14.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- Mempublikasikan teks
14.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk report
–
Pertemuan 16 dan 17
16.1Kompetensi Dasar
Mendengarkan
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative.
Berbicara
4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
16.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- mempublikasikan teks.
16.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- Mempublikasikan teks
16.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk narative
–
Pertemuan 18 dan 19
18.1Kompetensi Dasar
Mendengarkan
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: analytical exposition.
10. Berbicara
4. 2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: analytical exposition.
18.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- mempublikasikan teks.
18.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- Mempublikasikan teks
18.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk analytical exposition.
II. IV. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Menulis
|
15’
50’
15’ 20’ 15’ 15’ |
|
Penutup
|
15’
15’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan– Tugas kelompok
Berbicara– Tugas kelompok |
|
a. Write down main idea of the text which is listened. b. Answer the question based on the text..
c. Make a short text based on the situation given by the teacher. d. Practice to tell the story to the other students in front of the class. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
Rrpp4/XI/Smt2/teks monolog
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 5
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 5. Membaca
6. Menulis
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 2 Pertemuan ( 4 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 20
20.1Kompetensi Dasar
Membaca
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Menulis
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
20.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
20.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
20.4Materi Pembelajaran
– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet
Pertemuan 21
21.1Kompetensi Dasar
Membaca
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
.
Menulis
6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
21.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
21.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
21.4Materi Pembelajaran
– Teks tulis sederhana banner, poster, pamphlet.
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
1. Membaca
2. Menulis
|
20’
50’
30’ 20’ 20’ |
|
Penutup
1. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan. 2. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR. |
15’
5’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
|
Membaca– Tugas kelompok
Menulis– Tugas kelompok |
|
1. Read the text in the right intonation loudly2. Answer the question based on the text.
3. Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
Rpp5/XI/Smt1/functional written text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 6
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 5. Membaca
6. Menulis
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 9 Pertemuan ( 18 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
11. Membaca
11. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
12. Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Pertemuan 22 s.d 24
23.1 Kompetensi Dasar
Membaca
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report.
Menulis
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.
23.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
23.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
23.4 Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk report.
Pertemuan 25 s.d 27
26.1Kompetensi Dasar
Membaca
5.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk :narrative.
Menulis
6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : narrative.
26.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
26.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
26.4Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk narrative.
Pertemuan 28 s.d 30
29.1Kompetensi Dasar
Membaca
11.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : analytical exposition.
Menulis
12.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : analytical exposition.
29.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
29.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
29.4Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk analytical exposition.
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
1. Mendengarkan
2. Menulis
|
15’
50’
15’ 20’ 15’ 15’ |
|
Penutup
1. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan. 2. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR. |
15’
15’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Membaca
Menulis
|
|
1. Read the text in the right intonation loudly2. Answer the question based on the text.
3. Make a short text about a report/narrative/analytical exposition text based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 1
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)
V. Standar Kompetensi
7. Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
8. Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 1
1.5 Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu.
8. Berbicara
8.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu.
1.6 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu
- Merespon tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu
1.7 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu
- Merespon tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu
1.8 Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
- o menyatakan sikap terhadap sesuatu
- o mis. A: I’m against the idea.
B: I can’t agree more.
Pertemuan 2
Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan cinta.
3. Berbicara
8.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan cinta.
Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan cinta
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan cinta.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta
Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
- o menyatakan perasaan cinta
mis. A: I love you.
B: I love you too.
Pertemuan 3
Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan sedih.
8. Berbicara
8.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan sedih.
Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan sedih
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan sedih
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.
Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
- o menyatakan perasaan sedih.
mis. A: This is the lowest time in my life.
B: Take it easy.
VI. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
10’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Berbicara
|
10’
15’
15’
10’ 15’ |
|
Penutup
|
10’
5’ |
VII. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
VIII. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan6 Tugas kelompok
Berbicara7 Tugas kelompok |
c. Kuis d. Bermain peran
c. Tugas d. Bermain peran |
|
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rpp1/XI/Smt2/Expression 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 2
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)
V. Standar Kompetensi
7. Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
8. Berbicara
- Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Pertemuan 4
4.1 Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu.
8. Berbicara
8.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu.
4.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan malu
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan malu.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan malu
4.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan malu
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan malu.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan malu
4.4 Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
– menyatakan perasaan malu
– embarassment
mis. A: I was so embarrased.
B: I don’t think it’s a big deal.
Pertemuan 5
5.1 Kompetensi Dasar
7 Mendengarkan
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyatakan perasaan marah.
8. Berbicara
8.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan marah.
5.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan marah
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan marah.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah
5.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan marah
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan marah.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah
5.4 Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
- menyatakan perasaan marah.
- anger
mis. A: There’s nothing to talk about. Get out of here!
B: If you say so.
Pertemuan 6
6.1 Kompetensi Dasar
7. Mendengarkan
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
8. Berbicara
8.3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan jengkel.
6.2 Indikator
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel
6.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Mengidentifikasi kata yang didengar.
- Mengidentifikasi makna kata.
- Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
- Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan jengkel
- Merespon tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.
- Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel
6.4 Materi Pembelajaran
7.1 Mendengarkan
8.1 Berbicara
- menyatakan perasaan jengkel annoyance
mis. A: I can’t take this anymore.
B: Sorry about that.
VI. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
10’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Berbicara
|
10’
15’
15’
10’ 15’ |
|
Penutup
|
10’
5’ |
- Pertemuan 2 s.d. 8 sama dengan Strategi Pembelajaran 1
VII. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
VIII. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan5 Tugas kelompok
Berbicara6 Tugas kelompok |
|
5. Write down the respond to the dialogue which are listened. 6. Practice the dialogue in front of the class.
7. Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher. 8. Practice the dialogue in front of the class. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rrpp2/XI/Smt2Eexpression
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 3
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 1. Mendengarkan
3. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)
V. Standar Kompetensi
9. Mendengarkan
9.1 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
10. Berbicara
10.1.1 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,descriptive dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 7
7.1 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
10. Berbicara
10.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
7.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
- Menyampaikan teks secara lisan
7.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
10. Menyampaikan teks secara lisan
7.4 Materi Pembelajaran
9.1 Mendengarkan
10.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Pengumuman Lisan
Pertemuan 8
8.4 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana iklan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
10. Berbicara
10.2 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek iklan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
8.5 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
10. Menyampaikan teks secara lisan
8.6 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
10. Menyampaikan teks secara lisan
8.7 Materi Pembelajaran
9.1 Mendengarkan
10.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Iklan Lisan
Pertemuan 9
9.1 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana undangan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
10. Berbicara
10.3 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek undangan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
9.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
10. Menyampaikan teks secara lisan
9.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan teks
- Membuat teks
10. Menyampaikan teks secara lisan
9.4 Materi Pembelajaran
9.1 Mendengarkan
10.1 berbicara
– Teks monolog fungsional pendek : Undangan Lisan
VI. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
1. Membaca
2. Menulis
|
20’
50’
30’ 20’ 20’ |
|
Penutup
|
15’
5’ |
VII. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
VIII. Penilaian
Pertemuan 1
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
MendengarkanTugas kelompok
BerbicaraTugas kelompok |
|
6. Read the text in the right intonation loudly7. Answer the question based on the text.
8. Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 131900037
Rrpp3/XI/Smt2/functional monolog
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 4
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 2. Mendengarkan
4. Berbicara
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
9. Mendengarkan
9.2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk report ,narrative,analyticalexposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
10. Berbicara
10.2 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk report ,narrative,analyticalexposition sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 10 dan 11
10.1 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: report.
10. Berbicara
10.3 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.
10.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
- Menemukan tujuan komunikasidari teks
- Membuat sebuah teks
- mempublikasikan teks.
10.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
10. Menemukan tujuan komunikasidari teks
11. Membuat sebuah teks
12. Mempublikasikan teks
10.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk report
–
Pertemuan 12 dan 13
12.1 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative.
10. Berbicara
10.4 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
12.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
10. Menemukan tujuan komunikasidari teks
11. Membuat sebuah teks
12. mempublikasikan teks.
12.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
10. Menemukan tujuan komunikasidari teks
11. Membuat sebuah teks
12. Mempublikasikan teks
12.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk narative
–
Pertemuan 14 dan 15
14.1 Kompetensi Dasar
9. Mendengarkan
9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: analytical exposition.
10. Berbicara
12.5 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: analytical exposition.
10.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
10. Menemukan tujuan komunikasidari teks
11. Membuat sebuah teks
12. mempublikasikan teks.
10.3Tujuan Pembelajaran
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan makna berdasarkan konteks
10. Menemukan tujuan komunikasidari teks
11. Membuat sebuah teks
12. Mempublikasikan teks
10.4Materi Pembelajaran
Membaca
Menulis
– Teks monolog berbentuk analytical exposition.
II. IV. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
1. Mendengarkan
2. Menulis
|
15’
50’
15’ 20’ 15’ 15’ |
|
Penutup
|
15’
15’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Mendengarkan– Tugas kelompok
Berbicara– Tugas kelompok |
|
e. Write down main idea of the text which is listened.
g. Make a short text based on the situation given by the teacher. h. Practice to tell the story to the other students in front of the class. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
Rrpp4/XI/Smt2/teks monolog
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 5
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 5. Membaca
6. Menulis
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)
I. Standar Kompetensi
11. Membaca
11. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
12. Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari
Pertemuan 16
16.1 Kompetensi Dasar
Membaca
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Menulis
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
16.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
16.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
16.4 Materi Pembelajaran
– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet
Pertemuan 17
17.1Kompetensi Dasar
Membaca
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Menulis
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
17.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
17.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
17.4Materi Pembelajaran
– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet
Pertemuan 18
18.1Kompetensi Dasar
Membaca
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Menulis
12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
18.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
18.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
18.4Materi Pembelajaran
– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet
II. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
Kegiatan Inti
3. Membaca
4. Menulis
|
20’
50’
30’ 20’ 20’ |
|
Penutup
3. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan. 4. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR. |
15’
5’ |
III. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
IV. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
|
Membaca– Tugas kelompok
Menulis– Tugas kelompok |
|
4. Read the text in the right intonation loudly5. Answer the question based on the text.
6. Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
Rpp5/XI/Smt1/functional written text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO. 6
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 Slawi
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kompetensi : 5. Membaca
6. Menulis
Kelas : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 15 Pertemuan ( 30 x 45 menit)
V. Standar Kompetensi
11. Membaca
11. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk spoof, narrative dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
12. Menulis
12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana report, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Pertemuan 19 s.d 23
23.5 Kompetensi Dasar
Membaca
11.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: sppof.
Menulis
12.3 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: spoof.
23.6 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
23.7 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
23.8 Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk spoof.
Pertemuan 24 s.d 28
28.1 Kompetensi Dasar
Membaca
11.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk :narrative.
Menulis
12.4 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : narrative.
28.2 Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
28.3 Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
28.4 Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk narrative.
Pertemuan 29 s.d 33
33.1Kompetensi Dasar
Membaca
11.2 Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : hortatory exposition.
Menulis
12.5 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : hortatory exposition.
33.2Indikator
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
33.3Tujuan Pembelajaran
Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :
- Menemukan topik teks
- Menemukan informasi tertentu
- Menemukan tujuan komunikasi teks
- Membuat teks
33.4Materi Pembelajaran
- Teks tulis berbentuk hortatory exposition.
VI. Strategi Pembelajaran
KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
KETERANGAN |
Orientasi
|
(180’) 5’ 15’ |
|
1. Mendengarkan
2. Menulis
|
15’
50’
15’ 20’ 15’ 15’ |
|
Penutup
3. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan. 4. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR. |
15’
15’ |
VII. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : Kaset, CD
Sumber : – English Text in Use
– Look a Head
– LKS, Copied material
VIII. Penilaian
BENTUK TAGIHAN |
JENIS TAGIHAN |
CONTOH INSTRUMEN |
Membaca
Menulis
|
|
4. Read the text in the right intonation loudly5. Answer the question based on the text.
6. Make a short text about a report/narrative/analytical exposition text based on the situation given by the teacher. |
Slawi, Juli 2009
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd. Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.
NIP. 130815343 1319000
RPP6/XI/Smt2/Witten text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS KELAS XI
SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2009/2010
DISUSUN OLEH :
GUNAWAN TRI ATMAJI, S.Pd.
PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
SMA NEGERI 1 SLAWI
2009/2010
Leave a comment