Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP PAI XII

RPP 1

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   1.Memahami ayat-ayat Al Quran tentang anjuran bertoleransi.

 

II.Kompetensi Dasar.

   1.1.Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29

 

III.Materi Pembelajaran.

     QS Al Kafirun

     QS Yunus ayat 40-41.

     QS Al Kahfi ayat 29.

 

IV.Indikator.

     1.1.1.Siswa dapat membaca dengan fasih QS Al Kafirun ayat 1-6.

     1.1.2.Siswa dapat membaca dengan fasih Yunus ayat 40-41

     1.1.3.Siswa dapat membaca dengan fasih QS Al Kahfi ayat 29.

     1.1.4.Siswa dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada QS Al Kafirun ayat 1-6.    

     1.1.5.Siswa dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada QS Yunus ayat 40-41.    

     1.1.6.Siswa dapat mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada QS Al Kahfi ayat 29.   

     1.1.7.Siswa dapat memberikan contoh lafalz yang mengandung hukum bacaan seperti yang terdapat

             dal;am QS Al Kafirun ayat 1-6. 

     1.1.8.Siswa dapat memberikan contoh lafalz yang mengandung hukum bacaan seperti yang terdapat

             dal;am QS Al Yunus ayat 40-41. 

     1.1.9.Siswa dapat memberikan contoh lafalz yang mengandung hukum bacaan seperti yang terdapat

             dal;am QS Al Kahfi ayat 29.

 

V.TUJUAN PEMBELAJARAN.

    Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

 1.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 1.

 2.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 2.

 3.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 3.

 4.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 4.

 5.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 5.

 6.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kafirun ayat 6.

      7.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Yunus ayat 40

      8.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Yunus ayat 41.

      9.Membaca dengan terampil dan fasih Q S Al Kahfi ayat 29.

10.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

11.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

12.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

13.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

14.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

15.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kafirun ayat

16.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Yunus ayat 40

17.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Yunus ayat 41.

18.mengidentifikasi tajwid yang terdapat pada Q S Al Kahfi ayat 29.

 

 

 

 

 

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

  

 A. Appersepsi.

         *Memberi pertanyaan kepada siswa tentang siapa yang sudah bisa membaca Al Quran dan siapa

           yang belum.

         *Memberi pertanyaan kepada siswa tentang siapa yang sudah membiasakan  membaca Al Quran

           di rumah dan siapa yang belum.

         *Memberikan tugas kepada siswa untuk mencoba membaca QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41

            dan QS Al Kahfi ayat 29

         *Memberi tugas kepada siswa untuk mencoba menyebutkan beberapa hukum bacaan yang terda

           pat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

 

B.Inti Pembelajaran.    

        *Mendemonstrasikan cara membaca yang benar dan fasih QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41

           dan QS Al Kahfi ayat 29.

        *Menkaji hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al

           Kahfi ayat 29.

        *Mencari contoh-contoh lafalz lain yang mengandung hukum bacaan seperti yang terkandung

           dalam QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

 

C.Penutup.

        *Mengambil kesimpulan dari pembahasan materi.

        *Menugasi siswa untuk membaca ayat-ayat untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai

           materi pembelajaran.

        *Memberi pertanyaan secara lesan kepada siswa untuk mengukur pencapaian keberhasilan pem-

          lajaran siswa.        

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

     A.Metode Pembelajaran.

         Demonstrasi

         Ceramah

         Dialog.

     B.Alat Pembelajaran

         Kartu kata / kartu huruf

         Lembaran teks ayat Al Quran.

 

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

 

IX.Penilaian.

       A.Prosedur Penilaian.

           Penilaian berupa test lesan dan penugasan

       B.Alat Penilaian.

           Lembar pengamatan.

 

NO

NAMA SISWA

KELANCARAN

MEMBACA

KEFASIHAN MEMBACA

KEINDAHAN MEMBACA

PENGUASAAN TAJWID

NILAI AKHIR

 

1

 

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan nilai.

 

A = Amat baik dengan skor 90 – 100.

B = Baik dengan skor          80  – 89

C = Cukup dengan skor       70 – 79

D = Kurang dengan sekor    60 – 69

E = Amat kurang dengan sekor kurang dari 60.

Nilai Akhir = rata-rata nilai dari keempat komponen tersebut.     

 

 

 

 

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP 2

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   1.Memahami ayat-ayat Al Quran tentang anjuran bertoleransi.

 

II.Kompetensi Dasar.

   1.2.Menjelaskan arti QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29

 

III.Materi Pembelajaran.

     QS Al Kafirun

     QS Yunus ayat 40-41.

     QS Al Kahfi ayat 29.

 

IV.Indikator.

     1.2.1.Siswa dapat menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 1-6.

     1.2.2.Siswa dapat menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Yunus ayat 40-41    

     1.2.3.Siswa dapat menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS  Al Kahfi ayat 29.

     1.2.4.Siswa dapat menerjemahkan secara keseluruhan  QS Al Kafirun ayat 1-6.

     1.2.5.Siswa dapat menerjemahkan secara keseluruhan  QS Yunus ayat 40-41    

     1.2.6.Siswa dapat menerjemahkan secara keseluruhan QS  Al Kahfi ayat 29.

     1.2.7.Siswa dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam QS Al Kafirun ayat 1-6.

     1.2.7.Siswa dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam  QS Yunus ayat 40-41    

     1.2.7.Siswa dapat menjelaskan makna yang terkandung dalam  QS  Al Kahfi ayat 29.

 

V.TUJUAN PEMBELAJARAN.

    Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat

1.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 1

2.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 2

3.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 3

4.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 4

5.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 5

6.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kafirun ayat 6

7.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Yunus ayat 40

8.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Yunus ayat 41

9.menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam  QS Al Kahfi ayat 29

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

   A.Appersepsi.

      *Memberi tugas kepada siswa untuk membaca kembali  QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan

        QS Al Kahfi ayat 29.

      *Memberikan pertanyaan kembali kepada siswa tentang hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam

        QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

   B.Inti Pembelajaran.

      *Memisahkan dan menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 

        40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

      *Menerjemahkan secara utuh  QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

      *Mendiskusikan makna yang terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al

        Kahfi ayat 29.

   C.Penutup.

      *Mennyimpulkan hasil diskusi tentang makna QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan QS Al

        Kahfi ayat 29.

      *Memberikan pertanyaan secara lesan untuk mengukur pencapaian keberhasilan siswa dalam pem

        belajaran.

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

     A.Metode Pembelajaran.

         Ceramah.

         Diskusi

         Penugasan   

      

    B.Alat Pembelajaran.

        Kartu kosa kata

        Lembaran teks ayat

 

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

 

IX.Penilaian.

       A.Prosedur Penilaian.

           Penilaian berupa test lesan dan penugasan

       B.Alat Penilaian.

           Lembar pengamatan.

 

NO

NAMA SISWA

Kemampuan

memisah kata

Menerjemahkan setiap kata

Menerjemah

kan ayat

Menyimpulkan

kandungan

NILAI AKHIR

 

1

 

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan nilai.

A = Amat baik dengan skor 90 – 100.

B = Baik dengan skor          80  – 89

C = Cukup dengan skor       70 – 79

D = Kurang dengan sekor    60 – 69

E = Amat kurang dengan sekor kurang dari 60.

Nilai Akhir = rata-rata nilai dari keempat komponen pe4nilaian.     

 

 

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                        Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

         

         

 

 

 

 

 

 

RPP 3

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

 

  1.Memahami ayat-ayat Al Quran tentang anjuran bertoleransi.

 

II.Kompetensi Dasar.

 

   1.3.Membiasakan perilaku bertoleransi seperti yang terkandung dalam  QS Al Kafirun, QS Yunus

         ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29

 

III.Materi Pembelajaran.

 

    QS Al Kafirun

     QS Yunus ayat 40-41.

     QS Al Kahfi ayat 29.

 

IV.Indikator.

 

    1.3.1.Siswa dapat menjelaskan pengertian sikap toleransi.

    1.3.2.Siswa dapat menjelaskan maksud toleransi menurut QS Al Kafirun

    1.3.3.Siswa dapat menjelaskan maksud toleransi menurut QS Yunus ayat 40-41.

    1.3.4.Siswa dapat menjelaskan maksud toleransi menurut QS Al Kahfi ayat 29.

    1.3.5.Siswa dapat memberikan contoh sikap toleransi  menurut QS Al Kafirun

    1.3.6.Siswa dapat memberikan contoh sikap toleransi  menurut QS Yunus ayat 40-41.

    1.3.7.Siswa dapat memberikan contoh sikap toleransi  menurut QS Al Kahfi ayat 29.

    1.3.8.Siswa dapat mempraktekkan sikap toleransi seperti yang terkandung dalam  QS Al Kafirun

    1.3.9.Siswa dapat mempraktekkan sikap toleransi seperti yang terkandung dalam QS Yunus  40-41.

    1.3.10.Siswa dapat mempraktekkan sikap toleransi seperti yang terkandung dalam QS Al Kahfi  29.

 

V.Tujuan Pembelajaran.  

   Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menjelaskan pengertian sikap toleransi menurut pandangan umum maupun pandangan Islam.

2.Menjelaskan bentuk pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Al Kafirun

3.Menjelaskan bentuk pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Yunus ayat 40-41.

4.Menjelaskan bentuk pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Al Kahfi ayat 29.

5.Memberikan contoh nyata pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Q.S Al Kafirun

6.Memberikan contoh nyata pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Q.S Yunus ayat 40-41

7.Memberikan contoh nyata pengamalan sikap toleransi menurut Q.S Q.S Al Kahfi ayat 29.

8.Menjelaskan kiat yang tepat untuk dapat mengamalkan sikap toleransi seperti yang terkandung

   dalam Q S Al Kafirun.

9. Menjelaskan kiat yang tepat untuk dapat mengamalkan sikap toleransi seperti yang terkandung

    dalam QS Yunus  40-41.

10.Menjelaskan kiat yang tepat untuk dapat mengamalkan sikap toleransi seperti yang terkandung

    dalam QS Al Kahfi  29.

 

 

 

 

 

 

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

 

  A.Appersepsi.

      *Memberikan pertanyaan kembali tentang makna yang terkandung dalam QS Al Kafirun, QS Yu

        nus ayat 40-41 dan QS Al Kahfi ayat 29.

 

 

 B.Inti Pembelajaran.

 

     *Mengidentifikasi perilaku bertoleransi sesuai dengan QS Al Kafirun, QS Yunus ayat 40-41 dan

        QS Al Kahfi ayat 29.

      *Mendiskusikan tentang kiat mengamalkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

 

 C.Penutup.

 

     *Menyimpulkan hasil diskusi tentang sikap toleransi

      *Memberikan pertanyaan secara lesan maupun tertulis tentang kiat – kiat pengamalan sikap toleran

        si dalam kehidupan sehari-hari.

 

VII.Metode dan alat Pembelajaran.

 

     A.Metode Pembelajaran.

        *Diskusi

        *Ceramah.

        *Demonstrasi.

 

    B.Alat Pembelajaran.

        Kartu kata-kata sukar.

        CD Proyektor.

        Gambar dan foto-foto.

      

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

         Buku Tafsir Al Quran Al Maroghi.

 

IX.Penilaian.

 

     A.Prosedur Penilaian.

        

         Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan dan tes tertulis

 

     B.Alat Penilaian.

        

        Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian dan pilihan ganda.

         Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

 

 

 

 

 

 

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

1.3.1

Uraian Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap toleransi    

1.3.2

Pilihan ganda Toleransi yang dimaksud dalam QS Al Kafirun ada

lah a,kerjasama b,saling membantu c,saling menghor

mati d,pembauran ajaran e,pertahanan aqidah

Jawabannya e

 

1.3.3

Uraian

Jelaskan bentuk pengamalan toleransi menurut QS

Yunus ayat 40-41.

 

 

1.3.4

Uraian

Jelaskan bentuk pengamalan toleransi menurut QS

Al Kahfi ayat 29.

 

 

1.3.5

Pilihan ganda

Contoh toleransi versi QS Al Kafirun misalnya

a.mengikuti ibadah agama lain. b.membantu fakir miskin non muslim. c.menyumbang pembangunan

gereja. d.membiarkan pengamalan ibadah penganut

agama lain. e.kerja sama membangun jembatan

Jawabannya d

 

1.3.6

Pilihan ganda

Contoh toleransi versi QS Yunus 40-41  misalnya

a.mengikuti ibadah agama lain. b.membantu fakir miskin non muslim. c.menyumbang pembangunan

gereja. d.membiarkan pengamalan ibadah penganut

agama lain. e.kerja sama membangun jembatan

Jawabannya d

 

1.3.7

Uraian

Berikan contoh nyata pengamalan toleransi menurut

QS Al Kahfi ayat 29.

   

1.3.8

Uraian

Praktekkan sikap toleransi menurut QS Al Kafirun

dalam pergaulan hidup sehari-hari.

   

1.3.9

Uraian

Praktekkan sikap toleransi menurut QS Yunus ayat 40-41 dalam pergaulan hidup sehari-hari.    

1.3.10

Uraian

Praktekkan sikap toleransi menurut QS Al Kahfi ayat

29 dalam pergaulan hidup sehari-hari.

   

                       

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                             

 RPP  4

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   2.Memahami ayat-ayat Al Quran tentang Etos kerja.

 

II.Kompetensi Dasar.

   2.1.Membaca QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

 

III.Materi Pembelajaran.

       1.Q S Al Mujadalah ayat 11.

       2.Q S Al Jum’ah ayat 9-10.

 

IV.Indikator.

2.1.1.Membaca QS al Mujadilah ayat 11

2.1.2.Membaca QS Al Jum’ah ayat 9-10.

2.1.3.Mengidentifikasi tajwid QS al Mujadilah  ayat 11

2.1.4.Mengidentifikasi tajwid QS al Jum’ah 9-10

 

V.Tujuan Pembelajaran.

Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat

1.Membaca dengan terampil; dan fasih Q S Al Mujadalah ayat 11.

2.Membaca dengan terampil; dan fasih Q S Al Jum’ah ayat 9

3.Membaca dengan terampil; dan fasih Q S Al Jum’ah ayat 10.

4.Mengidentifikasi tajwid Q S Al Mujadalah ayat 11.

5.Mengidentifikasi tajwid Q S Al Jum’ah ayat 9

6.Mengidentifikasi tajwid Q S Al Jum’ah ayat 10.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

A. Appersepsi.

         *Memberi pertanyaan kepada siswa tentang siapa yang sudah bisa membaca Al Quran dan siapa

           yang belum.

         *Memberi pertanyaan kepada siswa tentang siapa yang sudah membiasakan  membaca Al Quran

           di rumah dan siapa yang belum.

         *Memberikan tugas kepada siswa untuk mencoba membaca QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

         *Memberi tugas kepada siswa untuk mencoba menyebutkan beberapa hukum bacaan yang terda

           pat dalam QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

B.Inti Pembelajaran.    

        *Mendemonstrasikan cara membaca yang benar dan fasih QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

        *Menkaji hukum bacaan yang terdapat dalam QS Al Mujadalah 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

        *Mencari contoh-contoh lafalz lain yang mengandung hukum bacaan seperti yang terkandung

           dalam QS Al Mujadalah ayat 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10.

C.Penutup.

        *Mengambil kesimpulan dari pembahasan materi.

        *Menugasi siswa untuk membaca ayat-ayat untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai

           materi pembelajaran.

        *Memberi pertanyaan secara lesan kepada siswa untuk mengukur pencapaian keberhasilan pem-

          lajaran siswa.

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.      

       A.Metode Pembelajaran.

         Demonstrasi

         Ceramah

         Dialog.

     B.Alat Pembelajaran

         Kartu kata / kartu huruf

         Lembaran teks ayat Al Quran.

 

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

 

IX.Penilaian.

 

     A.Prosedur Penilaian.

Penilaian terdiri dari tes lesan dan tes tertulis

     B.Alat Penilaian.

         Tes tertulis terdiri dari tes uraian dan pilihan ganda.

 

Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

2.1.1

Uraian QS Al Mujadalah ayat 11 berawal dengan lafalz…  

2.1.2

Pilihan ganda Ta’lamuun adalah akhir dari a.al Jum’ah 9 b.alJumah 10 c.Mujadalah 9 d.Mujadalah 10 e.Mujadalah 11.

 

2.1.3

Uraian

Sebutkan hokum bacaan yang kau ketahui pada lafal QS Al Mujadalah ayat 11 !

 

2.1.4

Uraian

Sebutkan hokum bacaan yang kau ketahui pada lafal QS Al Jum’ah ayat 10 !

 

2.1.1

Pilihan ganda

QS Al Mujadalah 11 berakhir dengan lafal  a.khobiir, b.ta’lamuun, c.tuflihuun, d.’aliim, e.ta’maluun

 

2.1.2

Pilihan ganda

Lafalz pertama QS Al Jum’ah 10 adalah a.Wa b.Inna c.Yaa ayu haa d.Idza e.hatta.

 

2.1.3

Uraian

Tunjukkan lafalz mad yang terdapat pada QS Mujadalah ayat 11  

2.1.4

Uraian

Tunjukkan bacaan ihfa’ yang terdapat pada QS al Jum’ah ayat 9  

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

                                                                       

RPP  5

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang Etos kerja

 

II.Kompetensi Dasar.

2.2.Menjelaskan arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

  

III.Materi Pembelajaran.

 Arti QS. Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

  

IV.Indikator.

2.2.1.Menerjemahkan kata kata yang terdapat dalam QS al Mujadilah   ayaty 11

     2.2.2.Menerjemahkan kata  kata yang terdapat dalam QS Al Jum’ah  9-10.

2.2.3.Menerjemahkan secara keseluruhan QS al Mujadilah  ayat 11

2.2.4.Menerjemahkan secara keseluruhan QS Al Jum’ah  9-10.

V.Tujuan Pembelajaran.

Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat

1.Menerjemahkan kata kata yang terdapat dalam QS al Mujadilah   ayaty 11

2.Menerjemahkan kata  kata yang terdapat dalam QS Al Jum’ah  9

3.Menerjemahkan kata  kata yang terdapat dalam QS Al Jum’ah  10

4.Menerjemahkan secara keseluruhan QS al Mujadilah  ayat 11

5.Menerjemahkan secara keseluruhan QS Al Jum’ah  9

6.Menerjemahkan secara keseluruhan QS Al Jum’ah  10

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

   A.Appersepsi.

      *Memberi tugas kepada siswa untuk membaca kembali  QS Al Mujadilah   ayaty 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10

      *Memberikan pertanyaan kembali kepada siswa tentang hukum-hukum bacaan yang terdapat dalam

        QS Al Mujadilah   ayaty 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10

  B.Inti Pembelajaran.

      *Memisahkan dan menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam QS Mujadilah   ayat 11

 *Memisahkan dan menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam QS Al Jum’ah ayat 9

 *Memisahkan dan menerjemahkan kata-kata yang terdapat dalam QS Al Jum’ah ayat 10

      *Menerjemahkan secara utuh  QS Mujadilah   ayat 11

 *Menerjemahkan secara utuh  QS Al Jum’ah ayat 9

      *Menerjemahkan secara utuh  QS Al Jum’ah ayat 10

      *Mendiskusikan makna yang terkandung dalam QS Mujadilah   ayat 11

      *Mendiskusikan makna yang terkandung dalam QS Al Jum’ah ayat 9

      *Mendiskusikan makna yang terkandung dalam QS Al Jum’ah ayat 10

 

   C.Penutup.

      *Mennyimpulkan hasil diskusi tentang makna QS Al Mujadilah 11 dan QS Al Jum’ah ayat 9-10

      *Memberikan pertanyaan secara lesan untuk mengukur pencapaian keberhasilan siswa dalam pem

        belajaran.

 

 

VII.Metode dan alat Pembelajaran.

 

     A.Metode Pembelajaran.

        *Diskusi

        *Ceramah.

        *Demonstrasi.

 

    B.Alat Pembelajaran.

        Kartu kata-kata sukar.

        CD Proyektor.

        Gambar dan foto-foto.

      

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

         Buku Tafsir Al Quran Al Maroghi.

IX.Penilaian.

       A.Prosedur Penilaian.

           Penilaian berupa test lesan dan penugasan

       B.Alat Penilaian.

           Lembar pengamatan.

 

NO

NAMA SISWA

Kemampuan

memisah kata

Menerjemahkan setiap kata

Menerjemah

kan ayat

Menyimpulkan

kandungan

NILAI AKHIR

 

1

 

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

E/D/C/B/A

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan nilai.

A = Amat baik dengan skor 90 – 100.

B = Baik dengan skor          80  – 89

C = Cukup dengan skor       70 – 79

D = Kurang dengan sekor    60 – 69

E = Amat kurang dengan sekor kurang dari 60.

Nilai Akhir = rata-rata nilai dari keempat komponen penilaian.      

 

 

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                      Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                            Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP .6

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang Etos kerja

II.Kompetensi Dasar.

   2.3.Membiasakan perilaku beretos kerja seperti terkandung dalam Q.S Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

III.Materi Pembelajaran.

     Q.S Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

IV.Indikator.

2.3.1.Menjelaskan etos kerja yang di ajarkan QS al Mujadilah  11.

2.3.2.Menjelaskan etos kerja yang di ajarkan QS al Jum’ah 9-10.

2.3.3.Memberikan contoh estos kerja menurut QS al Mujadilah 11.

2.3.4.Memberikan contoh estos kerja menurut QS al Jum’ah  9-10.

2.3.5.Mempraktekkan etos kerja menurut QS al Mujadilah ayat 11.

2.3.6.Mempraktekkan etos kerja menurut QS al Jum’ah ayat 9-10

V.Tujuan Pembelajaran.

Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menjelaskan pengertian Etos kerja

2.Menjelaskan pengertian Etos kerja yang diharapkan dalam QS al Mujadilah  11.

3.Menjelaskan pengertian Etos kerja yang diharapkan dalam QS al Jum’ah 9-10.

4.Memberikan contoh nyata etos kerja menurut  QS al Mujadilah  11.

5.Memberikan contoh nyata etos kerja menurut QS al Jum’ah 9-10.

6.Mengamalkan dalam kehidupan zaherí-hari etos kerja menurut QS al Mujadilah  11.

7.Mengamalkan dalam kehidupan zaherí-hari etos kerja menurut QS al Jum’ah 9-10.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

  A.Appersepsi.

      *Memberikan pertanyaan kembali tentang makna yang terkandung dalam Q.S Al Mujadalah : 11 dan QS. Al Jumuah : 9-10

 B.Inti Pembelajaran.

     *Mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan etos kerja menurut Q.S Al Mujadalah : 11

     *Mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan etos kerja menurut QS. Al Jumuah : 9-10

     *Mendiskusikan tentang kiat mengamalkan . etos kerja menurut Q.S Al Mujadalah : 11

     *Mendiskusikan tentang kiat mengamalkan . etos kerja menurut QS. Al Jumuah : 9-10

 C.Penutup.

     *Menyimpulkan hasil diskusi tentang etos kerja.

     *Memberikan pertanyaan secara lesan maupun tertulis tentang kiat – kiat pengamalan etos kerja

       dalam kehidupan sehari-hari.

VII.Metode dan alat Pembelajaran.

     A.Metode Pembelajaran.

        *Diskusi

        *Ceramah.

        *Demonstrasi.

    B.Alat Pembelajaran.

        CD Proyektor.

        Gambar dan foto-foto.

VIII.Sumber Bahan.

         Buku PAI untuk SMA Kelas XII

         Al Quiran dan Terjemahannya.

         Buku Pedoman Pelaksanaan MTQ Dep Dik Bud

         Buku Penyederhanaan Ilmu Tajwid karangan Abi Ashim

         Buku Tafsir Al Quran Al Maroghi.

IX.Penilaian.

     A.Prosedur Penilaian.

       Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan dan tes tertulis

      B.Alat Penilaian.

         Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian dan pilihan ganda.

         Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

2.3.1

Uraian

Jelaskan etos kerja menurut QS Al Mujadalah ayat11    

2.3.2

Uraian

Jelaskan etos kerja menurut QS Al Jum’ah 9-10

 

 

2.3.3

Uraian

Berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari

Orang yang memiliki etos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al Mujadalah ayat 11

 

 

2.3.4

Uraian

Berikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari

Orang yang memiliki etos kerja seperti yang terkandung dalam QS Al Jum’ah ayat 9-10

 

 

2.3.5

Pilihan ganda

Pengamalan QS Mujadalah 11 adalah dimilikinya etos kerja: a.seimbang antara iman dan ilmu, b.sembang antara dunia dan akherat.c.berusaha yang dsertai dengan berdoa, d.berdoa dan tawakal,

e seimbang antara ibadah dan bekerja

 

 

2.3.6

Pilihan ganda

Mengutamakan ibadah dari pada bekerja adalah etos kerja yang merupakan pengamalan dari a.QS Jum’ah ayat 9, b.QS Mujadalah 11, c.QS Jum’ah 10,d.Q S Al Mujadalah ayat 9, e.QS Al Mujadalah ayat 10.   

 

 

 

 

 

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

 

 

 

RPP 7

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 6 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   3.Meningkatkan keimanan kepada hari Akhir.

 

II.Kompetensi Dasar.

   3.1.Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimana terhadap hari Akhir.

 

III.Materi Pembelajaran.

     Iman kepada hari akhir.

 

IV.Indikator.

    3.1.1.Siswa dapat menjelaskan pengertian hari Akhir.

    3.1.2.Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda hari Akhir.

    3.1.3.Siswa dapat menyebutkan tahap-tahap hari Akhir.

    3.1.4.Siswa dapat menjelaskan gambaran kehidupan di alam neraka.

    3.1.5.Siswa dapat menggambarkan kehidupan di alam surga.

    3.1.6.Siswa dapat menjelaskan perilaku seseorang yang mencerminkan keimana kepada hari Akhir.

    3.1.7.Siswa dapat memberikan contoh perilaku seseorang yang beriman kepada hari Akhir.

    3.1.8.Siswa dapat menunjukkan dalil nakli yang berhubungan dengan hari Akhir.

 

V.TUJUAN PEMBELAJARAN.

    Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menjelaskan  pengertian Iman kepada hari Akhir.

2.Menjelaskan ruang lingkup hari Akhir yang dibahas dalam proses pembelajaran.

3.Menyebutkan tahap-tahap hari Akhir.

4.Menjelaskan yang terjadi dan dialami manusia pada masing-masing tahap hari Akhir tersebut

5.Mengetahui secara garis besar gambaran kehidupan di alam neraka.

6.Memiliki rasa takut dengan penderitaan di alam neraka.

7.Mengetahui secara garis besar gambaran kehidupan di alam surga.

8.Memiliki rasa tewrtarik terhadap kehidupan di alam surga.

9.Membedakan antara perilaku orang yang beriman terhadap hari Akhir dengan yang tidak .

10.Menunjukkan dalil-dali nakli yang berhubungan dengan Iman kepada hari Akhir.

11.Meningkatkan kadar imannya yang diujudkan dalam pengamalan sehari-hari.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

    A.Appersepsi.

        *Pre test.

        *Menyampaikan pertanyaan kepada siswa seputar pengetahuan etang hari Akhir.

    B.Inti Pembelajaran.

        *Membimbing siswa untuk mengkaji tentang :

-        Pengertian hari Akhir.

-        Tanda-tanda hari Akhir.

-        Tahap-tahap hari Akhir.

-        Gambaran kehidupan di alam neraka.

-        Gambaran kehidupan di alam surga. 

        *Membimbing siswa unuk menggali informasi ayat al Quran maupun Hadits seputar hari Akhir.

        *Mendiskusikan tentang

-        Perilaku seseorang yang mencerminkan keimanan kepada hari Akhir.

-        Contoh perilaku seseorang yang mencerminkan keimanan kepada hari Akhir. 

            _    Kiat mengupayakan agar kita bisa berperilaku yang mencerminkan keimanan kepada hari

                  Akhir.

   

     C.Penutup.

        Pos test.

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

     A.Metode Pembelajaran.

            Ceramah.

            Diskusi.

            Demonstrasi.

     B.Alat Pembelajaran.

        *VCD.

        *Foto-foto bencana alam.

 

VIII.Sumber bahan.

       Buku Pendidikan Agama Islam kelas XII.

       Buku Aqidah Islam karangan Syayid Syabiq.

       Lembar Kerja Siswa PAI.

 

IX.Penilaian.

      A. Prosedur Penilaian.

       Penilaian terdiri dari

            -Test lesan.

            -Test tertulis.

            -Pengamatan.

      B.Alat Penilaian.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

3.1.1.

Uraian

Jelaskan pengertian hari Akhir.    

3.1.2.

Uraian

Sebutkan tanda-tanda hari Akhir    

3.1.3.

Uraian

Urutkan tahap-tahap hari Akhir mulai dari tahap paling awal sampai tahap paling akhir    

3.1.4.

Uraian

Jelaskan gambaran kehidupan di alam neraka secara garis besarnya saja.    

3.1.5.

Uraian

Jelaskan gambaran kehidupan di alam surga secara garis besarnya saja.    

3.1.6.

Uraian

Jelaskan perilaku seseorang yang mencerminkan keimanan kepada hari Akhir    

3.1.7.

Uraian

Berikan contoh perilaku seseorang yang mencerminkan keimanan kepada hari Akhir    

3.1.8.

Uraian

Tunjukkan dalil nakli yang berhubungan  dengan iman kepada hari Akhir    

         

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

       

 

 

 

                                                                        RPP  8

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 4 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   4.Membiasakan perilaku terpuji

II.Kompetensi Dasar.

   4.1.Menjelaskan pengertian adil, ridha dan amal shaleh

   4.2.Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh

   4.3.Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dala m kehidupan sehari-hari

 

III.Materi Pembelajaran.

      Perilaku Adil, Ridlo dan Amal soleh.

IV.Indikator.

4.1.1.Menjelaskan pengertian Adil.

4.1.2.Menjelaskan pengertian Ridlo.

4.1.3.Menjelaskan pengertian Amal solehl.

4.2.1.Menunjukkan contoh perilaku adil

4.2.2.Menunjukkan contoh   perilaku  ridho .

4.2.3.Menunjukkan contoh perilaku amal soleh.

4.2.4.Menjelaskan cara membiasakan perilaku adil ridlo dan amal soleh

4.3.1.Menjadikan perilaku adil sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

4.3.2.Menjadikan perilaku ridho sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

        4.3.3.Menjadikan perilaku amal soleh sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

V.Tujuan Pembelajaran.

    Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari.

2.Menjelaskan pengertian perilaku adil.

3.Menjelaskan pengertian perilaku ridlo

4.Menjelaskan pengertian perilaku amal soleh.

5. Menunjukkan contoh perilaku adil

6.Menunjukkan contoh   perilaku  ridho

7.Menunjukkan contoh perilaku amal soleh.

8.Menjelaskan cara membiasakan perilaku adil ridlo dan amal soleh.

9. Menjadikan perilaku adil sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

10.Menjadikan perilaku ridho sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

11.Menjadikan perilaku amal soleh sebagai kebiasaan dalam kehidupansehari-hari

VI.Kegiatan Pembelajaran.

     A.Appersepsi

      -Memberi pengantar dengan penjelasan bahwa pengamalan dan penghayatan ajaran agama meliputi  Aqidah atau keimanan, ibadah dan juga tidak kalah pentingnya masalah akhlak.  

      -Memberikan pertanyaan kepada siswa sejauh mana pengetahuan mereka tentang akhlak

     B.Inti Pembelajaran.

         *Pertemuan pertama membahas materi yang meliputi

            -Pengertian perilaku adil.

            -Pengertian perilaku ridlo.

            -Pengertian perilaku amal soleh.

            -Contoh nyata perilaku adil.

            -Contoh nyata perilaku ridlo.

            -Contoh nyata perilaku amal soleh.

          *Pertemuan kedua membahas materi yang meliputi

            -Kiat untuk bisa membiasakan perilaku adil, ridlo dan amal soleh dalam kehidupan sehari-hari.

       C.Penutup.

            -Membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang baru saja dibahas dalam pembelajaran.

            -Pos tes 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

     A.Metode Pembelajaran.

            Ceramah.

            Dialogis.

            Demonstrasi.

     B.Alat Pembelajaran.

VIII.Sumber bahan.

       Buku Pendidikan Agama Islam kelas XII.

       Lembar Kerja Siswa PAI.

IX.Penilaian.

      A. Prosedur Penilaian.

       Penilaian terdiri dari

            -Test lesan.

            -Test tertulis.

            -Pengamatan.

      B.Alat Penilaian.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

4.1.1

Uraian

Jelaskan pengertian perilaku adil !    

4.1.2

Uraian

Jelaskan pengertian perilaku ridlo !    

4.1.3

Uraian

Jelaskan pengertian perilaku amal soleh !    

4.2.1

Uraian

Berikan contoh nyata perilaku adil.    

4.2.2

Uraian

Berikan contoh nyata perilaku ridlo.    

4.2.3

Uraian

Berikan contoh nyata perilaku amal soleh    

4.2.4

Uraian

Apa yang bias kita lakukan untuk membiasakan perilaku adil, ridlo dan amal soleh dalam kehidupan sehari-hari ? Jelaskan    

4.3.1

Uraian

Praktekkan sikap adil dalam kehidupan sehari-hari !.    

4.3.2

Uraian

Praktekkan sikap ridlo dalam kehidupan sehari-hari !.    

4.3.3

Uraian

Praktekkan sikap amal soleh dalam kehidupan sehari-hari !.    

         

 

                                                                                                                        Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

       

        

 

RPP  9

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 6 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   5. Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.

 

II.Kompetensi Dasar.

   5.1.Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam

 

III.Materi Pembelajaran.

     Ketentuan hukum perkawinan dalam Islam

 

IV.Indikator.

5.1.1.Menjelaskan pengertian Munakahat.

5.1.2.Menyebutkan hukum perkawinan dalam Islam

5.1.3.Menyebutkan tujuan pernikahan dalam Islam.

5.1.4.Menyebutkan Rukun Nikah.

5.1.5.Menjelaskan hak dan kuajiban suami dan isteri.

5.1.6.Menyebutkan orang-orang yang termasuk ke dalam muhrim.

5.1.7.Menjelaskan pengertian Talak.

5.1.8.Menjelaskan macam-macam talak.

5.1.9.Menjelaskan pengertian Hadanah.

        5.1.10.Menjelaskan pengertian masa Iddah.

        5.1.11.Menjelaskan pengertian Ruju’.

  

V.Tujuan Pembelajaran.

    

    Dengan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1. Menjelaskan pengertian Munakahat.

2.Menyebutkan hukum perkawinan dalam Islam

3.Menyebutkan tujuan pernikahan dalam Islam.

4.Menyebutkan Rukun Nikah.

5.Menjelaskan hak dan kuajiban suami dan isteri.

6.Menyebutkan orang-orang yang termasuk ke dalam muhrim

7.Menjelaskan pengertian Talak

8.Menjelaskan macam-macam talak

9.Menjelaskan pengertian Hadanah.

10.Menjelaskan pengertian masa Iddah

     11.Menjelaskan pengertian Ruju’.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

    

     A.Appersepsi.

        

         *Memberikan pertanyaan kepada siswa untuk sekedar menjajaki sejauh mana pengetahuan siswa

           tentang pernikahan.

    

     B.Inti Pembelajaran.

        

         Pertemuan Pertama membahas materi yang meliputi

            -Pengertian Munakahat.

            -Hukum perkawinan dalam Islam.

            -Tujuan pernikahan menurut Islam.

            -Rukun Nikah.

         Pertemuan kedua membahas materi yang meliputi

            -Hak dan kuajiban suami-isteri.

       -Orang-orang yang termasuk ke dalam muhrim

-Pengertian Talak

-Macam-macam talak

          Pertemuan ke tiga membahas materi yang meliputi

            -Pengertian Hadanah.

       -Pengertian masa Iddah

       -Pengertia Ruju’.

    

      C.Penutup.

         

          Membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran yang baru saja dibahasnya.

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

 

       A.Metode Pembelajaran.

           

            Ceramah.

            Dialogis.

            Demonstrasi.

            Sosio drama

    

        B.Alat Pembelajaran.

          

            Skema materi pokok.

            Denah posisi personil dalam proses akat nikah.

            Gambar-gambar keluarga bahagia yang Islami.

 

VIII.Sumber bahan.

 

Buku PAI Karangan  MS Wawan Junaedi MA milik Departemen Agama RI Untuk SMA kelas XII  Buku fikih Islam karangan Sulaiman Rosyid

LKS PAI semester gasal

Buku Kompilasi hokum Islam

 

IX.Penilaian.

   

      A.Prosedur Penilaian.

      

       Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan dan tes tertulis

    

      B.Alat Penilaian.

       

         Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian dan pilihan ganda.

 

 

 

 

Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR BENTUK SOAL BUTIR SOAL KETERANGAN  
5.1.1 Uraian Jelaskan apa yang dimaksud dengan Munakahat ?    
5.1.2 Pilihan ganda Hukum asal dari pada nikah menurut Islam adalah

a.wajib, b.sunnah, c.jaiz, d.makruh, e.haram.

   
5.1.3 Uraian Sebutkan tujuan nikah menurut ajaranIslam !    
5.1.4 Pilihan ganda Salah satu dari rukun nikah misalnya a.wali dari calon mempelai pria, b.tiga orang saksi, c.sumber ekonomi yang pasti, d.calon mempelai wanita, e harta untuk nafkah.    
5.1.5 Uraian Sebutkan hak dan kuwajiban sebagai seorang isteri dan seorang suami !.    
5.1.6 Pilihan ganda Salah satu dari orang yang termasuk ke dalam mukhrim misalnya a.saudara tiri, b.saudara sepupu

c.adik ipar, d.anak angkat, e.saudara sesusuan.

   

5.1.7

Uraian

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Talak !.

 

 

5.1.8

Uraian

Sebutkan macam-macam talak!.

 

 

5.1.9

Uraian

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Hadanah ?.

 

 

5.1.10

Uraian

Apa yang dimaksud dengan masa Iddah ? Jelaskan!

 

 

5.1.11

Uraian

Apa yang dimaksud dengan Ruju’ ? Jelaskan !.

 

 

 

 

Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP  10

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 4 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

   5. Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga.

 

II.Kompetensi Dasar.

   5.2.Menjelaskan hikmah perkawinan

   5.3.Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

 

III.Materi Pembelajaran.

      Hikmah perkawinan

      Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

 

IV.Indikator.

 

5.2.1.Menyebutkan hikmah perkawinan

5.2.2.Menjelaskan resiku orang tidak menikah.

5.3.1.Menjelaskan aturan pernikahan menurut  UU No 1 Tahun 1974.

5.3.2.Membedakan antara ketentuan pernikahan menurut Islam dengan menurut UU No 1 1

 

V.Tujuan Pembelajaran.

    Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menyebutkan nilai-nilai positif dari pada pernikahan

2.Menyebutkan keburukan-keburukan dari pada orang yang tidak menikah.

3.Menjelaskan aturan pernikahan menurut  UU No 1 Tahun 1974.

4.Membedakan antara ketentuan pernikahan menurut Islam dengan menurut UU No 1 tahun 1974.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

    

     A.Appersepsi.

        

         *Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu

    

     B.Inti Pembelajaran.

        

         Pertemuan Pertama membahas materi yang meliputi

            -Hikmah perkawinan.

            -UU No 1 Tahun 1974 tentang ketentuan pernikahan

         Pertemuan kedua membahas materi melanjutkan pertemuan yang lalu yaitu

       -UU No 1 Tahun 1974 tentang ketentuan pernikahan

    

      C.Penutup.

        

 Di Akhir pertemuan digunakan untuk ulangan harian         

         

 

 

 

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

 

       A.Metode Pembelajaran.

           

            Ceramah.

            Dialogis.

            Demonstrasi.

            Sosio drama

    

        B.Alat Pembelajaran.

          

            Skema materi pokok.

            Denah posisi personil dalam proses akat nikah.

            Gambar-gambar keluarga bahagia yang Islami.

 

VIII.Sumber bahan.

 

Buku PAI Karangan  MS Wawan Junaedi MA milik Departemen Agama RI Untuk SMA kelas XII  Buku fikih Islam karangan Sulaiman Rosyid

LKS PAI semester gasal

Buku Kompilasi hokum Islam

 

IX.Penilaian.

   

      A.Prosedur Penilaian.

      

       Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan dan tes tertulis

    

      B.Alat Penilaian.

       

         Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian dan pilihan ganda.

Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

5.2.1

Uraian

Sebutkan hikmah perkawinan menurut ajaran Islam!    

5.2.2

Pilihan ganda

Keburukan orang yang tidak menikah satu di antaranya a.berdosa, b.tidak punya keturunan, c.dibenci oleh Allah, d.terkucil di masyarakat e.tidak di akui sebagai ummat Muhammad SAW. 

 

 

5.3.1

Uraian

Jelaskan Aturan pernikahan menurut UU No 1 tahun 1974

 

 

5.3.2

Uraian

Sebutkan perbedaan antara aturan pernikahan menurut Islam dengan UU No 1 Tahun 1974 !

 

 

 

 

Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

RPP  11

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 2 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

  6.Memahami Perkembangan

 

II.Kompetensi Dasar.

  6.1.Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

 

III.Materi Pembelajaran.

Perkembangan Islam di Indonesia

 

IV.Indikator.

 

6.1.1.Menjelaskan kapan masuknya Islam di Indonesia.

6.1.2.Menjelaskan melalui cara apa Islam masuk ke Indonesia.

6.1.3.Menjelaskan pengerian bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur Utara dan Selatan

6.1.4.Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam masuk dan berkembangnya Islam di                    

         Indonesia.

        6.1.5.Menjelaskan peranan umat Islam dalam kehidupan bagi bangsa Indonesia.

 

   V.Tujuan Pembelajaran

       Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

       1.Menjelaskan sejak kapan agama Islam memasuki kepulauan Indonesia.

       2.Menjelaskan melalui cara apa agama Islam memasuki wilayah Indonesia.

     3.Menjelaskan pengerian bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur Utara dan Selatan

     4.Menyebutkan tokoh-tokoh yang berperan dalam masuk dan berkembangnya Islam di                   

         Indonesia.

     5.Menjelaskan peranan umat Islam dalam kehidupan bagi bangsa Indonesia

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

    

     A.Appersepsi.

         *Memberikan pertanyaan kepada siswa sekedar untuk menjajaki sejauh mana pengetahuan

           mereka tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia.  

    

     B.Inti Pembelajaran.

         *Memberi tugas kepada siswa untuk menggali informasi tentang sejarah masuk dan

           berkembangnya Islam di Indonesia.

    *Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan materi yang berkaitan dengan sejarah masuk dan

      berkembangnya Islam di Indonesia.   

    

      C.Penutup.

         *Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang masuk dan berkembangnya

           Islam di Indonesia.

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

 

       A.Metode Pembelajaran.

           

            Ceramah.

            Diskusi

            Penugasan

    

        B.Alat Pembelajaran.

            Peta dunia

            Gambar-gambar para tokoh

 

VIII.Sumber bahan.

 

Buku PAI Karangan  MS Wawan Junaedi MA milik Departemen Agama RI Untuk SMA kelas XII Buku Masuknya Islam ke Indonesia karanganYusuf Abdullah Puar

LKS PAI Semester gasal

 

IX.Penilaian.

   

      A.Prosedur Penilaian.

      

       Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan    

    

B.Alat Penilaian.

       

         Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian

Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

6.1.1

Uraian

Jelaskan kapan agama Islam masuk ke Indonesia ?    

6.1.2

Uraian

Dengan melalui cara apa Islam bias masuk ke Indonesia ? Jelaskan !.

 

 

6.1.3

Uraian

Jelaskan maksudnya bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur Utara dan jalur Selatan !

 

 

6.1.4

Uraian

Sebutkan siapa tokoh-tokoh terkenal yang berperan dalam sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia.

 

 

6.1.5

Uraian

Jelaskan peranan ummat Islam dalam kehidupan bangsa Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

 

Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

           

 

RPP  12

 

                                                Nama Sekolah     : SMA Negeri 1 Slawi

                                                Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Isdlam

                                                Kelas / Semester  : XII / Gasal

                                                Alokasi waktu      : 4 X 45 menit

                                                Tahun Pelajaran  : 2009/2010

 

I.Standar Kompetensi :

  6.Memahami Perkembangan Islam di Indonesia

 

II.Kompetensi Dasar.

    6.2.Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia

    6.3.Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia

 

III.Materi Pembelajaran.

      Perkembangan Islam di Indonesia

 

IV.Indikator.

 

6.2.1.Menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia.

6.2.2.Menunjuikkan contoh  perkembangan Islam di Indonesia

6.3.1.Mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di indonesia.

 

6.3.2.Menyebutkan hikmah perkembangan Islam di indonesia

 

V.Tujuan Pembelajaran.

  

 Melalui pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :

1.Menjelaskan cirri-ciri perkembangan Islam di Indonesia.

2.Menjelaskan bukti nyata adanya perkembangan Islam di Indonesia.

3.Menyebutkan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.

4.Menyebutkan pengaruh positif bagi bangsa Indonesia atas perkembangan Islam di Indonesia.

5.Membedakan kondisi kehidupan bangsa Indonesia antara sebelum dan sesudah berkembangnya Islam  di Indonesia.

 

VI.Kegiatan Pembelajaran.

    

     A.Appersepsi.

        

*Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi pembelajaran pada pertemuan yang lalu

    

     B.Inti Pembelajaran.

        

         Pertemuan pertama

         *Memberi tugas kepada siswa untuk menggali informasi tentang ciri-ciri   berkembangnya Islam   

           di Indonesia dan hikmah berkembangnya Islam di Indonesia.

    *Dengan bimbingan guru siswa mendiskusikan materi yang berkaitan dengan ciri-ciri dan hikmah

       berkembangnya Islam di Indonesia.

          Pertemuan kedua digunakan untuk ulangan harian

     

      C.Penutup.

       

          *Pos tes

 

 

VII.Metode dan Alat Pembelajaran.

 

       A.Metode Pembelajaran.

           

            Ceramah.

            Diskusi

            Penugasan

    

        B.Alat Pembelajaran.

            Peta dunia

            Gambar-gambar para tokoh

 

VIII.Sumber bahan.

 

Buku PAI Karangan  MS Wawan Junaedi MA milik Departemen Agama RI Untuk SMA kelas XII Buku Masuknya Islam ke Indonesia karanganYusuf Abdullah Puar

LKS PAI Semester gasal

 

IX.Penilaian.

   

      A.Prosedur Penilaian.

      

       Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan siswa dalam menyerap materi pembelajaran maka dipergunakan  penilaian yang terdiri dari tes lesan  dan tertulis.  

    

B.Alat Penilaian.

       

         Alat yang digunakan untuk menghetahui tingkat pencapaian indicator indicator dalam proses pembelajaran ini menggunakan instrument tes tertulis yang terdiri dari tes uraian dan pilihan  

Sebagian dari instrument tersebut bias dilihat dalam table di bawah ini !.

 

INDIKATOR

BENTUK SOAL

BUTIR SOAL

KETERANGAN

 

6.2.1

Uraian

Jelaskan cirri-ciri perkembangan Islam di Indonesia !    

6.2.2

Uraian

Berikan contoh nyata suatu kejadian yng menunjukkan adanya perkembangan Islam di Indonesia !

 

 

6.3.1

Uraian

Perubahan apa yang dapat kita lihat dalam kehidupan bangsa Indonesia akibat perkembangan Islam di Indonesia ? Jelaskan

 

 

6.3.2

Uraian

Sebutkan Hikmah dari pada perkembangan Islam di Indonesia.

 

 

 

 

 

Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

           

 

 

PROGRAM TAHUNAN

 

 

MATA PELAJARAN             : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KELAS                                      : XII

SEMESTER                              : GASAL

TAHUN PELAJARAN           : 2009/2010

 

NO SEMESTER

STANDAR KOMPETENSI

ALOKASI WAKTU

1

GASAL

1. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang anjuran

    bertoleransi

6 Jam

2   2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang Etos kerja

6 jam

3   3.Meningkatkan keimanan kepada hari Akhir

6 jam

4   4.Membiasakan perilaku terpuji

4 jam

5   5. Memahami hukum Islam tentang hukum

    keluarga.

10 jam

6   5. Memahami hukum Islam tentang hukum

    keluarga.

6 jam

   

 

Jumlah

 

38 jam

7

GENAP

7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang pengembangan IPTEK

4 jam

8   8..Meningkatkan keimanan kepada Qadha’ dan Qadhar   

4 jam

9   9.Membiasakan perilaku terpuji      

2 jam

10   10. Menghindari perilaku tercela 

4 jam

11   11.       Memahami Hukum Islam tentang Waris

8 jam

12   12. Memahami perkembangan Islam di dunia

6 jam

   

 

Jumlah

 

28 jam

   

 

Jumlah total

 

66 jam

 

 

Slawi  13 Juli 2009

                                    Mmengetahui

                        Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                         Guru Mapel

 

 

 

                     Dra Sri Rejekiningsih,M Pd                                                             Djumadi

                              Pembina Tingkat I                                                     NIP 131131221

                                NIP 130815343                  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: