Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP BHS JAWA XI

PROGRAM TAHUNAN

 

Mata Pelajaran       : Bahasa Jawa

Kelas                      : XI

Tahun Pelajaran     : 2009/2010

 

Kelas/ semester

Pokok Bahasan

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

KET

XI/1

  1. Mendengarkansambutan atau khotbah.
  2. Berbicara tentang pengalaman pribadi.
  3. Membaca berita.
  4. Mendengarkan pembicaraan dalam  wawancara.
  5. Menulis pidato
  6. Membaca intensif paragraf deduktif dan induktif.
  7. Mengapresiasi campursari.
  8. Berpidato dalam rapat, perhelatan, upacara, peringatan.
  9. Membaca teks rumpang.

10.  Mendengarkan geguritan yang disampaikan secara langsung atau berupa rekaman.

11.  Menulis surat pribadi.

12.  Membahas atau mendiskusikan isi geguritan.

2 JP

1 JP

2 JP

1 JP

1 JP

2 JP

1 JP

2 JP

2 JP

1 JP

 

1 JP

2 JP

 

 

 

1 JP

=1x 45menit

 

Jumlah

18 JP

 

XI/2

  1. Mendengarkan kegiatan musyawarah dan menanggapinya.
  2. Berdialog dengan orang tua atau orang lain yang lebih tua
  3. Membaca cepat.
  4. Mendengarkan tembang macapat.
  5. Seminar tentang tema tertentu.
  6. Menulis wacana pendek dengan huruf Jawa.
  7. Membaca pemahaman bacaan sederhana berhuruf Jawa 25 kalimat (5 paragraf).
  8. Melagukan puisi Jawa dengan notasi maupun sekedar uran-uran.
  9. Menuliskan kejadian sehari-hari ke dalam bentuk parikan dan wangsalan.

10.  Menulis tembang macapat.

2 JP

 

1 JP

1 JP

1 JP

2 JP

2 JP

2 JP

 

1 JP

 

1 JP

 

1 JP

 

 

 

 

 

 

1 JP

=1x 45menit

 

Jumlah

14 JP

 

 

Jumlah Keseluruhan

32 JP

 

 

 

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 13 Juli 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                  Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 1

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA  N 1 Slawi

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 2 x 45 menit

 

  1. I.                   KOMPETENSI DASAR

Mampu mendengar dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra berupa   sambutan/khutbah pembicaraan dalam wawancara dan musyawarah dalam berbagai ragam bahasa jawa

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Mendengarkan sambutan atau khotbah

 

  1. III.             INDIKATOR
    1. Pertemuan I

Siswa dapat :

  1. Menuliskan pokok-pokok isi sambutan atau khotbah dalam beberapa kalimat..
  2. Pertemuan II

Siswa dapat :

  1. Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah.
  2. Menjawab pertanyaan tentang materi yang dibicarakan.

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN
    1. Pertemuan I

Teks sambutan atau khotbah

  1. Pertemuan II

Rangkuman sambutan / khutbah.

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

.

 

Teks sambutan atau khotbah

 

 

 

 

 

 

Teks sambutan atau khotbah

-      Siswa mendengarkan teks rekaman sambutan atau khotbah.

-      Siswa menuliskan pokok-pokok sambutan atau khotbah yang didengarnya.

-      Siswa menyampaikan secara lisan ringkasan sambutan atau khutbah yang telah didengarnya.

 

-      Siswa membacakan isi rangkuman khutbah

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks berita TV,

  Teks sambutan atau khotbah

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

 

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes perbuatan

 

 

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA  N 1 Slawi

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   KOMPETENSI DASAR

 Mampu mengungkapkan pikiran ,pendapat gagasan, dan perasaan secara lisan    melalui kegiatan berpidato ,bercerita, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah ungguh bahasa yang sesuai

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

       Berbicara tentang pengalaman pribadi

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :.

  1. Menceritakan pengalaman pribadi yang berkesan dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk bahasa dialek.
  2. Menjawab pertanyaan tentang materi yang dibicarakan..
  3. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks pengalaman pribadi (berkemah, bertamasya, perpisahan kelas dsb).

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

.

 

Teks pengalaman pribadi (berkemah, bertamasya, perpisahan kelas dsb).

 

 

 

-      Siswa bertanya-jawab dengan guru tentang pengalaman yang berkesan.

-      Siswa diminta untuk menentukan tema pengalaman yang berkesan baginya.

-      Siswa menceritakan pengalaman yang berkesan di depan kelas.

-      Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan pengalaman pribadi.

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks  pengalaman pribadi

 

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes lesan

                                                             

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 3

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA  N 1 Slawi

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 2 x 45 menit

 

  1. I.                   KOMPETENSI DASAR

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagi tehnikmembaca untuk berbagai tujuan.

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

       Membaca berita

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

Membaca naskah berita TV/radio dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata dan sikap membaca yang benar.

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks berita TV/radio.

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

  1. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1

 

 

 

 

 

 

.

 

 

2

Teks berita TV/radio.

 

 

- Siswa bertanya-jawab dengan guru mengenai

   cara penyampaian suatu informasi (berita).

-      Siswa memperhatikan contoh penyampaian informasi (berita).

-      Siswa diminta membuat sebuah naskah berita.

-      Siswa diminta membaca naskah berita yang dibuatnya.

-      Siswa menanggapi cara pembacaan naskah berita yang dilakukan oleh siswa lain.

 

-      Siswa praktek satu persatu untuk membaca kan n naskah berita.satu persatu

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks berita TV,

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

 

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes perbuatan

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 4

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 2 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu mendengar dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra berupa   sambutan/khutbah pembicaraan dalam wawancara dan musyawarah dalam berbagai ragam bahasa jawa

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Mendengarkan pembicaraan dalam wawancara

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

  1. Mencatat pokok-pokok pembicaraan (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraan).
  2. Merangkum isi pembicaraan dalam beberapa kalimat.
  3. Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain.
  4. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks wawancara, teori-teori wawancara

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

Teks wawancara, teori-teori wawancara.

 

 

 

 

 

 

-      Siswa mendengarkan kaset rekaman sebuah wawancara suatu kegiatan.

-      Siswa diminta memahami wawancara yang diperdengarkannya (siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya).

-      Siswa meresum isi wawancara yang didengarnya.

-      Siswa menyampaikan hasil resumannya di depan kelas.

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Kaset rekaman sebuah wawancara

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 5

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu menulis surat dan pidato

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Menulis pidato

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

            Menulis pidato sambutan hari besar

 

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Surat pribadi

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pidato

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Siswa memperhatikan contoh pidato.

-      Siswa menemukan bagian-bagian pidato.

-      Siswa bertanya-jawab dengan guru cara menulis pidato.

-      Siswa menentukan tema pidato.

-      Siswa membuat kerangka pidato.

-       Siswa diminta mengembangkan kerangka pidato yang telah dibuatnya menjadi sebuah pidato.

 

ind  

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks pidato

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

            NIP. 19530913 198003 2 001                                                      NIP. 19630102 199412

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 6

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagi tehnikmembaca untuk berbagai tujuan

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Membaca intensif paragraf deduktif dan induktif.

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

                                    1.      Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama.

                                    2.      Menentukan kalimat penjelas.

                                    3.      Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif. .

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks paragraf deduktif dan induktif.

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks paragraf deduktif dan induktif

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Siswa membaca wacana yang dibagikan guru.

-      Siswa bertanya-jawab dengan guru cara menentukan gagasan utama dalam sebuah paragraph.

-      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang penggolongan wacana sesuai dengan gagasan utamanya.

-      Siswa menemukan arti paragraph deduktif dan paragraph induktif.

-      Siswa menentukan gagasan utama wacana yang dibacanya.

-      Siswa diminta menggolongkan paragraph yang dibacanya sesuai letak gagasan utamanya.

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        :, teks paragraf deduktif dan induktif

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 7

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

                    Mamapu mengapresiasikan tembang macapat dan campursari

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Mengapresiasi campur sari

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

                                    1.      Menikmati keindahan lagu campur sari.

                                    2.      Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam lagu campur sari.

                                    3.      Menyebutkan amanat.

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks campur sari

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

Teks campur sari

 

 

 

 

-      Siswa mendengarkan lagu campur sari.

-      Siswa menikmati keindahan lagu campur sari.

-      Siswa mengartikan kata-kata sukar yang terdapat dalam lagu campur sari.

-      Siswa menemukan nilai-nilai yang terdapat dalam lagu campur sari.

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Kaset campursari,

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

 

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 200

 

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 8

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 2 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran ,pendapat gagasan, dan perasaan secara lisan melalui kegiatan              berpidato ,bercerita, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah ungguh bahasa yang sesuai

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR
    1. Berpidato dalam rapat, perhelatan, upacara peringatan..

 

  1. III.             INDIKATOR
    1. Pertemuan I

Siswa dapat :

                                    1.      Menyusun pokok-pokok pidato dalam berbagai ragam bahasa Jawa termasuk ragam bahasa Jawa dialek..

  1. Pertemuan II

Siswa dapat :

                                    1.      Memiliki keberanian dan mampu berpidato dengan lafal, intonasi dan irama yang sesuai dalam ragam bahasa Jawa termasuk bahasa Jawa dialek

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN
    1. Pertemuan I

Teks pidato

  1. Pertemuan II

Pidato

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

2

.

 

 

 

Teks pidato

 

 

 

 

 

 

-      Siswa dan guru bertanyajawab pernahkah membaca pidato.

-      Siswa diminta menentukan tema untuk membuat pidato.

-      Siswa menyusun pokok-pokok pidato dalam ragam bahasa Jawa dialek.

 

-      Siswa berpidato dengan lafal, intonasi, dan irama yang sesuai dengan ragam bhasa Jawa dialek.

   

 

 

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks pidato, teks rumpang, kaset rekaman pembacaan geguritan.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

                         

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

 

 

 

 

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 9

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagi tehnikmembaca untuk berbagai tujuan.

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

      Membaca teks rumpang..

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

                                    1.      Menyisipkan kalimat secara bebas pada kekosongan paragraf.

                                    2.      Menentukan kalimat utama tiap paragraf..

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Teks rumpang

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks rumpang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai macam-macam wacana.

-      Siswa mengamati teks rumpang yang dibagikan oleh guru.

-      Siswa membaca teks rumpang yang dibagikan guru.

-      Siswa menyisipkan kalimat secara bebas pada kekosongan paragraf dalam teks rumpang.

-      Siswa menentukan kalimat utama tiap paragraf

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        :, teks rumpang,.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

                         

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 10

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra     melalui geguritan dan macapat

  1. II.                KOMPETENSI DASAR.

      Mendengarkan geguritan yang disampaikan secara langsung atau berupa rekaman.

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

                                  1.          Menjelaskan tema geguritan yang dibacakan.

                                2.            Mengungkapkan makna yang terkandung dalam geguritan.

                                3.                                  Mengungkapkan amanat dan pesan dalam geguritan.

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Geguritan

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

     1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

Geguritan - Siswa mendengarkan kaset rekaman pembacaan

   geguritan.

-      Siswa mengamati geguritan yang didengarnya.

-      Siswa menemukan tema yang terdapat dalam geguritan yang dibacanya.

-      Siswa mengartikan kata-kata sukar yang terdapat dalam geguritan.

-      Siswa mengungkapkan makna yang terkandung dalam geguritan yang didengarnya.

-      Siswa menyampaikan amanat dan pesan dalam geguritan yang didengarnya.

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : kaset rekaman pembacaan geguritan.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping                 

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 11

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu menulis surat dan pidato

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Menulis surat pribadi

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

Menulis surat pribadi pada orang tua.

 

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Surat pribadi

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surat pribadi

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai macam-macam surat.

-      Siswa mengamati contoh surat yang diperlihatkan guru.

-      Siswa menemukan bagian-bagian surat.

-      Siswa mendengarkan penjelasan guru cara menulis surat pribadi yang baik.

-      Siswa menentukan tema surat pribadi yang akan dibuatnya.

-      Siswa menulis surat pribadi untuk orang tua.

 

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Surat pribadi

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes praktek

 

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 12

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/I

Waktu                      : 3 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mamapu mengapresiasikan tembang macapat dan ca,mpursari

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Membahas atau mendiskusikan isi geguritan

 

III. INDIKATOR

Siswa dapat :

                                    1.      Mengutarakan nilai-nilai geguritan/macapat dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

                                    2.      Memparafrasekan geguritan/macapat dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

IV. MATERI PEMBELAJARAN

Geguritan

  1. V.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

      1

 

 

 

 

 

 

 

2

Geguritan

 

 

 

 

 

 

 

- Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari

   lima orang.

-      Siswa mengamati geguritan yang dibagikan guru.

-      Siswa mengartikan kata-kata sukar dalam geguritan.

-      Siswa menemukan nilai-nilai yeng terkandung dalam geguritan.

-      Siswa mengungkapkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.

-      Siswa saling menanggapi nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.

   

 

VI. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks geguritan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                                      Buku Pendamping

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes praktek

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 1

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. STANDAR KOMPETENSI

Mampu mendengar dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan non sastra berupa sambutan /khutbah ,pembicaraan dalam wawancara dan musyawarah dalam bergagai ragam bahasa jawa.

 

  1.  KOMPETENSI DASAR

Mendengarkan kegiatan musyawarah dan menanggapinya.

.

  1. INDIKATOR

Siswa dapat :

1.Mencatat pokok-pokok pembicaraan.

2.Merangkum isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat.

3.Mengajukan dan menjawab isi musyawarah.

4.Menaggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan atau dukungan..

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

Musyawarah

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Musyawarah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (tiap kelompok terdiri dari 5 siswa).

-      Siswa mendengarkan kaset rekaman kegiatan musyawarah.

-      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang pengertian musyawarah.

-      Siswa menemukan hal-hal penting dalam musayawarah.

-      Siswa diminta menentukan tema musyawarah.

-      Siswa melakukan kegiatan musyawarah.

-      Siswa menemukan pokok-pokok pembicaraan kegiatan musyawarah yang sedang berlangsung.

-      Siswa merangkum isi pembicaraan kegiatan musyawarah.

-      Siswa mengajukan pertanyaan sesuai dengan tema musyawarah.

-      Siswa menanggapi pembicaraan dalam bentuk kritikan atau dukungan.

   

 

 

 

  1. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks musyawarah, teks bacaan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes perbuatan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 2

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1x 45 menit

  1. STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran ,pendapat gagasan, dan perasaan secara lisan melalui kegiatan          berpidato ,bercerita, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah ungguh bahasa yang sesuai

  1.  KOMPETENSI DASAR

       Berdialog dengan orang tua atau orang lain yang lebih tua.

  1. INDIKATOR

Siswa dapat :

Berkomunikasi atau bertanya-jawab dengan orang tua/ yang lebih tua sesuai konteks pembicaraan dan unggah-ungguh bahasa yang benar.

  1. MATERI PEMBELAJARAN

Ragam krama dan ragam krama inggil (menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ragam krama dan ragam krama inggil  (menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)

 

 

 

 

 

 

 

 

-       Siswa bertanya jawab dengan guru tentang

     pengertian ragam krama dan ragam karma

     inggil.

-      Siswa menemukan fungsi ragam krama dan ragam krama inggil.

-      Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 3 siswa.

-      Guru mengarahkan siswa tatacara berkomunikasi dengan orang lain/ yang lebih tua.

-      Siswa diminta mempraktekan cara berkomunikasi dengan orang lain/ yang lebih tua.

-      Siswa memberi tanggapan/ komentar penampilan siswa lain yang mempraktekan dialog.

   

 

  1. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks musyawarah, teks bacaan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes perbuatan

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                      NIP. 19630102 19941

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 3

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 3 x 45 menit

 

  1. STANDAR KOMPETENSI

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagai tehnik membaca untuk berbagai tujuan.

  1. KOMPETENSI DASAR

.     Membaca cepat.

 

  1. INDIKATOR

Siswa dapat :

  1. Membaca teks 180-250 kata/menit.
  2. Menjawab secara benar seluruh pertanyaan yang tersedia.
    1. Membaca teks yang disediakan dengan lancar dan benar
      1. Mengungkapkan isi bacaan.
      2. Menceritakan kembali isi bacaan dalam beberapa kalimat.
      3. MATERI PEMBELAJARAN

Teks terdiri atas 500-800 kata

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks terdiri atas 500-800 kata.

-      Guru menyruh siswa untuk membaca teks dalam jangka waktu 1 menit, lalu disuruh menghitung seluruh kata yang dibaca tadi

-      Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan

-      Guru memberikan teks baru

-      Siswa disuruh mengungkapkan isi bacaan

-      Siswa disuruh menceritakan kembali isi bacaan yang telah di bacanya.

   

 

  1. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : teks bacaan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

  1. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes perbuatan

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 4

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1x 45 menit

 

  1. I.       STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat,gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas, mendiskusikan isi geguritan/macapat

 

  1. II.    KOMPETENSI DASAR

Mendengarkan tembang macapat.

III. INDIKATOR

Siswa dapat :

  1. Mengungkapkan makna yang terkandung dalam tembang macapat.
  2. Menanggapi makna yang terkandung dalam tembang macapat.
  3. Menyebutkan watak tembang macapat.

IV. MATERI PEMBELAJARAN

Tembang macapat

 

  1. V.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

  1. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

Tembang macapat

 

-      Siswa mendengarkan beberapa tembang macapat.

 

   

 

VI. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks tembang macapat.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

                          Majalah Penyebar Semangat

 

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

 

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 5

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1x 45 menit

 

  1. I.                      STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran ,pendapat gagasan, dan perasaan secara lisan melalui kegiatan berpidato ,bercerita, dan berdialog dalam berbagai ragam bahasa jawa dengan unggah ungguh bahasa yang sesuai

 

  1. II.                 KOMPETENSI DASAR

.            Seminar tentang tema tertentu.

 

  1. III.                INDIKATOR

Siswa dapat :

Mengungkapkan argumentasi sesuai topik yang dibahas dengan bahasa Jawa normatif/buku.

  1. IV.                                     MATERI PEMBELAJARAN

Opini dan fakta (pariwisata, organisasi, forum resmi).

 

  1. V.               KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

  1. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

 

1

 

 

 

 

 

2

 

Opini dan fakta (pariwisata, organisasi, forum resmi)

 

 

 

 

 

-      Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 5 anak

-      Tiap kelompok disuruh menyajikan makalah di depan

 

-      Guru menyuruh siswa untuk menanggapinya

-      Guru dan siswa merangkum hasil diskusinya

 

   

 

  1. VI.            ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks Opini

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

                          Majalah Penyebar Semangat

  1. VII.                      PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 6

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 2x 45 menit

 

  1. I.   KOMPETENSI DASAR

            Menulis wacana pendek dengan huruf Jawa.

 

  1. II.     INDIKATOR

Siswa dapat :

Menulis wacana pendek dengan huruf Jawa.

 

  1. III.   MATERI PEMBELAJARAN

 Naskah huruf latin

 

  1. IV.     KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

  1. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

 

1.

 

 

2

 

Naskah berhuruf latin

 

 

 

 

 

-           – Guru menyuruh siswa untuk  menulis dengan menggunakan aksara jawa dengan wacana pendek yang telah disediakan guru

-           – Hasil pekerjaan siswa dicocokkan bersama dan diberi nilai.

 

-            

   

 

  1. V.    ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : naskah berhuruf latin

B. Sumber       : LKS Basa Jawa XI

                          Buku Pendamping

                          Majalah Penyebar Semangat

 

VI. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 7

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 2x 45 menit

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagai tehnik membaca       untuk berbagai tujuan

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Membaca pemahaman bacaan sederhana berhuruf Jawa 25 kalimat (5 paragraf).

  1. III.             INDIKATOR
    1. Pertemuan I

Siswa dapat :

..                       1. Membaca lancar bacaan berhuruf  Jawa.

                         2. Mentransliterasi bacaan ke dalam      huruf latin.

3.Menjelaskan isi bacaan

  1. Pertemuan II

Siswa dapat :

                         1. Mentransliterasi bacaan ke dalam      huruf latin.

2..Menjelaskan isi bacaan

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Teks aksara jawa

Pertemuan II

Teks aksara jawa

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

2.

 

Teks bacaan bertuliskan aksara  jawa

 

 

 

-      Guru menyediakan bacaan pendek yang berupa tulisan jawa ,lalu siswa disuruh membacanya dengan benar

 

-      Siswa disuruh untuk menstranslit ke dalam huruf lain

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks berita, wacana nonsastra, wacana persuasi

B. Sumber       : LKS Sportif Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

                          Majalah Jaya Baya

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 8

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 2x 45 menit

 

  1. I.              STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat,gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas, mendiskusikan isi geguritan/macapat.

  1. II.         KOMPETENSI DASAR

           Mengapresiasi geguritaN

  1. III.      INDIKATOR

Siswa dapat :

1. Melagukan puisi Jawa dengan intonasi maupun sekedar uran-uran

2. .Menikmati keindahan geguritan.

3. Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.

4. Menyebutkan amanat

  1. IV.      MATERI PEMBELAJARAN

        geguritan

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

geguritan

 

 

-      Siswa mendengarkan pembacaan geguritan.

-      Siswa mencari unsure-unsur intrinsic yang ada dalam geguritan.

-      Siswa menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.

-      Siswa menyebutkan amanat

 

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Geguritan

B. Sumber       : LKS Sportif Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

                          Majalah Jaya Baya

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis

                                      Tes lisan

 

 

                    Mengetahui                                                                           Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

            Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                         Dra. Mukhotimatun

           NIP. 19530913 198003 2 001                                                       NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 9

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA             :

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      :1 x 45 menit

            I

 

  1. I.                   KOMPETENSI DASAR

      Mendengarkan cerita rakyat

 

  1. II.                INDIKATOR

Siswa dapat :

                                  1.        Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat.

                                  2.          Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini.

                                  3.         Menulis sinopsis cerita rakyat.

 

  1. III.             MATERI PEMBELAJARAN

Cerita rakyat.

 

  1. IV.             KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ceriat rakyat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

-      Siswa dan guru bertanyajawab mengenai perbandingan karya sastra.

-      Siswa membaca cerita rakyat.

-      Siswa mencari nilai-nilai yang terdapat dalam cerita rakyat.

-      Siswa membandingkan nilai-nilai yang ditemukan dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini.

-      Siswa saling menanggapi satu sama lain.

-      Siswa menuliskan sinopsis cerita rakyat.

 

   

 

  1. V.                ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks karya sastra.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

                          Majalah Jaya Baya

 

  1. VI.             PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun               

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 10

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA             :

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      :1 x 45 menit

 

  1. I.                   KOMPETENSI DASAR

Membahas dan atau mendiskusikan isi cerkak/cerita rakyat/novel.

 

  1. II.                INDIKATOR

Siswa dapat :

                              1.        Menceritakan isi cerkak/cerita rakyat/novel yang dibaca.

                              2.        Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya sastra yang dibaca.

                              3.        Mendiskusikan dan menemukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerkak/cerita rakyat/novel.

                              4.        Menjelaskan watak tokoh yang tertuang dalam cerkak/cerita rakyat/novel.

 

  1. III.             MATERI PEMBELAJARAN

Naskah cerkak/cerita rakyat/novel.

  1. IV.             KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

 

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Naskah cerkak/cerita rakyat/novel.

 

 

 

 

 

 

-      Siswa membaca cerkak/cerita rakyat/novel.

-      Siswa mencatat isi cerkak/cerita rakyat/novel yang dibacanya.

-      Siswa mendiskusikan dan menemukan nilai-nilai yang terdapat dalam cerkak/cerita rakyat/novel.

-      Siswa menjelaskan watak tokoh yang tertuang dalam cerkak/cerita rakyat/novel.

 

   

 

  1. V.                ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks karya sastra,.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

                          Majalah Jaya Baya

 

  1. VI.             PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun               

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

 

SKENARIO PEMBELAJARAN 11

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA             :

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      :1 x 45 menit

 

  1. I.                   STANDAR KOMPETENSI

Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan non sastra berbahasa jawa dengan berbagai tehnik membaca       untuk berbagai tujuan

 

  1. II.                KOMPETENSI DASAR

Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf Jawa 20 kalimat.

 

  1. III.             INDIKATOR

Siswa dapat :

                                1.      Membaca lancar bacaan berhuruf Jawa.

                                2.      Mentransliterasi bacaan ke dalam huruf latin.

                                3.      Menjelaskan isi bacaan.

  1. IV.             MATERI PEMBELAJARAN

Wacana berhuruf Jawa.

 

  1. V.                KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

 

C. Langkah-langkah

 

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

Wacana berhuruf Jawa

 

-      Guru menyediakan bacaan pendek yang berupa tulisan jawa ,lalu siswa disuruh membacanya dengan benar

   

 

  1. VI.             ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : wacana berhuruf jawa.

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

                          Majalah Penyebar Semangat

 

  1. VII.          PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes lisan

 

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun               

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

SKENARIO PEMBELAJARAN 12

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA             :

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat,gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas, mendiskusikan isi geguritan/macapat

 

  1. KOMPETENSI DASAR

Mengapresiasi geguritan.

  1. INDIKATOR
    1. Menikmati keindahan geguritan.
    2. Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.
    3. Menyebutkan amanat..

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

Geguritan dengan berbagai tema.

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

Geguritan dengan berbagai tema.

 

 

 

 

 

-      Siswa mendengarkan pembacaan geguritan.

-      Siswa mencari unsure-unsur intrinsic yang ada dalam geguritan.

-      Siswa menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan.

-      Siswa menyebutkan amanat.

 

   

 

  1. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks geguritan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

 

  1. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes praktek

 

 

 

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

               

SKENARIO PEMBELAJARAN 12

 

Mata Pelajaran         : Bahasa Jawa

Satuan Pendidikan   : SMA             :

Kelas/Semester        : XI/II

Waktu                      : 1 x 45 menit

 

  1. STANDAR KOMPETENSI

Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat,gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas, mendiskusikan isi geguritan/macapat

 

  1. KOMPETENSI DASAR

Menulis geguritan.

 

  1. INDIKATOR

Siswa dapat :

1. Menentukan tema geguritan.

2. Mengembangkan ide dalam bentuk puisi jawa modern.

 

  1. MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan

Geguritan dengan berbagai tema.

 

  1. KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

A. Pendekatan            : Komunikatif

B. Metode       : Apersepsi

                          Ceramah

                          Inkuiri

                          Tanya Jawab

                          Penugasan

                          Demonstrasi

                          Refleksi

C. Langkah-langkah

PERT.

MATERI

KEGIATAN

TUGAS

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

.

 

Teks geguritan

 

 

 

 

 

-       Siswa bertanya jawab dengan guru tentang

-        pembuatan geguritan.

-      Siswa menentukan tema untuk menyusun geguritan.

-      Siswa mengembangkan ide-idenya dalam bentuk puisi jawa modern.

-      Siswa mempresentasikan geguritan ciptaanya di depan kelas dan siswa lain menanggapinya.

   

 

  1. ALAT/SARANA BELAJAR MENGAJAR

A. Alat                        : Teks geguritan

B. Sumber       : LKS Basa Jawa X

                          Buku Pendamping

  1. PENILAIAN

A. Prosedur                 : 1. Penilaian PBM

                                      2. Penilaian hasil belajar

B. Alat Penilaian         : Tes tertulis, tes praktek

 

Mengetahui                                                                                               Slawi, 3 Oktober 2009

Kepala UPTD SMA Negeri 1 Slawi                                                           Guru Mata Pelajaran

 

 

Dra.Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                                     Dra. Mukhotimatun

NIP. 19530913 198003 2 001                                                                  NIP. 19630102 199412 2001

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: