Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP BHS JAWA XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 1. Mampu mendengarkan dan memahami serta menganggapi berbagai wacana lisan nonsastra berupa berita dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

Kompetensi Dasar       : 1. Mendengarkan berita dan memberikan tanggapan

Indikator                     : (1)   Mencatat pokok-pokok  isi berita

                                      (2)   Mengajukan pertanyaan dan menjawab isi berita.

                                      (3)   Mengemukakan pendapat atas isi berita

1.   Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mencatat pokok isi berita dan memberi tanggapan.

2.   Materi Pembelajaran

- Berita radio.

3.   Metode Pembelajaran

- Ceramah

- Tanya jawab

- Demonstrasi

- Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal

1)      Siswa memperhatikan informasi tentang berita.

2)      Siswa menjawab pretes tentang berita (Pokok-pokok berita).

  1. Kegiatan Inti

1)      Siswa menyimak  berita dua kali putaran.

2)      Siswa mencatat pokok-pokok berita yang telah disimak.

3)      Siswa membuat pertanyaan dengan berdasarkan berita yang telah disimak.

4)      Siswa menjawab pertanyaan dari siswa lain.

5)      Siswa memberi tanggapan dari berita yang telah disimak.

  1. Kegiatan Akhir

1)      Siswa bersama guru merangkum pokok-pokok isi berita dan tanggapn isi berita.

2)      Siswa dan guru melakukan refleksi.

5.   Sumber/alat/bahan Belajar

-          Sudi Yatmana, Dkk. Kabeh Seneng Basa Jawa. Yudhistira. Semarang. 2006

-          Bahan dan alat:

Rekaman berita dan taperecorder

6.   Penilaian

- Tertulis

Dipunserat pokok isi pawarta ingkang sampun dipunsemak!

Damela enem pitakenan adedhasar pawarta ingkang sampun dipunsemak!

Wangsulana pitakenan ingkang sampun dipundamel rencangipun!

     

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa

Kompetensi Dasar       :  2.1 Berdialog dengan berbagai lapisan masyarakat

Indikator                     :  1.  Berdialog dengan orang lain, baik secara tertulis maupun secara lisan dengan kalimat perintah dan permintaan yang baik dan benar sesuai dengan unggah ungguh bahasa Jawa

1.  Tujuan Pembelajaran

-     Siswa dapat melakukan dialog dengan berbagai lapisan masyarakat dengan menggunakan unggah-ungguh dan berbagai jenis kalimat yang benar.

2.   Materi Pembelajaran

-   Teks dialog

3.   Metode Pembelajaran

-          Demonstrasi

-          Penugasan

-          Ceramah

-          Tanya jawab

-          Sosiodrama

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

a.   Kegiatan Awal

1)   Siswa memperhatikan informasi tentang dialog.

2)   Siswa bersama guru bertanya jawab tentang tataran unggah-ungguh basa.

b.   Kegiatan Inti

1)   Siswa dibagi kelompok menurut jumlah pelaku dialog.

2)   Siswa memperhatikan contoh dialog.

3)   Siswa membuat dialog sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Pertemuan 2

4)   Siswa meperagakan dialog didepan kelas.

5)   Siswa bersama guru menaggapi siswa yang maju.

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan/merangkum dialog dan jenis kalimat.

2)      Siswa dan guru melakukan refleksi.

5.  Sumber Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

-  Praktek lisan

Gawea pacelathon kanggo unggah-ungguh kang trep kanthi tema sing wis ditemtokna lan tindakna pacelathon mau karo kelompokmu ning ngarep kelas!

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran               : Bahasa Jawa

Kelas / Semester             : XII/1

Pertemuan                      : 1X pertemuan

Alokasi Waktu               : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi      : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teknik membaca cepat secara intensif untuk mencari kesimpulan dan memberi penjelasan

Standar Kompetensi      : 3.1 Membaca Pemahaman

Indikator                        : (1) Membaca teks nonsastra

                                          (2) menyimpulkan isi teks

  1. Tujuan pembelajaran

-       Siswa dapat menyimpulkan isi teks

  1. Materi pembelajaran

-       Teks nonsastra dari berbagai sumber

-       Paragraf deduktif dan paragraf induktif

  1. Metode pembelajaran

-       Ceramah

-       Tanya jawab

-       Penugasan

  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan awal

-    Siswa bersama guru bertanya jawab tentang jenis-jenis paragraf beserta keterangaanya

  1. Kegiatan inti

-    Siswa memperhatikan contoh paragraf deduktif dan paragraf induktif

-    Siswa membaca bacaan nonsastra yang bersumber dari majalah bahasa Jawa

-    Siswa menyimpulkan isi teks yang telah dibaca

  1. Kegiatan akhir

-    Siswa bersama guru menyimpulkan isi teks bacaan

-    Siswa berssama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

  1. Penilain

-          Tertulis

Dipunwaos wacan ingkang sampun sumadya, salajengipun dipunpadosi paragrap deduktif kaliyan paragrap induktif!

 

 

 Mengetahui                                                                            Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan, berbagai bentuk wacana lisan sastra  melaui membahas atau mediskusikan isi wayang dan ketoprak/ ludruk/drama.

Kompetensi Dasar       : 2.2  Menceritakan kembali isi cerita/bacaan yang didengar

Indikator                    : (1) Menceritakan kembali bacaan/cerita dengan ragam bahasa jawa

(2)   Menyampaikan ringkasan cerita/bacaan dengan ragam bahasa Jawa.

(3)   Menjelaskan isi cerita.

  1. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita yang didengar.    

2.   Materi Pembelajaran

Cerita rakyat

3.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Demonstrasi
  4. Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru beranya bertanya jawab tentang macam-macam cerita rakyat.

b.   Kegiatan Inti

1)  Siswa  mendengar dan melihat cerita rakyat yang ditanyangkan

2)  Siswa meringkas cerita yang telah didengar

3)  Siswa menjelaskan isi cerita yang didengar

4)  Siswa satu persatu menceritakan kembali cerita yang telah didengar

5)  Siswa bersama guru menanggapi siswa yang maju tentang menceritakan kembali cerita yang didengar

c.   Kegiatan Akhir

1) Siswa bersama guru menyimpulkan isi cerita yang didengar.

2) siswa bersama guru melakukan refleksi.

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Media Audio Visual Kartun “Cerita Rakyat berbahasa Jawa”.

  1. Penilaian

-          Tertulis

Dipuncariyosakan  cariyos ingkang sampun dipunsemak!

-          Lisan

Dipunandaraken ringkesan cariyos lan dipun jelentrehaken isi cariyos kasebat!

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            :  Bahasa Jawa

Kelas / Semester          :  XII/1

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 4.  Mampu menulis teks sambutan upacara adat, dan menyalin teks berhuruf latin ke dalam huruf Jawa

Kompetensi dasar       : 4.1 Menulis teks sambutan

Indikator                     : (1) Menulis rancangan acara

                                       (2) menulis sambutan pasrah manten

                                       (3) menulis sambutan nampi manten

  1. Tujuan pembelajaran

-    Siswa dapat menulis teks sambutan pasrah manten dan nampi manten

  1. Materi pembelajaran

-    Teks sambutan

  1. Metode pembelajaran

-    Ceramah

-    Tanya jawab

-    Penugasan

  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Pertemuan 1

  1. Kegiatan awal

-          Siswa bersama guru bertanya jawab tentang cara menulis sambutan pasrah manten dan nampi manten

  1. Kegiatan inti

-          Siswa memperhatikan contoh sambutan pasrah manten dan nampi manten

-          Siswa menanyakan kata-kata yang sulit dari contoh tersebut.

-          Siswa menulis rancangan acara yang akan dibuat (pasrah manten dan nampi manten)

Pertemuan 2

-          Siswa menulis teks sambutan pasrah manten

-          Siswa menulis teks sambutan nampi manten

  1. Kegiatan akhir

-          Siswa bersama guru menyimpulkan teks sambutan pasrah manten dan teks sambutan nampi manten

-          Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Media dan sumber belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Prawiroatmojo S. Bausastra Jawa-Indonesia. CV Haji Masagung. Jakarta. 1993

  1. Penilain :

-          Tertulis

Damela rengrengan teks sambutan nampi manten lan pasrah manten, salajengipun dipundamel teks sambutan pasrah manten kaliyan nampi manten!

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Standar Kompetensi   : 5.  Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melalui kegiatan mendengarkan drama (ketoprak, ludruk, sandiwara, serta wayang)

Kompetensi Dasar       : 5.1 Mendengarkan dan menaggapi drama

Indikator                     : (1) Menyebutkan tema drama

(2) Menyebutkan setting drama (waktu, tempat, suasana)

(3) Menyebutkan tokoh dan menjelaskan perwtakannya

(4) Mengemukakan amanat

(5) Menanggapi isi drama dengan kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran

-  Siswa dapat mendengarkan drama dan menanggapai isi drama          

2.   Materi Pembelajaran

-  Drama bahasa Jawa “Oawalah Dompet Ta”

3.   Metode Pembelajaran

- Demonstrasi

- Tanya jawab

- Ceramah

- Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang drama          

2) Siswa bersama guru betanya jawab tentang unsur-unsur pembangun drama

b.   Kegiatan Inti

1)   Siswa menyaksikan drama bahasa Jawa.

2)   Siswa menuliskan tema drama yang telah disaksikan.

3)  Siswa menuliskan setting drama (waktu, tempat, suasana)

4)      Siswa menyebutkan tokoh dan menjelaskan perwatakannya

5)      Siswa Mengemukakan amanat drama yang telah disaksikan.

6)      Siswa Menanggapi isi drama dengan kehidupan sehari-hari

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan unsure-unsur pembangun drama dan isi drama yang telah disaksikan.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi.

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Film Drama basa Jawa.

3)      Penilaian

-          Tertulis

Tulisen unsur-unsur intrinsik drama kang wis kosemak!

-          Lisan

Tanggapana isi drama kang wis ko semak ana ing panguriapn saben dinane!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 6. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan  berbagai bentuk wacana lisan sastra melaui membahas atau mendiskusikan isi wayang dan ketoprak/ludruk/drama.

Kompetensi Dasar       : 6.1 Membahas atau mendiskusikan isi cerita wayang

Indikator                     : 1. Menyebutkan nama tokoh-tokoh wayang

2. Menyebutkan perwatakan tokoh-tokoh wayang

3. Mendiskusikan amanat cerita wayang

1. Tujuan Pembelajaran

-  siswa dapat mendiskusikan isi cerita wayang   

2.   Materi Pembelajaran

- Epos Mahabarata dan Ramayana

3.   Metode Pembelajaran

- Ceramah

- Tanya jawab

- Penugasan

- Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

a.   Kegiatan Awal

1)   Siswa bersama guru bertanya jawab tentang wayang.

2)   Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam cerita wayang

b.   Kegiatan Inti

1)   Siswa dibagi menjadi 5 kelompok

2)  Siswa mencari cerita Mahabara/Ramayana sesuai dengan pembagian tugas

3)  Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh wayang

4)  Siswa menyebutkan perwatakan tokoh-tokoh wayang

5)  Siswa mendiskusikan amanat atau pesan cerita Mahabarata/Ramayana

Pertemuan 2

6)  Siswa mengemukakan hasil diskusi

7)  Siswa bersama guru menanggapi hasil diskusi kelompok lain.     

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan cerita Mahabarata dan Ramayana.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi.

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Sudi Yatmana, Dkk. Kabeh Seneng Basa Jawa. Yudhistira. Semarang. 2006

6.   Penilaian

-          Tertulis

Dipunserat paraga lan watak paraga ingkang wonten ing cariyos wayang kasebat!

-          Lisan

Dipunrembag wonten ing setunggal kelompok babagan pepeling ingkang wonten ing cariyos kasebat, banjur majeng asil rembuganmu karo kelompokmu!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 7. Mampu mengapresiasikan karya sastra tulis.

Kompetensi Dasar       : 7.1 Mengapresiasi sandiwara

Indikator                     : (1) Menuliskan  nilai-nilai yang terkandung dalam sandiwara

(2)   Menuliskan amanat atau pesan

(3)   Meperbandingkan isi sandiwara dengan kehidupan sehari-hari

1.  Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mengapresiasikan sandiwara         

2.   Materi Pembelajaran

- Cerkak

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- Penugasan

- Ceramah

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1)   Siswa bersama guru bertanya jawab tentang sandiwara  

b.   Kegiatan Inti

1)  Siswa membaca cerkak/sandiwara

2)  Siswa menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam sandiwara

3)  Siswa menuliskan amanat atau pesan dari sandiwara yang telah dibaca

4) Siswa memperbandingkan isi sandiwara yang telah dibaca dengan kehidupan sehari-hari.

 

 

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan isi sandiwara.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi.

 

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          JFX Hoery, Dkk. Blangkon Kumpulan Crita Cerkak Pengarang-pengarang Sastra Jawi Bojonegoro. Sanggar Sastra Pamarsudi Sastra Jawa Bojonegoro. Bojonegoro. 2006

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

  1. Penilaian

-          Tertulis

Dipunwaos sandiwara ingkang sampun sumadya, salajengipun dipunpadosi nilai-nilai ingkang wonten ing sandiawara kasebat lan dipunpadosi pepelingipun, sarta dipunbandingaken kaliyan pagesangan saben dintenipun!

 

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/1

Standar Kompetensi   : 8. Mampu menulis skenario sandiwara.

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Kompetensi Dasar       : 8.1 Menulis Skenario sandiwara

Indikator                     : (1) Menentukan tema

(2) Menuliskan pripsip penulisan skenario sandiwara

(3) Menulis skenario sandiwara

1.  Tujuan Pembelajaran

- Siswa mampu menulis sKenario sandiwara

2.   Materi Pembelajaran

- Skenario

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- penugasan

- Ceramah

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang prinsip penulisan skenario.

b.   Kegiatan Inti

1) Siswa memperhatikan contoh skenario sandiwara

Pertemuan 2

2) Siswa menentekukan tema untuk menulis skenario sandiwara

3) Siswa menulis skenario sandiwara

c.   Kegiatan Akhir

1)   siswa bersama guru menyimpulkan prinsip-prinsip penulisan scenario yang sesuai.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

- Tertulis

Damela skenario sandiwarakangge tatacara ingkang trep!

 

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 1.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa

Kompetensi Dasar       : 1.1 Berbicara tentang peristiwa aktual

Indikator                     : (1) Berbicara tentang peristiwa aktual dalam berbagai ragam bahasa Jawa

1. Tujuan Pembelajaran

-  Siswa dapat berbicara tentang peristiwa actual dalam berbagai ragam bahasa Jawa.

2.   Materi Pembelajaran

- Cerita tentang peristiwa aktual

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- Ceramah

- Penugasan

- Demonstrasi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

a.   Kegiatan Awal

1)    Siswa bersama guru bertanya jawab tentang peristiwa aktual

2)    Siswa bersama guru bertanya jawab tentang ragam bahasa Jawa.

b.   Kegiatan Inti

1) Siswa memperhatikan contoh peristiwa aktual

2) Siswa mencari peristiwa aktual dari media cetak maupun dari media elektronik.

 

 

Pertemuan 2

3) Siswa berbicara tentang peristiwa aktual yang telah didapat dengan menggunakan ragam bahasa Jawa.

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan cara berbicara tentang peristiwa actual sesuai dengan unggah-ungguh bahasa Jawa.

2) Siswa bersama guru melakukan refleksi

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

- Lisan

Dipunandaraken prastawa ingkang sampun dipun padosi migunakaken unggah-ungguh basa ingkang trep!

 

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 1.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa

Kompetensi Dasar       : 1.2 Berpidato dalam berbagai peristiwa

Indikator                     : (1) Berpidato tentang peristiwa tertentu

1.  Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat berpidato tentang peristiwa tertentu         

2.   Materi Pembelajaran

- Teks pidato

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- Ceramah

- Penugasan

- Demonstrasi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang tata cara berpidato (intonasi, Pelafalan, vocal)

2) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang cara pembuatan pidato (kerangka pidato)

b.   Kegiatan Inti

1)    Siswa memperhatikan guru berpidato

2)    Siswa menyusun kerangka pidato

3)    Siswa membuat pidato

4)    Siswa berpidato didepan kelas tentang peristiwa tertentu.

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan tata cara berpidato yang benar.

2) Siswa bersama guru melakukan refleksi

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Sudi Yatmana, Dkk. Kabeh Seneng Basa Jawa. Yudhistira. Semarang. 2006

6.   Penilaian

- Lisan

Damela renggrengan sesorah, salajengipun dipundamel sesorahipun. Sesorah ingkang sampun dipundamel, salajengipun dipunandaraken wonten ngajeng kelas!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 1.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa

Kompetensi Dasar       : 1.3 Berbicara dalam forum ilmiah

Indikator                     : (1) Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pembicaraan yang disampaikan dalam forum resmi

                                       (2) Berbicara dalam forum resmi tanpa teks

1.  Tujuan Pembelajaran

-  Siswa dapat berbicara dalam forum tanpa teks

2.   Materi Pembelajaran

- Karya tulis ilmiah

3.   Metode Pembelajaran

- Ceramah

- Tanya jawab

- Penugasan

- Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang hal-hal yang perlu diperbaiki dari pembicaraan yang disampaikan forum resmi

b.   Kegiatan Inti

1)   Siswa memperhatikan karya tulis ilmiah yang menggunakan bahasa Jawa

2)   Siswa dibagi menjadi lima kelompok

3)   Siswa membuat karya tulis ilmiah dengan menggunakan bahasa Jawa

4)   Siswa secara berkelompok berbicara dalam forum resmi tanpa teks

5)   Siswa dari kelompok yang lain mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pembicaraan forum resmi

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan hal-hal yang perlu diperbaiki dalam forum ilmiah.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Sudi Yatmana, Dkk. Kabeh Seneng Basa Jawa. Yudhistira. Semarang. 2006

6.   Penilaian

- Tertulis

Dipunserat ngengingi babagan ingkang prelu dipundandosi wonten pirembagagan forum resmi!

-    Lisan

Para siswa ngandarakaen wonten ing forum resmi tanpa teks!

 

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 2. Mampu membaca dan memahami berbagai teknik membaca cepat secara intensif untuk mencari kesimpulan dan memberi penjelasan.

Kompetensi Dasar       : 2.1 Membaca teks huruf Jawa kurang lebih 30 kalimat

Indikator                     : (1) Membaca teks huruf Jawa dengan lafal yang tepat

(2) Mencatat topik bacaan

(3) Mencatat pokok-pokok isi bacaan.

1. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat membaca huruf jawa dengan lafal yang tepat dan dapat memahami isis bacaan   

2.   Materi Pembelajaran

- Tesk berhuruf Jawa

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- Penugasan

- Ceramah

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam huruf jawa bersama pasangan dan sandangannya.       

b.   Kegiatan Inti

1) Siswa memperhatikan guru membaca teks bacaan huruf jawa dengan lafal yang tepat

2) Siswa membaca teks huruf jawa dengan lafal yang tepat

3) Siswa mencatat topik bacaan

4) Siswa mencatat pokok-pokok isi bacaan

c.   Kegiatan Akhir

1)   Siswa bersama guru menyimpulkan membaca teks berhuruf jawa dengan lafal yang tepat.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan Belajar

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Sudi Yatmana, Dkk. Kabeh Seneng Basa Jawa. Yudhistira. Semarang. 2006

6.   Penilaian

- Praktik membaca

Dipunwaos wacan akasara Jawi kangge pocapan ingkang trep!

-    Tertulis

Dipunserat topic wacan kasebat lan dipunserat pokok-pokok isi wacan kasebat!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 3.  Mampu menulis teks sambutan upacara adat, dan menyalin teks   berhuruf latin ke dalam huruf Jawa

Kompetensi Dasar       : 3.1 Menulis huruf Jawa

Indikator                     : 1. Menuliskan tembang macapat berhuruf latin ke dalam huruf Jawa

1.  Tujuan Pembelajaran

- siswa dapat menuliskan tembang macapat berhuruf latin ke dalam huruf Jawa.          

2.   Materi Pembelajaran

- Tembang macapat

3.   Metode Pembelajaran

- Tanya jawab

- Penugasan

- Ceramah

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang aksara jawa (legena, sandangan, pasangan, aksara murda, angka Jawa)

2) Siswa dan guru bertanya jawab tentang tatacara penulisan huruf Jawa

b.   Kegiatan Inti

1) Siswa memperhatikan cara guru menulis huruf jawa

2) Siswa diberi satu tembang macapat

3) Siswa menuliskan tembang macapat berhuruf latin ke dalam huruf Jawa

c.   Kegiatan Akhir

1)   siswa bersama guru menyimpulkan cara menulis huruf lati ke dalam huruf jawa yang sesuai.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Widodo B.S. Cakepan Tembang Macapat. LPSB. Semarang. 2006

  1. Penilaian

-          Tertulis

Dipunserat temabang macapat ingkang aksara latin supados dados akasara Jawi!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 4.  Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melaui kegiatan mendengarkan drama (ketoprak, ludruk, sandiwara) serta wayang.

Kompetensi Dasar       : 4.1 Mendengarkan dan menaggapi  cerita wayang yang disampaikan secara langsung atau melaui rekaman

Indikator                     : (1)    Menyebutkan nama-nama tokoh pewayangan

(2)   Menjelaskan perwatakan tokoh wayang

(3)   Mengemukakan amanat atau pesan

(4) Menanggapi cerita wayang yang telah didengar dengan kehidupan Sekarang.

1.  Tujuan Pembelajaran

-     Siswa dapat mendengarkan dan memahami isi cerita wayang

2.   Materi Pembelajaran

-   Cerita wayang

3.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Demonstrasi
  4. Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang wayang

2) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam cerita wayang.

b.   Kegiatan Inti

1)   Siswa mendengarkan cerita wayang melaui rekaman

2)   Siswa menyebutkan nama-nama tokoh wayang yang ada dalam rekaman cerita wayang tersebut

3)   Siswa menjelaskan watak tokoh wayang

4)   Siswa mengemukakan amanat atau pesan

5)   Siswa menanggapi cerita wayang yang telah didengar dengan kehidupan sekarang.

c.   Kegiatan Akhir

1)   siswa bersama guru merangkum isi cerita wayang.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

-          Bahan dan alat: rekaman cerita wayang dan taperecorder

6.   Penilaian

- Tertulis

Dipunserat paraga lan watak paraga wonten ing cariyos wayang ingkang sampun dipunsemak!

-    Lisan 

Dipunandaraken pepeling wonten ing cariyos wayang kasebat, salajengipu dipuntanggepi kaliyan pagesangan wonten jaman saniki!

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi Waktu            : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 5. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan, berbagai bentuk wacana lisan sastra  melaui membahas atau mediskusikan isi wayang dan ketoprak/ ludruk/drama.

Kompetensi Dasar       : 5.1 Membahas atau mendiskusikan isi ketoprak/ludruk/drama

Indikator                     : (1) Menceritakan kembali isi drama

(2) Mendiskusikan isi drama.

1. Tujuan Pembelajaran

- siswa dapat mendiskusikan isi drama    

2.   Materi Pembelajaran

- Drama

3.   Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Tanya jawab
  3. Demonstrasi
  4. Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang drama

2) Siswa bersama guru bertanya jawab tentang unsur-unsur yang ada dalam drama.

b.     Kegiatan Inti

1) Siswa dibagi menjadi lima kelompok

2) Siswa mencari drama berbahasa Jawa dari media cetak ataupun media elektronik

3) Siswa dari salah satu kelompoknya maju menceritakan kembali isi drama

4) Siswa dari kelompok lain mendiskusikan  isi drama dari kelompok yang maju.

c.   Kegiatan Akhir

1) Siswa bersama guru merangkum isi drama.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          -Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

- Lisan

Dipuncariyosakan isi drama ijeng sampun dipun waos, salajengipun dipunrembag isi drama saking kelompok sanes ingkang majeng!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 2X pertemuan

Alokasi waktu             : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 5. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan, berbagai bentuk wacana lisan sastra  melaui membahas atau mediskusikan isi wayang dan ketoprak/ ludruk/drama.

Kompetensi Dasar       : 5.2 Mememtaskan drama

 

Indikator                     : (1) Memerankan tokoh dalam drama dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan perwatakannya.

  1. Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat Memerankan tokoh dalam drama dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan perwatakannya.

2.   Materi Pembelajaran

- Naskah drama

3.   Metode Pembelajaran

- Ceramah

- Tanya jawab

- Penugasan

- Diskusi

- Demonstrasi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

a.   Kegiatan Awal

1)      Siswa bersama guru bertanya jawab tentang drama

2)      Siswa bersama guru bertanya jawab tentang cara pembuatan naskah drama.

b.   Kegiatan Inti

1)      Siswa dibagi menjadi lima kelompok

2)      Siswa mencari cerkak dari majalah berbahasa Jawa

3)      Siswa mengembangkan cerkak menjadi naskah drama

Pertemuan 2

4)      Siswa memerankan tokoh drama dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan penghayatan.

c.   Kegiatan Akhir

1)      Siswa bersama guru menyimpulkan memerankan tokoh drama dengan memperhatikan lafal, intonasi, nada, mimik, gerak-gerik yang tepat sesuai dengan penghayatan.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

- Lisan

Damela naskah drama saking cerkak, salajengiopun dipun paragaaken wonten ing ngajeng kelas!

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.PdNIP 19530913 198003 2 001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa

Kelas / Semester          : XII/2

Pertemuan                   : 1X pertemuan

Alokasi Waktu            : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi   : 6. Mampu mengapresiasi karya sastra tulis

Kompetensi Dasar       : 6.1 Mengapresisi geguritan

Indikator                     : (1) Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan

(2) Menguraikan amanat yang ada dalam geguritan.

1.  Tujuan Pembelajaran

- Siswa dapat mengapresiasikan geguritan.         

2.   Materi Pembelajaran

- Geguritan

3.   Metode Pembelajaran

- Ceramah

- Tanya jawab

- Penugasan

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

a.   Kegiatan Awal

1)      Siswa bersama guru bertanya jawab tentang geguritan.

b.   Kegiatan Inti

1) Siswa membaca geguritan yang berasal dari majalah bahasa Jawa

2) Siswa menanyakan kata-kata yang sulit dalam geguritan

3) Siswa menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan

4) Siswa menguraikan amanat yang ada dalam geguritan

c.   Kegiatan Akhir

1) Siswa bersama guru merangkum isi gerguritan.

2)  Siswa bersama guru melakukan refleksi.

 

 

5.  Sumber/alat/bahan Belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

6.   Penilaian

- Tertulis

Dipunserat nile-nile lan pepeling ingkang wonten geguritan kasebat!

 

 

 

   Mengetahui                                                                          Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Mata Pelajaran               : Bahasa Jawa

Kelas / Semester             : XII/1

Pertemuan                      : 1X pertemuan

Alokasi Waktu               : 1 X 45 menit

Standar Kompetensi      : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teknik membaca cepat secara intensif untuk mencari kesimpulan dan memberi penjelasan

Standar Kompetensi      : 3.2 Membaca cepat

Indikator                        : (1) Membaca cepat teks 250-300 kata permenit

(2) Menyebutkan pokok-pokok pengembangan

                                         

  1. Tujuan pembelajaran

-       Siswa dapat Membaca cepat teks 250-300 kata permenit dan menyebutkan pokok-pokok pengembangan

  1. Materi pembelajaran

-       Teks yang panjang 600-750 kata

  1. Metode pembelajaran

-       Ceramah

-       Tanya jawab

-       Penugasan

  1. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
    1. Kegiatan awal

1)      Siswa bersama guru bertanya jawab tentang teknik-teknik membaca cepat

2)      Siswa bersama guru bertanya jawab tentang pengembangan topik

  1. Kegiatan inti

1)      Siswa mepersiapkan bacaan yang bersumber dari majalah bahasa Jawa

2)      Siswa memperhatikan cara menghitung bayaknya kata yang diperoleh dalam waktu tertentu

3)      Siswa membaca secara bergantian, satunya membaca siswa yang satunya menghitung perolehan kata yang dibaca temannya.

4)      Siswa menyebutkan pokok-pokok tentang pengembangan topik yang sudah dibaca

 

  1. Kegiatan akhir

1)      Siswa bersama guru menyimpulkan teknik-teknik membaca cepat dan menyimpulkan pokok-pokok pengembangan topik

2)      Siswa berssama guru melakukan refleksi

  1. Sumber/alat/bahan belajar

-          Penjebar Semangat. Kalawarti basa Jawa. Surabaya

-          Tim Ekspresi. Basa  Jawa SMA XII. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005

  1. Penilain

-          Praktek membaca

Dipunwaos wacan ingkang sampun sumadya kangge tatacaranipun maos rancag!  

-          Tertulis

Dipunserat pokok-pokok pengembangan topik!

 

 

 

 Mengetahui                                                                            Slawi,  Juli 2009

Kepala UPTD SMA N 1 Slawi                                                        Guru Mata Pelajaran

                                                           

 

Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd                                                        Heni Citraningrum, S.Pd

NIP 19530913 198003 2 001

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: