Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP PENJASKES X

Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

A. Identitas

Nama Sekolah                  : SMA Negeri 1 Slawi

Mata Pelajaran                :    Penjaskes

Kelas, Semester               : :   X/ satu

Standar Kompetensi          : 4.   Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar             : 4. .2 Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

 Indikator                        :

  1. Menjelaskan
    1.  Merinci
  2. Menerapkan
  3.  Menugaskan

Alokasi Waktu                  :   2 x 45 menit ( 1 pertemuan)

B. Tujuan Pembelajaran      :1. Menjelaskan tentang :

keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

  1. Menyebutkan, mencoba dan memperaga

kan yang telah disampaikan oleh guru.

C. Materi Pembelajaran       : Tentang tehnik dasar:

  1. Melingkar tangan
  2. Melingkar badan mengeper.
  3. Duduk dan melingkar.

D. Metode Pembelajaran      :

  1. Ceramah.
  2. Demonstrasi.

 

E. Kegiatan Pembelajaran         

Langkah-langkah :

Pertemuan 1

  1. Baris, berdoa dan absen.
  2. Kegiatan Awal:Pemanasan

Orientasi : Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan/ memperagakan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

Apersepsi: Memberikan persepsi awal kepada peserta didik

Motivasi:   Guru memberikan gambaran manfaat   mempelajari keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

Kegiatan Inti : Guru memperagakan tentang tehnik :

  1.  Melingkar tangan
  2. Melingkar badan mengeper.
  3. Duduk dan melingkar.

Kegiatan Penutup  : 

1. Guru mengarahkan peserta didik untuk mengulang melakukan tehnik dasar keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

2. Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, berupa kegiatan di luar kelas melihat TV, membaca majalah olahraga tentang tehnik dasar keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang benar  serta nilai disiplin, toleransi dan estetika

3.  Guru mengarahkan berbaris kembali dan dilanjutkan berdoa selesai.

G. Penilaian               :

1. Teknik penilaian

  1.  Kognitip : test tetulis, lisan tentang
  2.  Afektip. Disiplin, tertib, patuh, serius.
  3. Psikomotorik. Test praktek tentang :
  4. Melingkar tangan
  5. Melingkar badan mengeper.
  6. Duduk dan melingkar.

2.  Bentuk instrumen

a)    Test tertulis, lisan.

b)    Pemecahan masalah.

c)     Tugas.

    H. Sumber Belajar.  : Pendidikan Jasmani. Teori dan Praktek  SMA.

Oleh Muhajir       

  Mengetahui Kepala Sekolah                                                                                                       SMA Negeri 1 Slawi                                                 Guru Penjaskes kelas X

 

 

 

 

Sri Rejekiningsih Dra. MPd                                                          Yaedar SuyotoDrs.

NIP.195309131980                                                    NIP. 19491114197701

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

 

A. Identitas

Nama Sekolah                  : SMA Negeri 1 Slawi

Mata Pelajaran                :    Penjaskes

Kelas, Semester               : :   X/ satu

Standar Kompetensi           : 7.  Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar                : 7.2 Memahami berbagai peraturan perundangan      tentang narkotika.

 Indikator                           :  1. Menjelaskan

 2. Merinci

 3. Menerapkan

  4. Menugaskan

Alokasi Waktu                    : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan)

 

B. Tujuan Pembelajaran        1. Menjelaskan

     mekanisme Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

  2. Menyebutkan Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

Mengulang kembali informasi Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika. yang

  telah disampaikan oleh guru.

C. Materi Pembelajaran           Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

1. Sangsi tindak pidana narkoba

 2. Motif mendorong menyalah gunakan  narkotika.

3. Faktor penyebab penggunaan narkotika.

4. Gejala gejala penyalah gunaan narkoba

D. Metode Pembelajaran           Ceramah, Observasi, Tanya jawab

E. Kegiatan Pembelajaran       Mendapat informasi Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

Langkah-langkah :

Pertemuan 1

  • Kegiatan Awal   Orientasi:

 Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan benda yang menarik, memberikan illustrasi Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

  • Apersepsi:

 Memberikan persepsi awal kepada peserta didik Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

  • Motivasi:

  Guru memberikan gambaran manfaat   mempelajari Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

1. Sangsi tindak pidana narkoba

 2. Motif mendorong menyalah gunakan narkotika.

3. Faktor penyebab penggunaan narkotika.

4. Gejala gejala penyalah gunaan narkoba

 

 

Kegiatan Inti                         1. Mendeskripsikan mekanisme Pasal pasal   UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

  2. Menyebutkan bagian-bagian Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

Mengulang kembali informasi Pasal pasal UUNo 2 tahun 1972 tentang narkotika.

 

  • Kegiatan Penutup  1.  Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan

   2. Guru memeriksa hasil belajar peserta didik, memberikan tes tertulis atau tes lisan dan

3. Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, berupa kegiatan di luar kelas melihat TV tentang kejahatan akibat Narkoba ( mencatat )

   

G. Penilaian              1.  Teknik penilaian

a. Kognitip

b. Afektip.

c. Psikomotorik.

2.    Bentuk instrumen 

a. Test tertulis, lisan.

b. Pemecahan masalah.

c. Tugas.    

           

  Mengetahui Kepala Sekolah                                                                                                       SMA Negeri 1 Slawi                                                       Guru Penjaskes kelas X

 

 

 

 Sri Rejekiningsih Dra. MPd                                                                                 

NIP.19530913198003 2 001                                       NIP. 19491114197703 1 001  

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

A. Identitas

Nama Sekolah             : SMA Negeri 1 Slawi

Mata Pelajaran           :    Penjaskes

Kelas, Semester          : :   X/dua

Standar Kompetensi     : 8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar        : 8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

 Indikator                   :  1. Menjelaskan

 2. Merinci

 3. Menerapkan

  4. Menugaskan

Alokasi Waktu             : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan)

B. Tujuan Pembelajaran           : 8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

C. Materi Pembelajaran         : 8.1  Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

D. Metode Pembelajaran          : Ceramah, Observasi, Tanya jawab

E. Kegiatan Pembelajaran        :    Menjelaskan tentang keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

 

Langkah-langkah :

Pertemuan 1

I PENDAHULUAN.

a)   Absensi

b)   Orientasi: Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

 

c)    Orientasi: Memusatkan perhatian peseta didik pada materi yang akan dibelajarkan.

d)    Apersepsi: Memberikan persepsi awal kepada peserta didik

e)    Motivasi  mempraktikkan keterampilan bermain bola volley

tentang tehnik dasar

  1. Servis.
  2. Passing.
  3. Smash.
  4. Blok

 

 II. INTI   :       Menjelaskan tentang tehnik dasar

  1. Servis.
  2. Passing.
  3. Smash.
  4. Blok

PENUTUP      : 

1.  Guru mengarahkan  peserta didik untuk mengulang tentang tehnik dasar

  1. Servis.
  2. Passing.
  3. Smash.
  4. Blok

.

2. Guru mengarahkan berbaris kembali dan dilanjutkan berdoa

3.    Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, berupa kegiatan di luar kelas melihat TV tentang tentang tehnik dasar

  1. Servis.
  2. Passing.
  3. Smash.
  4. Blok

   

F. Penilaian              1.  Teknik penilaian

a. Kognitip

b. Afektip.

c. Psikomotorik.

2.  Bentuk instrumen 

a. Test tertulis, lisan.

b. Pemecahan masalah.

c. Tugas.    

        G. Sumber Belajar.  : Pendidikan Jasmani. Teori dan Praktek  SMA.

Oleh Muhajir    

  Mengetahui Kepala Sekolah                                                                                                       SMA Negeri 1 Slawi                                                       Guru Penjaskes kelas X

 

 

 

 Sri Rejekiningsih Dra. MPd                                              Yaedar Suyoto Drs.                        

NIP.19530913198003 2 001                                       NIP. 19491114197703 1 001

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

A. Identitas

Nama Sekolah                  : SMA Negeri 1 Slawi

Mata Pelajaran                :    Penjaskes

Kelas, Semester               : :   X/ satu

Standar Kompetensi          : 8.   Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

 

Kompetensi Dasar           : 8.3  Mempraktikkan keterampilan atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri **)

 

Indikator                            :  1. Menjelaskan

 2. Merinci

 3. Menerapkan

  4. Menugaskan

Alokasi Waktu                     :   2 x 45 menit ( 1 pertemuan)

B. Tujuan Pembelajaran          :1. Menjelaskan tentang tehnik dasar Lompat jauh gaya jongkok.

  1. Cara  awalan.
  2. Cara tolakan.
  3. Cara saat badan melayang diudara.
  4. Cara kaki saat jatuh di bak pasir.
  5. Peraturan                 

 2.  Menyebutkan, mencoba dan memperaga

kan yang telah disampaikan oleh guru.

C. Materi Pembelajaran         : Tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

  1. Cara  awalan.
  2. Cara tolakan.
  3. Cara saat badan melayang diudara.
  4. Cara kaki saat jatuh di bak pasir.
  5. Peraturan

D. Metode Pembelajaran      :

  1. Ceramah.
  2. Demonstrasi.

E. Kegiatan Pembelajaran           

Langkah-langkah :

Pertemuan 1

  1. Baris, berdoa dan absen.
  2. Kegiatan Awal  

1)   Orientasi :Memusatkan perhatian peserta didik pada materi yang akan dibelajarkan, dengan cara menunjukkan/mempera 

     gakan  

2)    Apersepsi: Memberikan persepsi awal kepada peserta didik

3)    Motivasi:   Guru memberikan gambaran manfaat   mempelajari

tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

  1. Cara  awalan.
  2. Cara tolakan.
  3. Cara saat badan melayang diudara.
  4. Cara kaki saat jatuh di bak pasir.
  5. Peraturan

Kegiatan Inti         :     Guru memperagakan tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

1)    Cara  awalan.

2)    Cara tolakan.

3)    Cara saat badan melayang diudara.

4)    Cara kaki saat jatuh di bak pasir.

5)    Peraturan

Kegiatan Penutup   :

1. Guru menunjuk 1 peserta didik untuk mengulang melakukan tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

2. Memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, berupa kegiatan di luar kelas melihat TV tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

3. Guru mengarahkan berbaris kembali dan dilanjutkan berdoa selesai.

F. Penilaian

1.  Penilaian.

  1.   Kognitip : test tetulis, lisan tentang tehnik.
    1.  Afektip. Disiplin, tertib, pat
    2. Psikomotorik. Test praktek tentang tehnik dasar lompat jauh gaya jongkok.

2.    Bentuk instrumen 

a. Test tertulis, lisan.

b. Pemecahan masalah.

c. Tugas.    

      H. Sumber Belajar.  : Pendidikan Jasmani. Teori dan Praktek  SMA.

Oleh Muhajir     

  Mengetahui Kepala Sekolah                                                                                                       SMA Negeri 1 Slawi                                                       Guru Penjaskes kelas X

 

 

 

 

 Sri Rejekiningsih Dra. MPd                                              Yaedar Suyoto Drs.

                                   

NIP.19530913198003 2 001                                 NIP. 19491114197703 1 001

 

 

2 Comments »

  1. Saya guru penjas SMA N 5 KOTA TERNATE (maluku utara) mohon contoh RPP/SILABUS kls. X,XI,XII. Makasi seblmx. Faradillah Rumalutur.S.Pd

    Comment by SMA NEGERI 5 KOTA TERNATE — January 27, 2010 @ 1:48 am

    • terimakasih atas perhatiannya, salam kenal, nanti kami usahakan rpp n silabus kls x xi xii.
      maaf kami panggil bapak atau ibu?

      Comment by sman1slawikomputer — March 6, 2010 @ 1:45 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: