Kurikulum SMA N 1 Slawi

RPP TIK XII

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

v    Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

v    Program Tahunan

v    Program Semester

v    Kalender Pendidikan

v    Silabus

v    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

 

Satuan Pendidikan

:

UPTD SMA NEGERI 1 WARUREJA

Mata Pelajaran  

:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kelas/Semester

:

XII / 1 – 2

Tahun Pelajaran

:

2009 -2010

Nama penyusun

:

Hery Budianto, S.Kom

NIP /NUPTK      

:

5235758660200033

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 1 dan 2

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

  • Menyebutkan macam-macam software pengolah grafis.
  • Menyebutkan kegunaan program aplikasi pengolah grafis.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

  • macam-macam software pengolah grafis;
  • manfaat dan kegunaan software pengolah grafis.

 

III.  Materi Ajar

 

Pengenalan Program Pembuat Grafis (Pengenalan Corel Draw)

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan

 

V.   Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 1

 

A.   Kegiatan pendahuluan

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.   Kegiatan inti

  • Guru menjelaskan macam-macam software pengolah grafis.
  • Guru menjelaskan secara umum mengenai program aplikasi Corel Draw

                      yang akan digunakan dalam pembahasan berikutnya, meliputi kelebihan

                      dan kemampuannya.

  • Guru menunjukkan beberapa hasil desain grafis menggunakan Corel  Draw untuk memancing minat siswa untuk mempelajari pembahasan  berikutnya.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas perorangan.

 

 

Pertemuan Ke-  2

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Siswa berdiskusi secara kelompok membahas pemanfaatan desain  grafis pada kehidupan nyata yang ada di sekitar, termasuk prospek  untuk berwirausaha atau sebagai salah satu profesi alternatif.
  • Guru  membimbing  siswa  untuk  membahas  hasil  diskusi  tiap  kelompok.

 

  1. Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas perorangan.

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)

 

  • Tugas (individu dan kelompok)

 

  • Diskusi

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 3 dan 4

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

  • Menjalankan program aplikasi Corel Draw.
  • Menjelaskan bagian-bagian lingkungan kerja Corel Draw.
  • Mengidentifikasi menu dan ikon pada Corel Draw.
  • Mengatur lingkungan kerja Corel Draw.
  • Menyimpan dan membuka file dokumen Corel Draw.

 

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

 

  • cara menjalankan program aplikasi Corel Draw;
  • bagian-bagian lingkungan kerja Corel Draw;
  • kegunaan menu dan ikon pada program aplikasi Corel Draw;
  • cara mengatur lingkungan kerja Corel Draw;
  • cara menyimpan dan membuka file dokumen Corel Draw.

 

 

III.  Materi Ajar

 

Pengenalan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.   Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke-  3

 

A.   Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.   Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara membuka dan menutup program  Corel Draw.
  • Siswa mempraktikkan cara membuka dan menutup program aplikasi  Corel Draw.

 

  • Guru  menjelaskan  bagian  Corel  Draw  yang  ditayangkan  pada  waktu membuka pertama kali.
  • Guru menjelaskan bagian area kerja Corel Draw dan kegunaan-nya.
  • Guru menjelaskan komponen-komponen Corel Draw seperti Menu  Bar, Toolbar, Title Bar, dan Ruler.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas perorangan.

 

Pertemuan Ke-  4

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

  • Guru menjelaskan cara mengatur lingkungan kerja Corel Draw.
  • Siswa mempraktikkan langkah-langkah mengatur lingkungan kerja  Corel Draw.
  • Guru  melanjutkan  pembahasan  mengenai  komponen-komponen  Corel Draw, seperti Toolbox, Property Bar, Drawing Page, Drawing  Area, Color Pallete, Docker Window, dan Page Number.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas perorangan (PR) mengenai kegunaan menu dan  ikon pada Corel Draw.

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 5

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat  

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

  • Menyimpan dan membuka file dokumen Corel Draw.
  • Membuat dan mengedit objek garis.
  • Membuat dan mengedit objek kurva.
  • Membuat dan mengedit objek kotak.
  • Membuat dan mengedit objek lingkaran.

 

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

 

  • cara menyimpan dan membuka file dokumen Corel Draw;
  • cara membuat dan mengedit objek garis;
  • cara membuat dan mengedit objek kurva;
  • cara membuat dan mengedit objek kotak;
  • cara membuat dan mengedit objek lingkaran.

 

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Guru menjelaskan cara menyimpan dan membuka dokumen Corel Draw.
    • Siswa mempraktikkan cara menyimpan dan membuka dokumen  Corel Draw.
    • Guru memberikan latihan kepada siswa untuk membuat dokumen  dengan beberapa ketentuan dan menyimpannya.

 

  • Guru mendemonstrasikan cara membuat dan mengedit objek garis,  kurva, kotak, dan lingkaran.
  • Siswa mempraktikkan cara membuat dan mengedit objek garis,  kurva, kotak, dan lingkaran.
  • Guru memberikan latihan untuk membuat sebuah objek yang di-susun dari gabungan objek-objek yang telah dibahas.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas perorangan (PR).

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 6

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

Membuat dan mengedit objek teks.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui cara membuat dan mengedit  objek teks.

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara menambahkan objek teks, mengubah  format teks, dan meletakkan teks pada kurva.
  • Siswa mempraktikkan cara menambahkan objek teks, mengubah  format teks, dan meletakkan teks pada kurva.
  • Guru memberikan latihan membuat beberapa bentuk teks.

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas pribadi.

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

 

 

 

 

                       

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 7

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

Melakukan impor objek dan transformasi objek.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui cara melakukan impor  objek dan transformasi objek.

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara mengimpor objek dan melakukan  transformasi objek.
  • Siswa mempraktikkan cara mengimpor objek dan melakukan trans-formasi objek.
  • Guru memberikan latihan untuk mengimpor objek teks dan melaku-kan editing teks (teks sedapat mungkin diberikan oleh guru).
  • Guru dengan saksama memperhatikan siswa mengerjakan latihan.
  • Guru memberikan latihan untuk mengimpor objek   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )(seperti  gambar atau foto) dan melakukan transformasi seperlunya.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas perorangan (PR).

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi   

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 8

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.   Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

  dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

I.  Indikator

 

  • Melakukan editing warna.
  • Mengubah objek menjadi kurva untuk keperluan desain.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

  • cara melakukan editing warna;
  • cara mengubah objek menjadi kurva untuk keperluan desain.

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara bekerja dengan warna, menambahkan  isian warna pada objek, atau mengubah properti objek.
  • Siswa mempraktikkan cara bekerja dengan warna, menambahkan  isian warna pada objek, atau mengubah properti objek.
  • Guru mendemonstrasikan cara mengubah objek menjadi kurva.
  • Siswa mempraktikkan cara mengubah objek menjadi kurva.
  • Guru memberikan latihan siswa bekerja dengan warna dan me-modifikasi objek menjadi kurva.
  • Guru berkeliling melihat dan membimbing siswa mengerjakan latihan.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari.
  • Pemberian tugas pribadi.

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

 

              

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 9

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

I.  Indikator

 

Menggambar objek poligon.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

 

  • cara menggambar objek poligon;
  • cara bekerja dengan banyak objek.

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.   Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara menggambar objek poligon.
  • Siswa mempraktikkan cara menggambar objek poligon.
  • Guru mendemonstrasikan cara bekerja dengan banyak objek.
  • Siswa mempraktikkan cara bekerja dengan banyak objek.
  • Guru memberian latihan pembuatan objek poligon dan mengolah  beberapa objek dalam satu desain.
  • Guru membimbing dan mengawasi siswa mengerjakan latihan.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas perorangan.

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  •  Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/1

Pertemuan Ke-                     : 10–14

Alokasi Waktu                      : 10 X 45 menit (5 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         dalam perangkat lunak pembuat grafis

 

 

 

 

I.  Indikator

 

Mempraktikkan pembuatan desain dengan objek-objek sederhana.

 

II.  Tujuan Pembelajaran 

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat mempraktikkan pembuatan desain  dengan objek-objek sederhana.

 

III.  Materi Ajar

 

Menggambar Menggunakan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Penugasan, Praktik

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 10 dan  11 

 

A.   Kegiatan pendahuluan

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan cara pembuatan desain logo seperti pada  buku referensi halaman 61 (Praktikum 1).
  • Siswa mempraktikkan cara pembuatan desain logo seperti pada  buku referensi halaman 61.
  • Guru melihat dan membimbing siswa mengikuti petunjuk praktikum  yang ada pada buku.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas kelompok merancang logo perusahaan, sekolah,  atau logo   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )semenarik mungkin.

 

 

Pertemuan Ke-   12 dan  13

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan langkah-langkah pembuatan logo seperti  pada buku referensi halaman 66 (Praktikum 2).
  • Siswa  mempraktikkan  langkah-langkah  pembuatan  logo  seperti  pada buku referensi halaman 66.
  • Guru melihat dan membimbing siswa mengikuti petunjuk praktikum  yang ada pada buku.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas perorangan (PR).

 

Pertemuan Ke-  14

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru memberikan latihan kepada siswa untuk membuat logo seperti  pada halaman 75 (Tugas).
  • Siswa mengerjakan pembuatan logo dalam waktu yang diberikan.
  • Guru melihat hasil pekerjaan dan memberikan penilaian.

 

C.    Kegiatan akhir

 

       Guru memberikan tugas perorangan untuk membuat sebuah logo yang  menarik dan menuliskan langkah-langkah pembuatannya.

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)

 

  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik  

 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1    

Pertemuan Ke-                     : 15 dan 16

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.3  Membuat grafis dengan berbagai variasi

         warna, bentuk,  dan ukuran

 

 

 

 

I.  Indikator

 

Membuat desain kartu identitas.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mampu membuat desain kartu identitas  menggunakan Corel Draw.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Desain dengan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Praktik, Penugasan

 

  1. V.           Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke-  15

 

A.   Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Guru  mendemonstrasikan  cara  membuat  kartu  identitas  seperti  pada buku referensi halaman 83.
  • Siswa memperhatikan secara saksama penjelasan yang disampaikan  guru dan diminta menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini.

 

Pertemuan Ke-  16

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran, termasuk file foto yang  digunakan untuk membuat kartu identitas disiapkan pada masing-masing komputer siswa

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Siswa mempraktikkan langkah-langkah membuat kartu identitas  seperti pada buku referensi.
  • Guru mengawasi dan membimbing siswa mengerjakan kegiatan  praktikum.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi seputar kegiatan praktikum yang sudah  dilakukan.
  • Pemberian tugas pribadi untuk membuat sendiri desain kartu identitas  menggunakan foto dan identitas masing-masing. Tugas dikumpulkan  dalam bentuk file dan hasil jadi (cetak) pada pertemuan berikutnya.

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)

 

  • Tugas (individu dan kelompok)

 

  • Diskusi

 

  • Praktik

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1    

Pertemuan Ke-                     : 17 dan 18

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.3  Membuat grafis dengan berbagai variasi

         warna, bentuk, dan ukuran

 

 

 

 

I.  Indikator

 

Membuat pamflet, iklan, atau brosur menggunakan Corel Draw.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mampu membuat pamflet, iklan, atau  brosur menggunakan Corel Draw.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Desain dengan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Praktik, Penugasan

 

  1. V.           Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 17 

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Guru mendemonstrasikan langkah-langkah membuat pamflet/brosur  seperti pada buku referensi halaman 89.
  • Siswa memperhatikan secara saksama penjelasan yang disampaikan  guru dan diminta menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

 

C.   Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini.

 

 

 

Pertemuan Ke- 18 

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran, termasuk file gambar  dan teks yang digunakan untuk membuat pamflet atau brosus pada  masing-masing komputer siswa

 

B.    Kegiatan inti

 

  • Siswa mempraktikkan langkah-langkah membuat pamflet/brosus  seperti pada buku referensi. 
  • Guru  mengawasi  dan  membimbing  siswa  melakukan  kegiatan  praktikum.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi seputar kegiatan praktikum yang sudah  dilakukan.
  • Pemberian tugas kelompok untuk mencari teks dan gambar sesuai  dengan topik. 

 

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/1    

Pertemuan Ke-                     : 19 dan 20

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 1.   Menggunakan perangkat lunak pembuat grafis

Kompetensi Dasar               : 1.3  Membuat grafis dengan berbagai variasi

         warna, bentuk,  dan ukuran

 

 

I.  Indikator

 

  • Menambahkan efek pada objek gambar.
  • Membuat desain yang kreatif dan menarik.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa mengetahui:

 

  • cara menambahkan efek pada objek gambar;
  • cara membuat desain yang kreatif dan menarik.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Desain dengan Corel Draw

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Praktik, Penugasan

 

V.   Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke-  19

 

A.    Kegiatan pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran

 

B.    Kegiatan Inti

 

  • Guru mendemonstrasikan macam-macam efek pada objek gambar: Weld, Trim, Simplify, dan  lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah BSE )- lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah BSE ).
  • Siswa  mempraktikan  macam-macam  efek  pada  objek  gambar:  Weld, Trim, Simplify, dan  lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah BSE )- lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah BSE ).
  • Guru memberikan latihan kepada siswa mengenai topik yang baru  saja dibahas.

 

C.    Kegiatan akhir

 

  • Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan materi yang baru  saja dipelajari. 
  • Pemberian tugas perorangan untuk memilih salah satu topik pembuatan brosur/iklan, kemudian mengumpulkan bahan yang terkait,  seperti teks dan gambar. Tugas pembuatan desain brosur/iklan yang  menarik dikerjakan pada pertemuan berikutnya.

 

Pertemuan Ke- 20

 

A.    Kegiatan Pendahuluan

 

  • Pembukaan
  • Mempersiapkan bahan-bahan pembelajaran, siswa menunjukkan  topik yang dipilih dan materi pendukung seperti gambar dan teks

 

B.    Kegiatan Inti

 

  • Siswa mulai mempraktikkan pembuatan desain brosur/iklan seusai  topik yang dipilih.
  • Guru membimbing dan mengawasi perkerjaan siswa, dan memberi-kan penilaian.

 

C.    Kegiatan akhir

 

        Guru melihat hasil akhir pekerjaan siswa. Jika belum selesai, siswa dapat      

       melanjutkan pekerjaan di rumah untuk dikumpulkan minggu depan.

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)

 

  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Diskusi
  • Praktik

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/2

Pertemuan Ke-                     : 1

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Mendeskripsikan manfaat program presentasi. 

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat:

 

  • mendeskripsikan manfaat program presentasi PowerPoint dalam  kehidupan sehari-hari;
  • mengidentifikasi bagian-bagian lembar kerja PowerPoint.

 

 

III.  Materi Ajar

 

Menu dan Ikon dalam Program Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi tentang presentasi
  • Motivasi promosi dengan media

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mengajak siswa untuk berdiskusi mengenai media presentasi  yang masih banyak digunakan di sekolah seperti slide film dan  OHP.
  • Guru mendemonstrasikan melalui layar LCD cara mengaktifkan  PowerPoint.
  • Guru selalu mengingatkan siswa agar tidak melakukan aktivitas  apa pun pada saat proses pengaktifan PowerPoint.
  • Siswa diajak untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang ada pada  lembar kerja PowerPoint.

 

C.  Kegiatan akhir 

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.

 

  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini. 

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/2

Pertemuan Ke-                     : 2

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Mengidentifikasi fungsi menu, tools, dan ikon.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat:

 

  • mengidentifikasi menu yang ada pada program presentasi Microsoft  PowerPoint;
  • mengidentifikasi tool menu yang ada pada program PowerPoint;
  • mendemonstrasikan beberapa fungsi dari tool menu.

 

III.  Materi Ajar

 

Menu dan Ikon dalam Program Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi tentang menu PowerPoint
  • Motivasi promosi dengan media

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Siswa diajak untuk menampilkan menu-menu dalam PowerPoint.

 

  • Siswa  diajak  untuk  mengidentifikasi  menu-menu  dan  submenu  yang tampil untuk setiap menu serta mencatat beberapa menu dan  submenu yang penting dan sering digunakan dalam operasional  PowerPoint.
  • Siswa diminta untuk keluar dari (menutup) Microsoft PowerPoint  dengan cara yang benar.
  • Siswa diajak untuk mengaktifkan program Microsoft PowerPoint.
  • Siswa berdiskusi dengan temannya mengenai tool-tool yang ada,  cara untuk menampilkan, dan menyembunyikan tool yang ada.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini. 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester                    : XII/2

Pertemuan Ke-                     : 3

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.1  Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Menampilkan dan menyembunyikan ikon program presentasi.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat menampilkan dan menyembunyikan  ikon dalam program PowerPoint.

 

III.  Materi Ajar

 

Menu dan Ikon dalam Program Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi tentang menu dan ikon dalam PowerPoint
  • Motivasi promosi dengan media

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Siswa mendemonstrasikan beberapa fungsi dari tool menu yang  ada, terutama untuk tool menu yang tidak ada dalam lembar kerja  sebelumnya.
  • Siswa  diminta  menyelidiki  cara  menyembunyikan  ikon  dalam  PowerPoint.
  • Siswa diajak untuk mengisi textbox sederhana.
  • Guru minta agar siswa belajar menyimpan dokumen PowerPoint  dengan metode yang dikuasai.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini. 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 4

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

 

I.  Indikator

 

Menyusun presentasi dengan Design Template

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat menyusun lembar presentasi  dengan menggunakan Design Template.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Siswa dibimbing secara langkah demi langkah untuk menyusun  lembar presentasi dengan menggunakan format yang sudah ada  (Design Template).
  • Guru membagikan lembar kerja siswa yang berkaitan dengan pe-nyusunan materi presentasi dengan menggunakan Design Template.
  • Siswa mengerjakan lembar kerja siswa dengan dipandu oleh guru  mata pelajaran.
  • Guru memberikan pengarahan kepada siswa yang masih menemui  kendala dalam mengerjakan lembar kerja.

 

C.  Kegiaan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini. 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 5 dan 6

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

                    presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

  • Menyusun presentasi dengan AutoContent Wizard.
  • Mengatur dan mendemonstrasikan presentasi dengan AutoContent Wi-zard.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat: 

 

  • menyusun lembar presentasi dengan menggunakan AutoContent  Wizard;
  • mengatur dan mendemonstrasikan presentasi dengan menggunakan 

            AutoContent Wizard.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 5

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi cara presentasi di depan umum
  • Motivasi menampilkan beberapa slide dengan tampilan yang me-narik

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru menjelaskan secara langkah demi langkah untuk membuat  lembar presentasi dengan menggunakan wizard.
  • Guru mengecek pemahaman dasar siswa.
  • Guru membagikan tugas berupa Lembar Kerja Siswa (LKS).
  • Siswa mempraktikkan dengan LKS yang telah dibagikan guru TIK  dengan teknik langkah demi langkah seperti yang ada pada buku  pegangan siswa.

 

 

C.  Kegiatan akhir

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran pada  hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah membaca buku dan merangkum materinya untuk pertemuan yang akan datang.

 

Pertemuan Ke- 6

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi cara presentasi di depan umum
  • Motivasi menampilkan beberapa slide dengan tampilan yang me-narik

 

B.  Kegiatan inti

  • Guru memberikan contoh cara untuk mengatur lembar kerja PowerPoint  dengan wizard.
  • Guru mendemonstrasikan cara untuk mengubah layout, seperti warna  latar belakang dan gambar yang digunakan.
  • Siswa mempraktikkan lembar kerja siswa yang dibagikan guru TIK  dengan teknik langkah demi langkah.
  • Guru mengecek pemahaman siswa tentang kemampuan siswa mem-buat lembar kerja dengan menggunakan wizard.

 

C.  Kegiatan akhir

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran  hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah membaca buku dan merangkum  materinya untuk  pertemuan yang akan datang.

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 7

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Mengatur layout presentasi.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat mengatur layout presentasi.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru dan siswa berdiskusi tentang cara mengatur layout yang me-miliki pola Text Layouts.
  • Guru dan siswa berdiskusi tentang cara mengatur layout yang me-miliki pola Content Layouts.
  • Guru dan siswa berdiskusi tentang cara mengatur layout yang me-miliki pola Text and Content Layouts.
  • Guru memberikan lembar kerja untuk dikerjakan siswa yang ber-kaitan dengan pengaturan layout melalui tiga pola di atas.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 8

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Mengatur format teks.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat mengatur teks dengan beberapa  variasi.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru membimbing siswa untuk membuat teks dengan teknik copypaste, cut.
  • Siswa diminta mengatur format teks tersebut dengan rapi. Pengatur-an meliputi pengaturan alignment, huruf, line spacing, serta pem-buatan dan pengaturan Bullets and Numbering.
  • Guru memberikan latihan agar pemahaman dan keterampilan siswa  terus meningkat.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR).

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 9

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

Memberi efek background, warna, dan animasi.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat memberi efek background, warna,  dan animasi pada lembar presentasi.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru  mendemonstrasikan  langkah  demi  langkah  cara  memberi  efek background pada lembar kerja presentasi.
  • Guru mendemonstrasikan cara pemberian efek warna.
  • Guru mendemonstrasikan cara memberikan efek animasi dan cara  menghilangkan efek animasi pada slide.
  • Guru  membagikan  lembar  kerja  untuk  dikerjakan  siswa.  Hasil  pekerjaan harus memuat cara pemberian efek background, warna,  dan animasi.
  • Siswa mengerjakan lembar kerja dengan panduan guru.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.

 

  • Guru memberikan tugas rumah (PR).

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 10 dan 11

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.2  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat

         pada perangkat lunak pembuat presentasi

 

 

 

I.  Indikator

 

  • Mengatur efek transisi.
  • Menentukan durasi presentasi.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat:

  • mengatur efek transisi antar-slide;
  • menentukan durasi lembar presentasi yang tampil di layar.

 

III.  Materi Ajar

 

Menyusun Materi Presentasi

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 10

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru mengajarkan langkah demi langkah cara untuk memberikan  efek transisi pada slide yang tampil dan telah dibuat pada pertemuan  sebelumnya.
  • Guru mengajarkan cara mengubah atau menghapus efek transisi  yang telah dikenakan pada teks.
  • Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru agar keterampilan  membuat efek transisi terus mengalami peningkatan.
  • Guru mengadakan latihan lebih lanjut bagi anak-anak yang mempunyai kemampuan lebih dan memberikan bimbingan lebih intensif  pada anak-anak yang masih mengalami kendala.

 

C.  Kegiatan akhir

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran  hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

Pertemuan Ke- 11 

 

  1. Kegiatan pendahuluan
  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

  • Guru memberikan langkah-langkah untuk memberikan durasi dari  slide atau lembaran presentasi.
  • Guru menginformasikan keunggulan pada slide yang diberi slide  presentasi, antara   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )ketepatan waktu dalam menayangkan lembar-an presentasi.
  • Guru memberikan latihan lebih lanjut dari buku pegangan siswa  atau sumber   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )bagi siswa yang mempunyai kemampuan lebih.
  • Guru memberikan bimbingan lebih intensif kepada siswa yang  mengalami kendala dalam menjalankan operasional ini.

 

C.  Kegiatan akhir

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 12

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.3  Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,

         grafik, gambar, dan diagram

 

 

 

I.  Indikator

 

Membuat hyperlink.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat membuat hyperlink.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Presentasi yang Dinamis

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, dan Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru memberikan gambaran sekilas mengenai hyperlink.
  • Guru memberikan contoh cara membuat hyperlink.
  • Siswa mengerjakan beberapa contoh hyperlink.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK

 

  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

 

 

             

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 13

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.3  Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,

         grafik,  gambar, dan diagram

 

 

 

 

I.  Indikator

 

Menggunakan navigasi.

 

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat membuat navigasi.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Presentasi yang Dinamis

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, dan Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru memberikan gambaran sekilas mengenai tombol aksi.
  • Guru memberikan contoh cara membuat tombol aksi.
  • Guru menjelaskan cara menghapus tombol aksi.
  • Siswa mengerjakan beberapa contoh tombol aksi.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

 

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 14 dan 15

Alokasi Waktu                      : 4 X 45 menit (2 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.3  Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,

         grafik, gambar, dan diagram

 

 

I.  Indikator

 

Melakukan penyisipan objek pada materi presentasi.

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat melakukan penyisipan objek  pada materi presentasi.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Presentasi yang Dinamis

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, dan Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

Pertemuan Ke- 14 

 

A.  Kegiatan pendahuluan

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru menjelaskan cara membuat dan menyisipkan WordArt dalam  materi presentasi.
  • Guru menjelaskan cara menyisipkan objek tertentu, misalnya gambar  atau foto ke dalam materi presentasi.

 

  • Guru menjelaskan cara menyisipkan grafik atau diagram ke dalam  materi presentasi.
  • Siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru. Lembar  kerja itu memuat cara penyisipan WordArt, objek, dan diagram.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.

 

  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

Pertemuan Ke- 15 

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru menjelaskan cara menyisipkan tabel dalam materi presentasi.
  • Guru menjelaskan cara menyisipkan gambar (video) animasi ke  dalam materi presentasi.
  • Guru menjelaskan cara menyisipkan video animasi dengan Clip  Organizer ke dalam materi presentasi.
  • Siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru. Lembar  kerja itu memuat cara penyisipan gambar atau video animasi.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

Mata Pelajaran                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi  

Kelas/Semester                    : XII/2    

Pertemuan Ke-                     : 16

Alokasi Waktu                      : 2 X 45 menit (1 X pertemuan)

Standar Kompetensi           : 2.    Menggunakan perangkat lunak pembuat

         presentasi 

Kompetensi Dasar               : 2.3  Membuat presentasi teks dengan variasi tabel,

         grafik,  gambar, dan diagram

 

 

I.  Indikator

 

Menata urutan slide.

 

 

II.  Tujuan Pembelajaran

 

Pada akhir pelajaran, diharapkan siswa dapat menata urutan slide.

 

III.  Materi Ajar

 

Membuat Presentasi yang Dinamis

 

IV.  Metode Pembelajaran

 

Teori, Diskusi, Praktik, dan Penugasan

 

V.  Langkah-Langkah Pembelajaran

 

A.  Kegiatan pendahuluan

 

  • Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  • Apersepsi 
  • Motivasi 

 

B.  Kegiatan inti

 

  • Guru menjelaskan cara pengaturan urutan slide dengan Custom  Shows dalam materi presentasi.
  • Guru menjelaskan cara pengaturan urutan slide dengan Outline Tab  dalam materi presentasi.
  • Siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang diberikan guru.  Lembar

      kerja itu memuat cara pengaturan urutan slide dengan cara  Custom

      Shows maupun dengan Outline Tab.

 

C.  Kegiatan akhir

 

  • Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator.
  • Siswa diminta untuk membuat rangkuman dari pembelajaran hari ini.
  • Guru memberikan tugas rumah (PR). 

 

 

 

VI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar

 

  • Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII (Sadiman, penerbit Erlangga)
  • Modul TIK
  • Referensi   lain ( Tutorial , Buku elektronik Sekolah / BSE )
  • Internet

 

 

VII. Penilaian

 

  • Uraian (individu)
  • Tugas (individu dan kelompok)
  • Praktik 

 

 

 

Mengetahui,

 

Slawi, 13 Juli 2009

Kepala SMA Negeri 1 Slawi

Guru Mata Pelajaran TIK

 

 

 

 

 

 

Dra. Sri Rejekiningsih,M.Pd

Pembina Tingkat I

      NIP. 19530913 198003 2 001

Hery Budianto,S.Kom

        NUPTK. 5235758660200033

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: