Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP INGGRIS XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 1

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 1

Alokasi waktu         : 4 Pertemuan ( 8 x 45 menit)

 

 

I.     Standar Kompetensi

      Mendengarkan

      1.   Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Berbicara

  1. Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

Pertemuan 1

1.1 Kompetensi Dasar

1. Mendengarkan           

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur  : menyampaikan pendapat.

 

   3. Berbicara

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyampaikan pendapat.

 

1.2 Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyampaikan pendapat
  5. Merespon tindak tutur  menyampaikan pendapat.
  6. Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat

 

1.3 Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyampaikan pendapat
  5. Merespon tindak tutur  menyampaikan pendapat.
  6. Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat

 

1.4 Materi Pembelajaran

1.1  Mendengarkan

3.1  Berbicara

– Mengungkapkan pendapat

               mis.   A: I think this is great.

             B: I think so too.

 


Pertemuan 2

2.1  Kompetensi Dasar

   1.  Mendengarkan          

      1.1       Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  meminta pendapat.

 

   3. Berbicara

      3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: meminta pendapat.

 

2.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  meminta pendapat
  5. Merespon tindak tutur  meminta pendapat.
  6. Menggunakan tindak tutur meminta pendapat

 

2.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  meminta pendapat
  5. Merespon tindak tutur  meminta pendapat.
  6. Menggunakan tindak tutur meminta pendapat

 

2.4  Materi Pembelajaran

1.1  Mendengarkan

3.1  Berbicara

– Meminta pendapat

mis.      A: What do you think about it?

             B:  I think it’s a good idea.

Pertemuan 3

3.1      Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan          

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menyatakan puas.

 

   3. Berbicara

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan puas.

 

3.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan puas
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan puas.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan puas.

 


3.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan puas
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan puas
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan puas.

 

3.4  Materi Pembelajaran

1.1 Mendengarkan

3.1 Berbicara

  • Menyatakan puas

mis.   A: I can’t think of anything better.

          B: Thank you for your compliment, Sir. 

 

Pertemuan 4

4.1  Kompetensi Dasar

1. Mendengarkan           

1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur :  menyatakan tidak puas.

 

   3. Berbicara

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: : menyatakan tidak puas.

 

4.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan tidak puas
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan tidak puas.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan tidak puas

 

4.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan tidak puas
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan tidak puas.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan tidak puas

 

4.4  Materi Pembelajaran

1.1 Mendengarkan

3.1 Berbicara

  • Menyatakan tidak puas  

mis.   A: I’m not happy about it.

          B: Please give me a second chance, Sir.

 

 

II.    Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Siswa diberi contoh beberapa ungkapan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

 

 

10’

 
Kegiatan Inti

1. Mendengarkan

  • Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
  • Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
  • Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok

2. Berbicara

  • Bermain peran secara berpasangan
  • Siswa membuat dialog pendek tentang ungkapan yang diajarkan.

 

 

 

10’

 

15’

 

15’

 

 

 

10’

15’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

10’

 

5’

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      :  –  English Text in Use

–  Look a Head

–  LKS, Copied material

 

IV.  Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

 – Tugas kelompok

 

Berbicara

 – Tugas kelompok

 

a.  Kuis

b.  Bermain peran

 

 

a.  Tugas

b.  Bermain peran

 

  1. Write down the respond to the dialogue which are listened.
  2. Practice the dialogue in front of the class.

 

  1. Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher.
  2. Practice the dialogue in front of the class.

     

 

 

 

 

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

                                                                                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rpp1/XI/Smt2/Expression 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 2

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 1

Alokasi waktu         : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)

 

 

I.      Standar Kompetensi

      Mendengarkan

2.   Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Berbicara

  1. Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Pertemuan 5

5.1  Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan          

1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.

 

3. Berbicara

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.

5.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menasihati
  5. Merespon tindak tutur  menasihati.
  6. Menggunakan tindak tutur menasihati

 

5.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menasihati
  5. Merespon tindak tutur  menasihati.
  6. Menggunakan tindak tutur menasihati

 

5.4  Materi Pembelajaran

1. 2 Mendengarkan

3. 2  Berbicara

–     menasihati  

mis. A: You’d better do it now.

       B: I will. 

.


 

Pertemuan 6

    Kompetensi Dasar

1  Mendengarkan          

1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : meperingatkan.

 

   3. Berbicara

1.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur  : meperingatkan.

    Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  memperingatkan
  5. Merespon tindak tutur  memperingatkan.
  6. Menggunakan tindak tutur memperingatkan

 

    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  memperingatkan
  5. Merespon tindak tutur  memperingatkan.
  6. Menggunakan tindak tutur memperingatkan

 

    Materi Pembelajaran

1.2 Mendengarkan

3.2 Berbicara

  • Memperingatkan

mis. A: Don’t forget to bring the food with you.

       B: I won’t.

 

Pertemuan 7

7.1  Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan         

1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : meluluskan permintaan.

 

3.    Berbicara

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: meluluskan permintaan.

7.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  meluluskan permintaan
  5. Merespon tindak tutur  meluluskan permintaan.
  6. Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan

 

7.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  meluluskan permintaan
  5. Merespon tindak tutur  meluluskan permintaan.
  6. Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan

 

7.4  Materi Pembelajaran

1. 2 Mendengarkan

3. 2         Berbicara

  • Meluluskan permintaan

mis. A: You may go.

  B: You’re the best, Dad. 

 

Pertemuan 8

8.1  Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan         

1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.

 

3. Berbicara

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan jengkel.

8.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan relief
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan relief.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan relief

 

8.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan relief
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan relief.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan relief

 

8.4  Materi Pembelajaran

1.2 Mendengarkan

3.2          Berbicara

  • Menyatakan perasaan

–    Relief

mis.    A: I feel so relieved.

                 B: I can see that.

 

Pertemuan 9

9.1  Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan         

1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : pain.

 

2. Berbicara

3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu r: pain.

9.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan pain
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan pain.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pain

 

9.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan pain
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan pain.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pain

 

9.4  Materi Pembelajaran

1. 2 Mendengarkan

3. 2         Berbicara

Pain

 mis. A: Ouch! It hurts so much. 

         B: Oh, you poor thing. 

 

Pertemuan 10

10.1   Kompetensi Dasar

1.  Mendengarkan       

1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : pleasure.

 

         3. Berbicara

3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu r: pleasure.

10.2   Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan pleasure
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan pleasure.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pleasure

 

10.3   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan pleasure
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan pleasure.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan pleasure

 

10.4   Materi Pembelajaran

Mendengarkan

Berbicara

–    Pleasure

mis. A: I’m so pleased.

B:  I’m glad you like it.

 

 

 

 

II.     Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Siswa diberi contoh beberapa ungkapan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

 

 

10’

 
Kegiatan Inti

1. Mendengarkan

  • Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
  • Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
  • Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok

2. Berbicara

  • Bermain peran secara berpasangan
  • Siswa membuat dialog pendek tentang ungkapan yang diajarkan.

 

 

 

10’

 

15’

 

15’

 

 

 

10’

15’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

10’

 

5’

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

IV.   Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

 – Tugas kelompok

 

Berbicara

 – Tugas kelompok

 

  1. Kuis
  2. Bermain peran

 

  1. Tugas
  2. Bermain peran
 

  1.    Write down the respond to the dialogue which are listened.

  2.    Practice the dialogue in front of the class.

 

  3.    Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher.

  4.    Practice the dialogue in front of the class.

     

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

 

Rrpp2/XI/Smt2Eexpression


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 3

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 1

Alokasi waktu         : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)

 

 

I.     Standar Kompetensi

2. Mendengarkan

      2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

4. Berbicara

4 Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,descriptive dan news item sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 11

11.1Kompetensi Dasar

2. Mendengarkan           

2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  pengumuman resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

4. Berbicara

4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

11.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

11.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

11.4Materi Pembelajaran

2.1 Mendengarkan

4.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Pengumuman Lisan

 

Pertemuan 12

12.1Kompetensi Dasar

2. Mendengarkan     

2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  iklan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

4. Berbicara

4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek iklan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

12.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

12.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

12.4Materi Pembelajaran

2.1 Mendengarkan

4.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Iklan Lisan

 

Pertemuan 13

13.1    Kompetensi Dasar

2. Mendengarkan        

2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana   undangan  resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

4. Berbicara

4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek undangan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

13.2    Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

13.3    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

13.4    Materi Pembelajaran

2.1 Mendengarkan

4.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Undangan Lisan

 

II.    Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

1.  Membaca

  • Mengidentifikasi beberapa pengumuman / iklan / undangan tertulis di tempat umum secara berkelompok.
  • Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok

2. Menulis

  • Membuat draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Mengoreksi draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Menyempurnakan pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya  di kelas /sekolah2. 

 

 

 

20’

 

50’

 

 

30’

20’

20’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

5’

 

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      :  –     English Text in Use

–     Look a Head

–     LKS, Copied material

 

IV.  Penilaian

      Pertemuan 1

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

 Tugas kelompok

 

Berbicara

Tugas kelompok

 

  1. Kuis

 

  1. Tugas

 

 

1.    Read the text in the right intonation loudly
2.    Answer the question based on the text.

 

3.    Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher.

     

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rrpp3/XI/Smt2/functional monolog


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 4

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 2. Mendengarkan

                                 4. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)

 

 

I.      Standar Kompetensi

2. Mendengarkan

2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk report ,narrative,analyticalexposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

4. Berbicara

4. Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk report ,narrative,analyticalexposition sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 14 dan 15

14.1Kompetensi Dasar

Mendengarkan

2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: report.

 Berbicara

4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.

14.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. mempublikasikan teks.

14.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. Mempublikasikan teks

14.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk report

–        

Pertemuan 16 dan 17

16.1Kompetensi Dasar

Mendengarkan

2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative.


Berbicara

4.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.

16.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. mempublikasikan teks.

16.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. Mempublikasikan teks

16.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk narative

–        

Pertemuan 18 dan 19

18.1Kompetensi Dasar

  Mendengarkan          

2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: analytical exposition.

10. Berbicara

4. 2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: analytical exposition.

18.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. mempublikasikan teks.

18.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. Mempublikasikan teks

18.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk analytical exposition.

II.     IV. Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang penting yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

1.  Mendengarkan

  • Membaca  nyaring bermakna teks report/narrative/analytical exposition secara individu
  • Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks,  secara berkelompok.

2. Menulis

  • Berlatih menggunakan tense  untuk menyatakan peristiwa/mendiskripsikan sesuatu/menyamapikan argumen.
  • Membuat draft teks report/narrative/analytical exposition item dengan melakukan chain writing.
  • Melakukan koreksi  teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
  • Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.

 

 

15’

 

50’

 

 

15’

20’

15’

15’

 
Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  2. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

15’

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

IV.   Penilaian

 

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

– Tugas kelompok

 

 

Berbicara

– Tugas kelompok

 

  1. Kuis
  2. Bermain peran

 

 

  1. Tugas
  2. Bermain peran
 

a.  Write down main idea of the text which is listened.

b.  Answer the question based on the text..

 

 

 

c.  Make a short text based on the situation given by the teacher.

d.  Practice to tell the story to the other students in front of the class.

 

 

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rrpp4/XI/Smt2/teks monolog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 5

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 5. Membaca

                                 6. Menulis

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 2 Pertemuan ( 4 x 45 menit)

 

 

I.       Standar Kompetensi

      Membaca

5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Menulis

6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 20

20.1Kompetensi Dasar

Membaca

5.1          Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Menulis

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

20.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

20.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

20.4Materi Pembelajaran 

– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet 

 

Pertemuan 21

21.1Kompetensi Dasar

Membaca

5.1          Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

.

Menulis

6.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

 

21.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

21.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

21.4Materi Pembelajaran 

Teks tulis sederhana banner, poster, pamphlet.

 

II.     Strategi Pembelajaran

 

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

  1.     Membaca

  • Mengidentifikasi beberapa pengumuman/iklan/ undangan  tertulis di tempat umum secara berkelompok.
  • Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok

  2.    Menulis

  • Membuat draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Mengoreksi draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Menyempurnakan pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya  di kelas /sekolah2. 

 

 

 

20’

 

50’

 

30’

20’

20’

 
Penutup

  1.    Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.

  2.    Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

5’

 

 


III.    Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

 

IV.   Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Membaca

– Tugas kelompok

 

Menulis

– Tugas kelompok

 

  • Kuis

 

 

  • Tugas
 

1.    Read the text in the right intonation loudly
2.    Answer the question based on the text.

 

3.    Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher.
 

     

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rpp5/XI/Smt1/functional written text


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 6

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 5. Membaca

                                 6. Menulis

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 9 Pertemuan ( 18 x 45 menit)

 

 

I.     Standar Kompetensi

      11.  Membaca

11. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

12. Menulis

12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

 

Pertemuan 22 s.d 24

23.1   Kompetensi Dasar

Membaca

5.2     Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report.

Menulis

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.

23.2   Indikator

 

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

23.3   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

23.4   Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk report.

Pertemuan 25 s.d 27

26.1Kompetensi Dasar

Membaca

5.2     Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk :narrative.

Menulis

6.2 Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : narrative.


26.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

26.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

26.4Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk narrative.

 

Pertemuan 28 s.d 30

29.1Kompetensi Dasar

Membaca

11.2   Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : analytical exposition.

Menulis

12.2    Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : analytical exposition.

29.2Indikator

 

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

29.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

29.4Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk analytical exposition.

 

II.    Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang penting yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
  • Kegiatan Inti

1.  Mendengarkan

  • Membaca  nyaring bermakna teks report/narrative/analytical exposition secara individu
  • Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks,  secara berkelompok.

2. Menulis

  • Berlatih menggunakan kalimat  past  tense  untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan petunjuk.
  • Membuat draft teks report/narrative/analytical exposition dengan melakukan chain writing.
  • Melakukan koreksi  teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
  • Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.

 

 

15’

 

50’

 

 

15’

20’

15’

15’

 
Penutup

       1.    Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.

       2.    Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

15’

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      :     –    English Text in Use

           –    Look a Head

           –    LKS, Copied material

 

 

IV.  Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Membaca
  • Tugas kelompok

 

Menulis
  • Tugas kelompok
 

  • Kuis

 

 

  • Tugas

 

 

1.    Read the text in the right intonation loudly
2.    Answer the question based on the text.

 

3.    Make a short text about a report/narrative/analytical exposition text based on the situation given by the teacher.
 

 

 

 

 

 

           

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 1

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)

 

 

V.   Standar Kompetensi

      7. Mendengarkan

7.   Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

8. Berbicara

  1. Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

 

Pertemuan 1

1.5 Kompetensi Dasar

7. Mendengarkan           

7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menyatakan sikap terhadap sesuatu.

 

   8. Berbicara

8.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu.

 

1.6 Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan sikap terhadap sesuatu
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan sikap terhadap sesuatu.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu

 

1.7 Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan sikap terhadap sesuatu
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan sikap terhadap sesuatu.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan sikap terhadap sesuatu

 

1.8 Materi Pembelajaran

7.1  Mendengarkan

8.1  Berbicara

  • o menyatakan sikap terhadap sesuatu
    • o  mis. A: I’m against the idea.

                               B: I can’t agree more. 

 

 


Pertemuan 2

        Kompetensi Dasar

   7.  Mendengarkan          

      7.2       Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menyatakan perasaan cinta.

 

   3. Berbicara

      8.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan cinta.

 

        Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan cinta
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan cinta.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta

 

        Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan cinta
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan cinta.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan cinta

 

        Materi Pembelajaran

7.1  Mendengarkan

8.1  Berbicara

  • o menyatakan perasaan cinta

mis.   A: I love you.

         B: I love you too.

Pertemuan 3

        Kompetensi Dasar

7.  Mendengarkan          

7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menyatakan perasaan sedih.

 

   8. Berbicara

8.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan sedih.

 

        Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan sedih
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan sedih.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.

 


        Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan sedih
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan sedih.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan sedih.

 

        Materi Pembelajaran

7.1 Mendengarkan

8.1 Berbicara

  • o menyatakan perasaan sedih.

mis.       A: This is the lowest time in my life.

      B: Take it easy.

 

VI.  Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Siswa diberi contoh beberapa ungkapan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

 

 

10’

 
Kegiatan Inti

1. Mendengarkan

  • Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
  • Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
  • Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok

2. Berbicara

  • Bermain peran secara berpasangan
  • Siswa membuat dialog pendek tentang ungkapan yang diajarkan.

 

 

 

10’

 

15’

 

15’

 

 

 

10’

15’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

10’

 

5’

 

 

VII. Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      :  –  English Text in Use

–  Look a Head

–  LKS, Copied material

 


VIII.       Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

6      Tugas kelompok

 

Berbicara

7      Tugas kelompok

 

c.  Kuis

d.  Bermain peran

 

 

c.  Tugas

d.  Bermain peran

 

  1. Write down the respond to the dialogue which are listened.
  2. Practice the dialogue in front of the class.

 

  1. Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher.
  2. Practice the dialogue in front of the class.

     

 

 

 

 

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

                                                                                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rpp1/XI/Smt2/Expression 1

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 2

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)

 

 

V.    Standar Kompetensi

      7. Mendengarkan

7.   Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

8. Berbicara

  1. Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Pertemuan 4

4.1  Kompetensi Dasar

7.  Mendengarkan 

7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  menyatakan perasaan malu.

 

8. Berbicara

8.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu.

4.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan malu
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan malu.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan malu

 

4.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan malu
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan malu.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan malu

 

4.4  Materi Pembelajaran

7.1  Mendengarkan

8.1          Berbicara

–     menyatakan perasaan malu  

–          embarassment  

mis.   A: I was so embarrased.

              B: I don’t think it’s a big deal.

 

Pertemuan 5

5.1  Kompetensi Dasar

7  Mendengarkan          

7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur : menyatakan perasaan marah.

 

   8. Berbicara

8.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan marah.

5.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan marah
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan marah.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah

 

5.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan marah
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan marah.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan marah

 

5.4  Materi Pembelajaran

7.1  Mendengarkan

8.1  Berbicara

  • menyatakan perasaan marah.  
    • anger

mis. A: There’s nothing to talk about. Get out of here!

B: If you say so.

 

Pertemuan 6

6.1  Kompetensi Dasar

7.  Mendengarkan         

7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel.

 

8. Berbicara

8.3  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan jengkel.

6.2  Indikator

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan jengkel
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan jengkel.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel

 

6.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi kata yang didengar.
  2. Mengidentifikasi makna kata.
  3. Mengidentifikasi hubungan antar pembicara.
  4. Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan perasaan jengkel
  5. Merespon tindak tutur  menyatakan perasaan jengkel.
  6. Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan jengkel

6.4  Materi Pembelajaran

7.1  Mendengarkan

8.1 Berbicara

  • menyatakan perasaan jengkel annoyance  

 mis. A: I can’t take this anymore. 

          B: Sorry about that.

 

VI.   Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Siswa diberi contoh beberapa ungkapan yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

 

 

10’

 
Kegiatan Inti

1. Mendengarkan

  • Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
  • Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
  • Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok

2. Berbicara

  • Bermain peran secara berpasangan
  • Siswa membuat dialog pendek tentang ungkapan yang diajarkan.

 

 

 

10’

 

15’

 

15’

 

 

 

10’

15’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

10’

 

5’

 
  • Pertemuan 2 s.d. 8 sama dengan Strategi Pembelajaran 1

 

VII. Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

VIII.        Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

5      Tugas kelompok

 

Berbicara

6      Tugas kelompok

 

  1. Kuis
  2. Bermain peran

 

  1. Tugas
  2. Bermain peran
 

  5.    Write down the respond to the dialogue which are listened.

  6.    Practice the dialogue in front of the class.

 

  7.    Make a short dialogue about the expression which has been taught based on the situation given by the teacher.

  8.    Practice the dialogue in front of the class.

     

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

 

Rrpp2/XI/Smt2Eexpression


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 3

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 1. Mendengarkan

                                 3. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)

 

 

V.   Standar Kompetensi

9. Mendengarkan

      9.1 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative,descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

10. Berbicara

10.1.1   Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative,descriptive dan news item sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 7

7.1  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan           

9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  pengumuman resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

10. Berbicara

10.1    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek sederhana pengumuman resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

7.2  Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks
  5. Menyampaikan teks secara lisan

 

7.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks

10.  Menyampaikan teks secara lisan

 

7.4  Materi Pembelajaran

9.1 Mendengarkan

10.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Pengumuman Lisan

 

Pertemuan 8

8.4  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan           

9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  iklan resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

10. Berbicara

10.2    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek iklan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

8.5  Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks

10.  Menyampaikan teks secara lisan

 

8.6  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks

10.  Menyampaikan teks secara lisan

 

8.7  Materi Pembelajaran

9.1 Mendengarkan

10.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Iklan Lisan

 

Pertemuan 9

9.1  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan           

9.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana   undangan  resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

10. Berbicara

10.3    Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek undangan resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

9.2  Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks

10.  Menyampaikan teks secara lisan

 

9.3  Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan teks
  4. Membuat teks

10.  Menyampaikan teks secara lisan

 

9.4  Materi Pembelajaran

9.1 Mendengarkan

10.1 berbicara

         – Teks monolog fungsional pendek : Undangan Lisan

 

VI.  Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

1.  Membaca

  • Mengidentifikasi beberapa pengumuman / iklan / undangan tertulis di tempat umum secara berkelompok.
  • Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok

2. Menulis

  • Membuat draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Mengoreksi draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Menyempurnakan pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya  di kelas /sekolah2. 

 

 

 

20’

 

50’

 

 

30’

20’

20’

 
Penutup

  • Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  • Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

5’

 

 

 

VII. Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      :  –     English Text in Use

–     Look a Head

–     LKS, Copied material

 

VIII.       Penilaian

      Pertemuan 1

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

 Tugas kelompok

 

Berbicara

Tugas kelompok

 

  1. Kuis

 

  1. Tugas

 

 

6.    Read the text in the right intonation loudly
7.    Answer the question based on the text.

 

8.    Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher.

     

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      131900037

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rrpp3/XI/Smt2/functional monolog


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 4

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 2. Mendengarkan

                                 4. Berbicara

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 6 Pertemuan ( 12 x 45 menit)

 

 

I.      Standar Kompetensi

9. Mendengarkan

9.2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk report ,narrative,analyticalexposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

10. Berbicara

10.2    Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan teks monolog berbentuk report ,narrative,analyticalexposition sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Pertemuan 10 dan 11

10.1  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan        

9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: report.

10. Berbicara

10.3        Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report.

10.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks
  4. Menemukan tujuan komunikasidari teks
  5. Membuat sebuah teks
  6. mempublikasikan teks.

10.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks

10.  Menemukan tujuan komunikasidari teks

11.  Membuat sebuah teks

12.  Mempublikasikan teks

10.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk report

–        

Pertemuan 12 dan 13

12.1  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan        

9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative.

10. Berbicara

10.4        Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.

12.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks

10.  Menemukan tujuan komunikasidari teks

11.  Membuat sebuah teks

12.  mempublikasikan teks.

12.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks

10.  Menemukan tujuan komunikasidari teks

11.  Membuat sebuah teks

12.  Mempublikasikan teks

12.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk narative

–        

Pertemuan 14 dan 15

14.1  Kompetensi Dasar

9. Mendengarkan        

9.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: analytical exposition.

10. Berbicara

12.5        Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: analytical exposition.

10.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks

10.  Menemukan tujuan komunikasidari teks

11.  Membuat sebuah teks

12.  mempublikasikan teks.

10.3Tujuan Pembelajaran

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan makna berdasarkan konteks

10.  Menemukan tujuan komunikasidari teks

11.  Membuat sebuah teks

12.  Mempublikasikan teks

10.4Materi Pembelajaran

Membaca

Menulis

– Teks monolog berbentuk analytical exposition.

II.     IV. Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang penting yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

1.  Mendengarkan

  • Membaca  nyaring bermakna teks report/narrative/analytical exposition secara individu
  • Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks,  secara berkelompok.

2. Menulis

  • Berlatih menggunakan tense  untuk menyatakan peristiwa/mendiskripsikan sesuatu/menyamapikan argumen.
  • Membuat draft teks report/narrative/analytical exposition item dengan melakukan chain writing.
  • Melakukan koreksi  teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
  • Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.

 

 

15’

 

50’

 

 

15’

20’

15’

15’

 
Penutup

  1. Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.
  2. Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

15’

 

 

III.   Media dan Sumber Pembelajaran

      Media   : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

IV.   Penilaian

 

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Mendengarkan

– Tugas kelompok

 

 

Berbicara

– Tugas kelompok

 

  1. Kuis
  2. Bermain peran

 

 

  1. Tugas
  2. Bermain peran
 

e.  Write down main idea of the text which is listened.

  1. Answer the question based on the text..

 

 

 

g.  Make a short text based on the situation given by the teacher.

h.  Practice to tell the story to the other students in front of the class.

 

 

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rrpp4/XI/Smt2/teks monolog

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 5

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 5. Membaca

                                 6. Menulis

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 3 Pertemuan ( 6 x 45 menit)

 

 

I.       Standar Kompetensi

      11. Membaca

11. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

12. Menulis

12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari

Pertemuan 16

16.1    Kompetensi Dasar

Membaca

11.1        Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Menulis

12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

16.2    Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

16.3    Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

16.4    Materi Pembelajaran 

– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet 

 

Pertemuan 17

17.1Kompetensi Dasar

Membaca

11.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Menulis

12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

17.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

17.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

17.4Materi Pembelajaran 

– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet

 

Pertemuan 18

18.1Kompetensi Dasar

Membaca

11.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

 

Menulis

12.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

18.2Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

18.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

18.4Materi Pembelajaran 

– Tteks tulis fungsional pendek banner, poster, pamphlet 

 

II.     Strategi Pembelajaran

 

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
Kegiatan Inti

  3.     Membaca

  • Mengidentifikasi beberapa pengumuman/iklan/ undangan  tertulis di tempat umum secara berkelompok.
  • Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok

  4.    Menulis

  • Membuat draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Mengoreksi draft text pengumuman/iklan/undangan.
  • Menyempurnakan pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya  di kelas /sekolah2. 

 

 

 

20’

 

50’

 

30’

20’

20’

 
Penutup

  3.    Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.

  4.    Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

5’

 


III.    Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      : –       English Text in Use

        –       Look a Head

        –       LKS, Copied material

 

 

IV.   Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Membaca

– Tugas kelompok

 

Menulis

– Tugas kelompok

 

  • Kuis

 

 

  • Tugas
 

4.    Read the text in the right intonation loudly
5.    Answer the question based on the text.

 

6.    Make a short text about an announcement/advertisement/ invitation based on the situation given by the teacher.
 

     

 

 

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rpp5/XI/Smt1/functional written text


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NO. 6

 

Nama Sekolah       : SMA NEGERI 1 Slawi

Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris

Kompetensi            : 5. Membaca

                                 6. Menulis

Kelas                      : XI

Semester                : 2

Alokasi waktu         : 15 Pertemuan ( 30 x 45 menit)

 

 

V.   Standar Kompetensi

      11.  Membaca

11. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  spoof, narrative dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

12. Menulis

12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana report, spoof dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

 

 

Pertemuan 19 s.d 23

23.5   Kompetensi Dasar

Membaca

11.2   Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: sppof.

Menulis

12.3    Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: spoof.

23.6   Indikator

 

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

23.7   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

23.8   Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk spoof.

Pertemuan 24 s.d 28

28.1   Kompetensi Dasar

Membaca

11.2   Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk :narrative.

Menulis

12.4    Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : narrative.


28.2   Indikator

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

28.3   Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

28.4   Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk narrative.

 

Pertemuan 29 s.d 33

33.1Kompetensi Dasar

Membaca

11.2   Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : hortatory exposition.

Menulis

12.5    Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk : hortatory exposition.

33.2Indikator

 

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

33.3Tujuan Pembelajaran

Pada akhir kegiatan pembelajaqran diharapkan siswa dapat :

  1. Menemukan topik teks
  2. Menemukan informasi tertentu
  3. Menemukan tujuan komunikasi teks
  4. Membuat teks

 

33.4Materi Pembelajaran

  • Teks tulis  berbentuk hortatory exposition.

 

VI.  Strategi Pembelajaran

KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

KETERANGAN

Orientasi

  • Greeting
  • Siswa diberi contoh beberapa kosa kata dan kalimat yang penting yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

(180’)

5’

15’

 
  • Kegiatan Inti

1.  Mendengarkan

  • Membaca  nyaring bermakna teks report/narrative/analytical exposition secara individu
  • Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks,  secara berkelompok.

2. Menulis

  • Berlatih menggunakan kalimat  past  tense  untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan petunjuk.
  • Membuat draft teks report/narrative/analytical exposition dengan melakukan chain writing.
  • Melakukan koreksi  teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
  • Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.

 

 

15’

 

50’

 

 

15’

20’

15’

15’

 
Penutup

       3.    Siswa diberi kesempatan mengungkapkan kesulitan yang dialami dalam mempelajari materi yang telah diberikan.

       4.    Siswa diberi tugas tindak lanjut berupa PR.

 

15’

 

15’

 

 

VII. Media dan Sumber Pembelajaran

      Media         : Kaset, CD

      Sumber      :     –    English Text in Use

           –    Look a Head

           –    LKS, Copied material

 

 

VIII.       Penilaian

BENTUK TAGIHAN

JENIS TAGIHAN

CONTOH INSTRUMEN

Membaca
  • Tugas kelompok

 

Menulis
  • Tugas kelompok
 

  • Kuis

 

 

  • Tugas

 

 

4.    Read the text in the right intonation loudly
5.    Answer the question based on the text.

 

6.    Make a short text about a report/narrative/analytical exposition text based on the situation given by the teacher.
 

 

 

 

 

 

           

                                                                                                             Slawi,       Juli 2009

             Mengetahui,

             Kepala SMA Negeri 1 Slawi                                                    Guru Mata Pelajaran

                                                                                                            

 

 

             Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd.                                                  Gunawan Tri Atmaji,S.Pd.

             NIP. 130815343                                                                      1319000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP6/XI/Smt2/Witten text

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

BAHASA INGGRIS KELAS XI

 

SEMESTER 2

 

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

 

 

 

 

DISUSUN OLEH :

 

GUNAWAN TRI ATMAJI, S.Pd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN TEGAL

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

SMA NEGERI 1 SLAWI

2009/2010

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: