RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra berupa pengumuman, berita, dan cerita.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendengarkan dan menanggapi pengumuman.
Indikator : (1) Mencatat pokok-pokok isi pengumuman (dari siapa, untuk siapa, dan apa isi pengumuman.
(2) Memberikan tanggapan atas isi pengumuman
- Tujuan pembelajaran
– Siswa dapat mencatat pokok-pokok isi pengemuman dan memberikan pendapat.
- Materi pembelajaran
– Pengumuman
- Metode Pembelajaran
– Tanya jawab
– Ceramah
– Demonstrasi
– Penugasan
- Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
- Kegiatan awal
v Siswa memperhatikan informasi tentang pengumuman.
v Menjawab pretes tentang poko-pokok isi pengumuman.
- Kegiatan Inti
v Siswa mendengarkan pengumuman sebanyak dua kali putaran
v Siswa mencatat pokok-pokok isi pengumuman
v Siswa memberikan tanggapan tentang pengumuman.
- Kegiatan Akhir
v Siswa memperhatikan pesan/simpulan.
v Bersama guru merancang materi berikutnya.
- Sumber Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Harjo Waroejoe, Dkk. Kulina Basa Jawa SMA X. PT Intan Pariwara. Klaten. 2005
– Bahan dan alat:
Rekaman pengumuman dan Taperecorder
6. Penilaian
– Tertulis
Tulisen pokok-pokok isi wara-wara, adhedasar wara-wara kang wis disemak!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra berupa pengumuman, berita, dan cerita.
Kompetensi Dasar : 1. 2 Mendengarkan berita dan menanggapi berita
Indikator : (1) Menuliskan pokok-pokok berita ke dalam kalimat
(2) Menyampaikan (secara lisan) ringkasan berita
(3) Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan berita
(4) Mengemukakan tanggapan atas berita yang didengar
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menuliskan pokok-pokok isi berita, menyampaikan ringkasan berita, dan mengemukakan tanggapan atas isi berita.
2. Materi Pembelajaran
– Berita radio
3. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
v Siswa memperhatikan informasi tentang berita
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam penyampaian berita dan pokok-pokok isi berita
b. Kegiatan Inti
v Siswa mendengarkan berita yang diputar sebanyak dua kali
v Siswa menjawab pertanyaan yang berhubunngan dengan berita
v Siswa menyampaikan secara lisan ringkasan berita
v Siswa menuliskan pokok-pokok berita kedalam kalimat
v Siswa menanggapi berita yang telah didengar.
c. Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan isi berita
v Siswa bersama guru melakukan refleksi.
- Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Bahan dan alat:
Rekaman berita dan Taperecorder
6. Penilaian
– Wangsulana pitakonan-pitakonan adhedasar pawarta sing wis kosemak!
– Tulisen pokok-pokok pawarta kang wis disemak, banjur andharana!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 2X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melaui berbicara, bertelpon, dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang sesuai.
Kompetensi Dasar : 2.1 Bercerita
Indikator : (1) Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan pilihan kata yang menarik dan sesuai.
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi dengan pilihan kata yang sesuai.
2. Materi Pembelajaran
– pengalaman pribadi yang mengesankan
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam cerita pengalaman pribadi dan tata cara bercerita pengalam pribadi (intonasi, pelafalan, ekspresi)
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan guru memberikan contoh bercerita pengalaman pribadi
v Siswa menuliskan pengalaman yang akan diceritakan dengan pilihan kata yang tepat
v Siswa mmenceritakan pengalaman pribadi di depan kelas
v Siswa bersama guru menanggapi siswa yang telah menceritakan pengalamannya.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan tatacara bercerita pengalaman pribadi yang baik.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Harjo Waroejoe, Dkk. Kulina Basa Jawa SMA X. PT Intan Pariwara. Klaten. 2005
6. Penilaian
– Lisan
Cariyosaken pengalamanipn piyambak wonten ing ngajeng kelas!!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 2 X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melaui berbicara, bertelpon, dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang sesuai.
Kompetensi Dasar : 2.2 Menelepon
Indikator : (1) Menelpon secara santun sesuai dengan keperluan dan situsinya.
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menelpon secara santun sesuai dengan keperluan dan situasinya.
2. Materi Pembelajaran
– Tata cara bertelepon
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa memperhatikan informasi tentang bertelepon
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang tata cara bertelepon yang baik
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan contoh tata cara menelpon yang baik
v Siswa dibagi kelompok yang berisi dua anak
v Siswa menyusun percakapan telepon
v Siswa mempraktekan bertelepon didepan kelas
v Siswa bersama guru menanggapi siswa yang telah praktek bertelepon
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan tat cara bertelpon yang santun.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Lisan
Damela pacelathon, banjur dipun paragaaken wonten ing ngajeng kelas!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca cepat berbagai teks bacaan nonsastra dengan kecepatan membaca 120-180 kata/menit dan memahi bacaan
Indikator : (1) Membaca cepat teks bacaan nonsastra dengan kecepatan membaca 120-180 kata/menit
(2) Membuat ringkasan teks dalam beberapa kalimat
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat membaca cepat denga kecepatsn 120-180 kata/menit.
2. Materi Pembelajaran
– Teks nonsastra dari berbagai sumber
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang tatacara membaca cepat
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan guru membaca cepat dengan tatacara yang sesuai
v Siswa secara bergantian praktek membaca cepat dengan waktu satu menit
v Siswa menghitung kata yang diperoleh dari membaca selama satu menit
v Siswa menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan teknik membaca cepat yang sesuai.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya.
- Penilaian
– Praktik membaca
dipunwaos wacan sampun ingkang sumadya kanthi wekdal 1 menit, banjur dipunetang anggsal pinten tembung!
– Tertulis
Dipun ringkes wacan ingkang sampun dipunwaos!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan
Kompetensi Dasar : 3.2 Membaca ekstensif teks nonsastra dari berbagai sumber
Indikator : (1) Mengidentifikasi ide pokok teks
(2) Menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapatmengidentifikasi ide pokok teks dan dapat menuliskan kembali isi bacaan
secara ringkas..
2. Materi Pembelajaran
– Teks nonsastra dari berbagai sumber
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang membaca ekstensif
v Siswa bersama guru bertanya jawab tantang cara menentukan ide pokok teks
- Kegiatan Inti
v Siswa membaca teks bacaan nonsastra
v Siswa mengidentifikasi ide pokok teks dari bacaan yang telah dibaca
v Siswa menuliskan kembali isi bacaan secara ringkas dalam beberapa kalimat
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum ide pokok teks.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya.
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunpadosi ide pokokipun, banjur dipunringkes isi wacan igkang sampun dipunwaos!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 2 X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mampu menuliskan ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Kompetensi Dasar : 4.1 Menulis wacana narasi
Indikator : (1) Menguraikan struktur wacana narasi
(2) Menguraikan cara penyusunan wacana narasi
(3) Menulis wacana narasi sederhana
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis karangan narasi.
2. Materi Pembelajaran
– Teks wacana narasi
– Struktur wacana narasi
– Penyusunan wacana narasi
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang struktur wacana narasi
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang cara penyusunan wacana narasi
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatiakn contoh wacana narasi
v Siswa menguraikan struktur wacana narasi yang telah dibaca
v Siswa menguraikan cara penyusunan wacana narasi
v Siswa menulis wacana narasi sederhana
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan struktur wacana narasi yang benar.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunjlentrehake struktur wacana narasi!
Kados pundi caranipun damel karangan narasi!
Nyerat karangan narasi!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mampu menuliskan ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Kompetensi Dasar : 4.2 Menulis wacana deskripsi
Indikator : (1) Menyusun wacana deskripsi tentang benda atau manusia berdasarkan pengamatan atau pendengaran
(2) Menulis wacana deskripsi berdasarkan tema atau topik tetrtentu
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis karangan deskripsi.
2. Materi Pembelajaran
– Teks wacana deskripsi
– Pola pengembangan wacana deskripsi
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang pola pengembangan wacana deskripsi
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan contoh wacana deskripsi
v Siswa menyusun wacana deskripsi tentang benda atau manusia berdasarkan pengamatan atau pendengaran
v Siswa menulis wacana deskripsi berdasarkan tema atau topik yang telah ditentukan.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum cara penyusunan wacana deskripsi yang benar.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Damela karangan deskripsi adedhasar gambar!
Nyerat karangan deskripsi adhedasar tema tartamtu!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 2 X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mampu menuliskan ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Kompetensi Dasar : 4.3 Menulis wacana eksposisi
Indikator : (1) Menyimpulkan ciri-ciri wacana dari beberapa wacana eksposisi
(2) Menguraikan pola pengembangannya (dari umum ke khusus, dari khusus ke umum).
(3) Menguraikan jenis pengembangannya (proses, contoh-contoh)
(4) Menulis wacana eksposisi
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis wacana eksposisi
2. Materi Pembelajaran
– Contoh wacana dengan ciri-ciri eksposisi
– Pola pengembangan wacana eksposisi
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawa tentang ciri-ciri wacana eksposisi, pola pengembangan wacana eksposisi, dan jenis pengembangan wacana eksposisi
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatiakan contoh wacana eksposisi
v Siswa menyimpulkan wacana eksposisi dari beberapa wacana ekposisi
v Siswa menguraikan pola pengembangan wacana ekposisi (dari umum ke khusus, dari khusus ke umum)
v Siswa menguraikan jenis pengembangan wacana ekposisi
v Siswa menulis wacana ekposisi
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum pola pengembangan wacana eksposisi.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat titikanipun wacan ekposisi, bajur dipunjlentrehaken pola pengembanganipun lan dipunpadosi jenising pengembanganipun!
Nyerat katangan wacan eksposisi!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra berupa cerkak dan cerita rakyat
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendengarkan dan menaggapi pembacaan cerkak
Indikator : (1) Menjelaskan unsur-unsur pembangaun cerkak (tema, latar, penokohan,alur,pesan, sudut pandang dan konflik) dalam cerkak.
(2) Menanggapi pembacaan cerkak (Vokal, intonasi, dan penghayatan
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menjelaskan unsur-unsur pembangun cerkak dan menanggapi pembacaan cerkak.
2. Materi Pembelajaran
– Cerkak
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang unsur-unsur pembangun cerkak.
- Kegiatan Inti
v Siswa dibagi menjadi lima kelompok
v Siswa mencari cerkak dengan judul yang berbeda dengan kelompok lain
v Siswa dari salah satu kelompoknya maju membaca cerkak
v Siswa dari kelompok lain menjelaskan unsur-unsur pembangun cerkak (tema, latar, penokohan,alur,pesan, sudut pandang dan konflik) dalam cerkak.
v Siswa dari kelompok lain menanggapi kelompok yang membacakan cerkak
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum isi cerkak
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– JFX Hoery, Dkk. Blangkon Kumpulan Crita Cerkak Pengarang-pengarang Sastra Jawi Bojonegoro. Sanggar Sastra Pamarsudi Sastra Jawa Bojonegoro. Bojonegoro. 2006
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Lisan
Dipunwaos cerkak ingkang sampun sumadya kanthi pocapan ingkang trep!
– Tertulis
Dipunserat unsur-unsur intrinsik adhedasar cerkak ingkang sampun dipunwaos!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 6. Mampu mengapresiasikan karya sastra
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengapresiasi cerkak
Indikator : (1) Membaca cerkak
(2) Menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerkak.
(3) Menguraikan amanat yang ada dalam cerkak
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menuliskan nilai-nilai yang terkandung dalam cerkak.
2. Materi Pembelajaran
– Cerkak
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang cerkak
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan contoh cerkak besama dengan analisisnya (nilai-nilai yang terkandung dalam cerkak dan uraian amanat)
v Siswa mencari cerkak dari majalah atau kumpulan cerkak
v Siswa membaca cerkak yang sudah ditemukan
v Siswa menuliskan nilai-nilai yang tekandung dalam cerkak
v Siswa menguraikan amanat yang ada dalam cerkak
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan isi cerkak.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Ardini Pangastuti. Antologi Cerkak Nalika Srengenge Durung Anslup. Yayasan Adhiguna. Semarang. 1996
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
- Penilaian
– Praktik membaca
Dipunwaos cerkak punika kanthi premati!
– Tertulis
Dipunserat nile-nile ingkang wonten ing cerkak punika lan dipunjlentrehaken pepeling ingkang wonten ing cerkak punika!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Mampu menulis geguritan
Kompetensi Dasar : 7.1 Menulis geguritan
Indikator : (1) Menentukan tema geguritan.
(2) Menulis geguritan sesuai dengan tema yang telah ditentukan
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis geguritan.
2. Materi Pembelajaran
– Geguritan
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang prinsip penulisan geguritan
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan contoh teks geguritan
v Siswa menentukan tema geguritan yang akan ditulis
v Siswa menulis geguritan dengan tema yang telah ditentukan
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan prinsip penulisan geguritan yang sesuai.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
– Harjo Waroejoe, Dkk. Kulina Basa Jawa SMA X. PT Intan Pariwara. Klaten. 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipuntempoaken tema, banjur nembe nyerat geguritan!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai bentuk wacana lisan nonsastra berupa pengumuman, berita dan cerita
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendengarkan cerita pengalaman yang disampaikan secara langsung atau melaui rekaman
Indikator : (1) Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
(2) Menceritakan tokoh-tokoh secara runtut
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menyebutkan tokoh dalam cerita dan menceritan tokoh secara runtut.
2. Materi Pembelajaran
– Cerita pengalaman
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang jenis-jenis cerita pengalaman pribadi
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang unsure-unsur yang ada dalam cerita pengalaman
- Kegiatan Inti
v bertanya jawab tentang unsure-unsur yang ada dalam cerita pengalaman
v Siswa mendengarkan cerita pengalam melaui rekaman
v Siswa menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
v Siswa menceritakan tokoh-tokoh secara runtut
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan cerita dan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat paraga ingkang wonten ing cariyos kasebat, banjur dipuncariyosakaen kanthi urut!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 2 X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melaui berbicara, bertelpon, dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang sesuai.
Kompetensi Dasar : 2.1 Berdialog
Indikator : (1) Mengungkapkan dan menanggapi pembicaraan atau Tanya jawab sesuai dengan konteks pembicaraan menggunakan santun bahasa yang tepat
- Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menanggapi pembicaraan sesuai dengan konteks pembicaraan menggunakan santun basa yang tepat.
2. Materi Pembelajaran
– Teks dialog
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang tata cara berdialog
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan contoh dialog yang sesuai dengan konteks pembicaraan dan menggunakan santun bahasa yang tepat
v Siswa dibagi menjadi lima kelompok
v Siswa menyusun dialog berdasarkan tema yang sudah ditentukan
v Siswa dalam satu kelompok melakukan dialog di depan kelas
v Siswa dari kelompok yang lain menanggapi pembicaraan atau tanya jawab dari kelompok yang maju.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum pokok-pokok isi berita dan tanggapn isi berita.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Damela pacelathon adedhasar tema ingkang sampun ditemtoaken, salajengipun dipunparagaaken wontan ing ngajeng kelas!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 2 X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan melaui berbicara, bertelpon, dan berdialog dalam ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh bahasa Jawa yang sesuai.
Kompetensi Dasar : 2.2 Menyampaikan informasi dari berbagai sumber
Indikator : (1) Mencatat pokok-pokok isi informasi
(2) Menyampaikan ringkasan isi informasi
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi dan dapat menyampaikan rikasan isi informasi
2. Materi Pembelajaran
– Informasi dari berbagai sumber
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang pokok-pokok informasi yang perlu ditulis.
- Kegiatan Inti
v Siswa mencari informasi dari media cetak
v Siswa membaca informasi yang sudah didapat
v Siswa menuliskan pokok-pokok isi informasi
v Siswa meringkas informasi yang didapat
v Siswa menyampaikan ringkasan isi informasi
v Siswa bersama guru menanggapi isi informasi yang disampaikan oleh siswa lain
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum pokok-pokok informasi.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat pokok-pokok isi informasi, salajengipun dipunringkes!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/1
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca untuk berbagai tujuan.
Kompetensi Dasar : 3.1 Membaca dan memahami bacaan sederhana berhuruf jawa 20 kalimat (empat paragraf)
Indikator : (1) Membaca lancar bacaan huruf Jawa
(2) Menjelaskan isi bacaan
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat membaca lancar dan bacaan berhuruf Jawa dan menjelaskan isis bacaan.
2. Materi Pembelajaran
– Teks berhuruf Jawa
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- a. Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawan tentang macam-macam aksara jawa (legena,sandangan, pasangan).
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan guru memberi contoh membaca bacaan berhuruf Jawa
v Siswa membaca bacaan huruf Jawa
v Siswa menjelaskan isi bacaan
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru menyimpulkan isi bacaan.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5.Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunwaos wacan aksara Jawi menika kanthi sae!
Dipun jlentrehaken isi saking wacan kasebat!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 2X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mampu menuliskan ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Kompetensi Dasar : 4.1 Menulis wacana argumentasi
Indikator :(1) Menunjukan wacana argumentasi dari beberapa wacana yang berbeda
(2) Mendata topik-topik yang dikembangkan menjadi wacana argumentasi
(3) Mencatat ciri-ciri wacana argumentasi
(4) Menulis wacana argumentasi dengan memperhatikan pola pengembangaannya
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis wacana argumentasi dengan memperhatiakan pola pengembangannya.
2. Materi Pembelajaran
- Contoh wacana dengan ciri argumentasi
- Pola pengembangan wacana argumentasi
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang jenis-jenis wacana argumentasi
v Siswa bertanya jawab tenteng pengertian argumentasi
- Kegiatan Inti
v Siswa meperhatikan wacana argumentasi
v Siswa menunjukan wacana argumentasi dari beberapa wacana yang berbeda
v Siswa mendata topic-topik yang dapat dikembangkan menjadi wacana argumentasi
v Siswa mencatat ciri-ciri wacana argumentasi
v Siswa menulis wacana argumentasi dengan memperhatiakan pola pengembangannya.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum ciri wacana argumentasi dan pola pengenbangan wacana argumentasi.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat topik-topik ingkang wonten ing wacan persuasi salajengipun dipunpadosi titikanipun wacana argumentasi!
Damela karangan argumentasi kanthi nggatosakaen pola pengembanganipun!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 2X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Mampu menuliskan ungkapan gagasan dalam bentuk wacana narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
Kompetensi Dasar : 4.2 Menulis wacana persuasi
Indikator : (1) Mendata topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi wacana
(2) Mencatat ciri-ciri wacana persuasi
(3) Menulis wacana pesuasi
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menulis wacana persuasi.
2. Materi Pembelajaran
– Wacana persuasi
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa memperhatikan wacana persuasi.
v Siswa bertanya jawab bersama guru tentang pengertian persuasi
- Kegiatan Inti
v Siswa mendata topik-topik wacana persuai
v Siwa mencatat ciri-ciri wacana persuasi
v Siswa memperhatikan wacana persuasi dengan memperhatikan pola pengembangannya
v Siswa menulis wacana persuasi dengan memperhatikan pola pengembangannya
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum ciri wacana persuasi dan pola pengenbangan wacana persuasi.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat topik-topik ingkang wonten ing wacan persuasi salajengipun dipunpadosi titikanipun wacana persuasi!
Damela karangan persuasi kanthi nggatosakaen pola pengembanganipun!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 5. Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra berupa cerkak dan cerita rakyat
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendengarkan dan memahami cerita rakyat
Indikator : (1) Menyampaikan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat
(2) Menulis sinopsis cerita rakyat
(3) Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menyampaikan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat.
– Siswa dapat menulis sinopsis cerita rakyat
– Siswa dapat Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini
2. Materi Pembelajaran
– Cerita rakyat
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang macam-macam cerita rakyat
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat
- Kegiatan Inti
v Siswa memperhatikan informasi tentang synopsis
v Siswa menyimak guru bercerita
v Siswa menulis nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat yang telah diceritakan
v Siswa menyampaikan nilai-nilai yang sudah ditulis
v Siswa menulis synopsis cerita rakyat
v Siswa membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum nilai-nilai yang terkandung dalam cerita rakyat.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat nile-nile ingkang ngandut wontan ing crita rakyat lan bandingaken nile-nile ingkang wonten ing srita rakyat kaliyan nile-nile jaman saniki!
Damela ringkesan crita rakyat kasebat!
– Lisan
Dipunandharaken nile-nile ingkang ngandut wonten cariyos rakyat!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi : 6. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas atau mendiskusikan isi cerkak/cerita rakyat/novel
Kompetensi Dasar : 6.1 Membahas atau mendiskusikan isi cerkak/cerita rakyat/novel
Indikator : (1) Menceritakan isi cerkak
(2) Menjelaskan watak tokoh yang tertuang dalam cerkak
(3) Mengungkapkan hal-hal yang menarik dari cerkak
(4) Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerkak
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat menceritakan isi cerkak.
– Siswa dapat menjelaskan watak tokoh yang tertuang dalam cerkak
– Siswa dapat mengungkapkan hal-hal yang menarik dari cerkak
– Siswa dapat mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerkak
2. Materi Pembelajaran
– Naskah cerkak
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Demonstrasi
– Penugasan
– Diskusi kelompok
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang unsur-unsur pembangun cerkak
- Kegiatan Inti
v Siswa dibagi menjadi lima kelompok
v Siswa membaca dalam hati naskah cerkak
v Siswa mendiskusikan isi cerita rakyat
v Siswa menceritakan isi cerkak
v Siswa menjelaskan watak tokoh yang tertuang dalam cerkak
v Siswa mengungkapkan hal-hal yang menarik dari cerkak
v Siswa mediskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerkak.
- Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum isi cerkak.
v Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura . 2005
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
6. Penilaian
– Tertulis
Cariyosaken kanthi seratan isi cerkak!
Dipun serat watak paraga wonten ing cerkak lan dipunserat babagan ingkang narik kawigatos saking cerkak punika!
– Lisan
Dipunrembag nile-nile ingkang ngandut wonten ing cerkak!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 1X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
Standar Kompetensi : 7. Mampu mengapresiasi karya sastra tulis
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengapresisi geguritan
Indikator : (1) Menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan
(2) Menguraikan amanat yang ada dalam geguritan.
1. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat mengapresiasikan geguritan.
2. Materi Pembelajaran
– Geguritan
3. Metode Pembelajaran
– Ceramah
– Tanya jawab
– Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
v Siswa bersama guru bertanya jawab tentang geguritan.
b. Kegiatan Inti
v Siswa membaca geguritan yang berasal dari majalah bahasa Jawa
v Siswa menanyakan kata-kata yang sulit dalam geguritan
v Siswa menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam geguritan
v Siswa menguraikan amanat yang ada dalam geguritan
c. Kegiatan Akhir
v Siswa bersama guru merangkum isi gerguritan.
v Siswa bersama guru melakukan refleksi.
5. Sumber/alat/bahan Belajar
– Penjebar Semangat. Kalawarti Basa Jawa. Surabaya
– Tim Ekspresi. Basa Jawa SMA X. CV Media Karya Putra. Kartosura. 2005
6. Penilaian
– Tertulis
Dipunserat nile-nile lan pepeling ingkang wonten ing geguritan kasebat!
Mengetahui Slawi, Oktober 2009
Kepala UPTD SMA N 1 Slawi Guru Mata Pelajaran
Dra. Sri Rejekiningsih, M.Pd Heni Citraningrum, S.Pd
NIP 19530913 198003 2 001
Leave a comment